Label

Senin, 09 Oktober 2017

HUKUM NAJIS YANG SULIT DI HILANGKAN

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM NAJIS YANG SULIT DI HILANG KAN
--------------------------

Pertanyaan:

assalamualaykum sya mau brtanya jka msalnya ada darah/benda najis lainnya yg mnempel pda tubuh/pakeyan/tempat. lalu kita mnyiramnya sampai tiga kali. tpi najis itu msih mnempel pda badan\pakayan\tempat prtanyaanya apakah najis yg sprti itu d ma'fu ?

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Fasal: cara menghilangka/menyucikan najis.

🔜 apabila najis disebabkn sentuhan anjing dan dan keturunan nya yg bersentuhan tdi dalm ke adaan basah.

Mak wajib di basuh 7x basuhan yg salah satu dari yg 7 di campuri abu yg suci.
Yg lbh utama abu nya di simpan di awal pembasuhan.

Boleh juga di bagian basuan ke 2,3,4,5,6 asal tdk pada basuhan yg terahir (ke 7)

Hukum babi di samakan dgn anjing termasuk cara menyucikan najisnay.

🔜 Apabila najisnya disebabkan kencing nya bayi laki2 yg belm mncapai 2  tahun dan tdk memkan sesuatu yg lain kecwli susu (asi) maka cukup menyiramkan air melibihi kadar anjis nya.

🔜 apabila najis nya selain yg di sebut di atas

Dan berupa najis ayniyah maka wajib menghilangkan ainiyah/bentuk dan rupa najis nya: yaitu rasa najis nya, warna najis nya, bau najis nya.

Apabila sulit utk di hilangkan warna atau bau najis tersebut maka tdk berpengaruh (di ma'fu)

Tetapi jika keduaa nya warna dan bau secara besamaan tdk hilang maka tdk di ma'fu.

Ataupun yg tersisa rasa najis nya maka juga tdk di ma'fu.

➡ apabila anjis nya bukan ainiyah (warna bau dan rasa najis nya tdik terlihat mnurt pandangan normal) maka cukup menyiramkan air sj.

Di syaratkan setiap mensucikan najis adalah air yg mendatangi najisnya (apabila air nya kurang dua qulla)

Adapun air basuhan najis tadi di anggap suci selama tidak berubah sbb najisnya.

Maka menjdi sucilah tempat yg terkena najis tersebut.

REFRENSI:
(Al muqoddamatul hadromiyah 1/45)

المقدمة الحضرمية 1 ص 45 مكتبة الشاملة
فصل فِي إِزَالَة النَّجَاسَة
إِذا تنجس شَيْء بملاقاة كلب أَو فَرعه مَعَ الرُّطُوبَة غسل سبعا مَعَ مزج إِحْدَاهُنَّ بِالتُّرَابِ الطّهُور وَالْأَفْضَل أَن يكون فِي الأولى ثمَّ فِي غير الْأَخِيرَة وَالْخِنْزِير كَالْكَلْبِ وَمَا تنجس ببول صبي لم يطعم إِلَّا اللَّبن ينضح بِالْمَاءِ وَمَا تنجس بِغَيْر ذَلِك فَإِن كَانَت عَيْنِيَّة وَجَبت إِزَالَة عينه

وطعمه ولونه وريحه وَلَا يضر بَقَاء لون أَو ريح عسر زَوَاله ويضر بقاؤهما أَو الطّعْم وَحده وَإِن لم يكن للنَّجَاسَة عين كفى جري المَاء عَلَيْهَا وَيشْتَرط وُرُود المَاء الْقَلِيل والغسالة القليلة طَاهِرَة مَا لم تَتَغَيَّر وَقد طهر الْمحل

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇
Penjelasan yg sama dari kitab

- Fathul qarib hamisy al-bajuri juz 1 hal 102 :

وكيفية غسل النجاسة إن كانت مشاهدة بالعين وهي المسماة بالعينية تكون بزوال