KESIMPULAN TEAM DHF
HUKUM AIR YANG DI JATUHI NAJIS TAPI AIRNYA GAK BRUBAH
__________________________________________________
PERTANYAAN:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
guru2 yg mulia...
jika air dalam suatu tempat sangat banyak, kemudian jatuh najis, tapi airnya tidak berubah semua, cuma satu sudut aja yg berubah, apakah air itu dihukumi najis semua??? atau najis sebagian aja???
mohon pencerahan...
JAWAB:
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
👉Jiak benda najis itu keras sperti bangkai tikus maka harus di buang najis nya (bangkai tersebut) kemudian di lihat ada perubahan atau tidak sebb najis itu.
✒Jika tidak.ada perubahan maka air tersebut di anggap suci.
✒Adapun jika ada perubahan maka cara mensucikan nya ada toga cara yang bisa di lakukan,
sebagai berikut:
✒ Cara ke I. Dengan mendiamkan air sehingga sifat-sifat air kembali berubah seperti semula dengan sendirinya. Pendapat ini merupakan pendapat yang telah disepakati oleh mayoritas Ulama’.
✒Car ke II.
Dengan menambah debit air sehingga mampu menghilangkan perubahan air karena najis atau sehingga sifat-sifat air kembali berubah seperti semula.
✒ Cara ke III:
Mengambil bagian air yang berubah dengan syarat debit air yang tersisa masih mencapai dua kullah.
Penjelasan tersebut sebagaimana di tuturkan oleh
*Imam Abu Zakariya Muhyiddin Yahya Ibnu Syaraf Al Nawawi*
bahwa ketika hendak mensucikan air najis, jika keberadaan najis menyebabkan berubahnya air sedang debit air mencapai dua kullah, maka air akan kembali suci ketika air telah berubah dengan sendirinya, atau dengan menambah debit air, atau dengan mengambil sebagian air (bagian air yang berubah). Sebab keberadaan najis telah hilang dengan berubahnya air kembali (sifat-sifat air kembali berubah seperti semula).
*Imam Nawawi* menegaskan bahwa jika perubahan air najis telah hilang (sifat-sifat air kembali berubah seperti semula) sedang debit air mencapai dua kullah, maka diperinci sebagai berikut:
• Jika hilangnya perubahan air najis tersebut dengan cara menambahkan debit air, maka air kembali suci tanpa adanya perbedaan pendapat dikalangan Ulama’. Baik air yang ditambahkan adalah air suci atau air najis.
(Dan) baik air sedikit (tidak mencapai dua kullah) atau air banyak (mencapai dua kullah). (Dan) baik dengan cara dituangkan atau keluar dari mata air.
• Jika perubahan air najis tersebut hilang dengan sendirinya ya’ni dengan tidak menambahkan sesuatu apapun melainkan sebab terkena sinar matahari, atau tiupan angin, atau dengan berlalunya waktu, maka air kembali suci menurut sebagian madzhab.
Dan pendapat ini merupakan pendapat yang telah disepakati oleh mayoritas Ulama’.
*Namun Imam Al Mutawali menceritakan dari Abu Sa’id Al Ushthukhri* yang menyatakan bahwa air tersebut tidak suci. Karena sesuatu yang najis tidak dapat suci dengan sendirinya.
• Jika perubahan air najis tersebut hilang dengan cara mengambil sebagian air (bagian air yang berubah), maka air kembali suci tanpa adanya perbedaan pendapat dikalangan Ulama’ dengan syarat debit air yang tersisa masih mencapai dua kullah.
Namun jika debit air yang tersisa tidak mencapai dua kullah, maka air tidak suci (tetap najis) tanpa adanya perbedaan pendapat dikalangan Ulama’.
*Syaikh Muhammad Amin Al Qurdi Al Naqsyabandiyah didalam kitabnya Tanwir Al Qulub* menjelaskan bahwa jika debit air sedikit (tidak mencapai dua kullah) yang najis walaupun dengan najis berat (mughalladhah) ditambah hingga mencapai dua kullah dan tidak berubah, maka hukum air adalah suci. Demikian juga air yang mencapai dua kullah dihukumi suci jika perubahan karena najis telah hilang dengan sendirinya atau dengan menambahkan air.
*Imam Muchammad Syamsuddin; Muchammad Ibnu Achmad Al Khatib Al Syarbini Al Syafi’i*
juga menjelaskan bahwa jika debit air sumur menjadi sedikit (kurang dari dua kullah) dan terkena najis, maka air sumur tersebut tidak dapat disucikan dengan cara dikuras airnya. Sebab walaupun dikuras, bagian dalam (dasar) sumur tetap dihukumi najis.
Bahkan dinding sumur akan turut menjadi najis disebabkan pengurasan tersebut. Namun air akan kembali suci dengan menambah debit air baik dengan cara mendiamkan atau dengan cara menuangkan air.
📚REFENISI:
📔المجموع شرح المهذب . الجزء 1. صفحة 132
(إذا أراد تطهير الماء النجس نظر فان كانت نجاسته بالتغير وهو أكثر من قلتين طهر: بأن يزول التغير بنفسه أو بأن يضاف إليه ماء آخر: أو بأن يؤخذ بعضه لان النجاسة بالتغير وقد زال) )الشرح) ادا زال تغير الماء النجس وهو أكثر من قلتين نظر ان زال باضافة ماء آخر إليه طهر بلا خلاف سواء كان الماء المضاف طاهرا أو نجسا قليلا أو كثيرا وسواء صب الماء عليه أو نبع عليه وان زال بنفسه أي بأن لم يحدث فيه شيئا بل زال تغيره بطلوع الشمس أو الريح أو مرور الزمان طهر أيضا على المذهب وبه قطع الجمهور: وحكى المتولي عن أبي سعيد الاصطخرى أنه لا يطهر لانه شئ نجس فلا يطهر بنفسه: وهذا ليس بشئ لان سبب النجاسة التغير: فإذا زال طهر لقوله صلى الله عليه وسلم إذا بلغ الماء قلتين لم ينجس وان زال بأخذ بعضه طهر بلا خلاف بشرط أن يكون الباقي بعد الاخذ قلتين: فان بقى دونهما لم يطهر بلا خلاف . .
📔تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي . الجزء 1. صفحة 85.
فَإِنْ زَالَ تَغَيُّرُهُ بِنَفْسِهِ) بِأَنْ لَمْ يَنْضَمَّ إلَيْهِ شَيْءٌ كَأَنْ طَالَ مُكْثُهُ (أَوْ بِمَاءٍ) انْضَمَّ إلَيْهِ وَلَوْ مُتَنَجِّسًا، أَوْ أَخَذَ مِنْهُ وَالْبَاقِي كَثِيرٌ بِأَنْ كَانَ الْإِنَاءُ مُنْخَنِقًا بِهِ فَزَالَ انْخِنَاقُهُ وَدَخَلَهُ الرِّيحُ وَقَصَرَهُ أَوْ بِمُجَاوِرٍ وَقَعَ فِيهِ أَيْ أَوْ بِمُخَالِطٍ تَرَوَّحَ بِهِ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ مِمَّا يَأْتِي فِي نَحْوِ زَعْفَرَانٍ لَا طَعْمَ وَلَا رِيحَ (طَهُرَ) لِزَوَالِ سَبَبِ التَّنَجُّسِ .
📔تنوير القلوب . الجزء 1. صفحة 95
ان كوثر القليل المتنجس ولو بمغلظ فبلغ قلتين ولا تغير طهر وكذا الكثير ان زال التغير بنفسه او بماء .
📔مِنْهَا. الحاوي الكبير . الجزء 1. صفحة 339.
(فَصْلٌ) : فَإِذَا ثَبَتَ أَنَّ حُكْمَ مَاءِ الْبِئْرِ فِيمَا يُنَجَّسُ بِهِ وَلَا يُنَجَّسُ كَحُكْمِ غيره من المياه الراكدة، فلا يخلو حال الْبِئْرِ إِذَا وَقَعَتْ فِيهَا النَّجَاسَةُ مَائِعَةً أَوْ قَائِمَةً مِنْ أَنْ يَكُونَ مَاؤُهَا قَلِيلًا أَوْ كَثِيرًا، فَإِنْ كَانَ مَاؤُهَا قَلِيلًا فَهُوَ نَجِسٌ سَوَاءٌ تَغَيَّرْ بِالنَّجَاسَةِ أَوْ لَمْ يَتَغَيَّرْ لَكِنَّهُ إِذَا كَانَ مُتَغَيِّرًا فَطَهَارَتُهُ بِالِاجْتِمَاعِ، وَمُغَيِّرُ أَحَدِهِمَا الْمُكَاثَرَةُ بِالْمَاءِ حَتَّى يَبْلُغَ قُلَّتَيْنِ، وَالثَّانِي زَوَالُ التَّغْيِيرِ، وَإِنْ كَانَ غَيْرَ مُتَغَيِّرٍ فَطَهَارَتُهُ بِوَصْفٍ وَاحِدٍ وَهُوَ الْمُكَاثَرَةُ حَتَّى يَبْلُغَ قُلَّتَيْنِ فَإِنْ صَبَّ عَلَيْهِ الْمَاءَ فَلَا يَخْلُو حَالُ الْمَاءِ الْوَارِدِ مِنْ أَنْ يَكُونَ أَكْثَرَ مِنَ الْمَوْرُودِ عَلَيْهِ أَوْ أَقَلَّ فَإِذَا كَانَ أَقَلَّ فَالْكُلُّ نَجِسٌ؛ لِأَنَّ الْوَارِدَ لِقِلَّتِهِ صَارَ مُسْتَهْلِكًا فِي الْمَوْرُودِ عَلَيْهِ لِكَثْرَتِهِ، وَإِنْ كَانَ أَكْثَرَ فَهُوَ فِي حُكْمِ الْمَاءِ الْمُسْتَعْمَلِ فِي إِزَالَةِ النَّجَاسَةِ، فَعَلَى مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ يَكُونُ طَاهِرًا غَيْرَ مُطَهِّرٍ، وَعَلَى مَذْهَبِ الْأَنْمَاطِيِّ يَكُونُ نَجِسًا وَإِنْ كَانَ مَاءُ الْبِئْرِ كَثِيرًا قُلَّتَيْنِ فَصَاعِدًا فَلَا يَخْلُو إِمَّا أَنْ يَكُونَ مُتَغَيِّرًا أَوْ غَيْرَ مُتَغَيِّرٍ، فَإِنْ كَانَ غَيْرَ مُتَغَيِّرٍ فَهُوَ طَاهِرٌ، وَالْكَلَامُ فِي اسْتِعْمَالِهِ عَلَى مَا مَضَى مِنْ كَوْنِ النَّجَاسَةِ قَائِمَةً أَوْ مَائِعَةً، وَإِنْ كَانَ مُتَغَيِّرًا فَهُوَ نَجِسٌ، وَطَهَارَتُهُ مُعْتَبَرَةٌ بِزَوَالِ تَغْيِيرِهِ وَلِزَوَالِ تَغْيِيرِهِ ثَلَاثَةُ أَحْوَالٍ: أَحَدُهَا: أَنْ يَزُولَ بِنَفْسِهِ لِطُولِ الْمُكْثِ وَتَقَادُمِ الْعَهْدِ فَيَعُودُ إِلَى حَالِ الطَّهَارَةِ. وَالثَّانِي: أَنْ يَزُولَ تَغْيِيرُهُ بِالْمُكَاثَرَةِ بِالْمَاءِ فَيَكُونُ طَاهِرًا سَوَاءٌ كَانَ الْوَارِدُ عَلَيْهِ قَلِيلًا أَوْ كَثِيرًا. وَالثَّالِثُ: أَنْ يَزُولَ تَغْيِيرُهُ بِإِلْقَاءِ شيء فيه لا يَخْلُو حَالُ الشَّيْءِ الْمُلْقَى مِنْ أَنْ يَكُونَ تُرَابًا أَوْ غَيْرَ تُرَابٍ، فَإِنْ كَانَ غَيْرَ تُرَابٍ، كَالطِّيبِ وَمَا جَرَى مَجْرَاهُ مِنْ ذِي رائحته غالبة فالماء على نجاسة لِأَنَّنَا لَمْ نَتَيَقَّنْ زَوَالَ التَّغَيُّرِ، وَإِنَّمَا غَلَبَ عَلَيْهَا مَا هُوَ أَقْوَى رَائِحَةً مِنْهَا فَخَفِيَتْ مَعَهُ، وَإِنْ كَانَ تُرَابًا فَفِي طَهَارَتِهِ قَوْلَانِ حَكَاهُمَا الْمُزَنِيُّ فِي جَامِعِهِ الْكَبِيرِ: أَحَدُهُمَا: لَا يُطَهَّرُ قِيَاسًا عَلَى زَوَالِ التَّغَيُّرِ بِالطِّيبِ. وَالْقَوْلُ الثَّانِي: أَنَّهُ لَا يُطَهَّرُ؛ لِأَنَّ التُّرَابَ لَا يَنْفَكُّ مِنَ الْمَاءِ غَالِبًا، وَهُوَ قَرَارٌ لَهُ، فَقَدْ يَتَغَيَّرُ الْمَاءُ مَعَ كَوْنِهِ فِيهِ فَإِذَا زَالَ التَّغَيُّرُ لِحُصُولِ التُّرَابِ فِيهِ دَلَّ عَلَى اسْتِهْلَاكِ النَّجَاسَةِ بِزَوَالِ تَغْيِيرِهَا، وَأَنَّ التُّرَابَ قَدْ جَذَبَهَا إِلَى نَفْسِهِ حَتَّى لَمْ يَبْقَ فِي الْمَاءِ شَيْءٌ
[ والله اعلم بالصواب ]
Diskusihukumfiqh212.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar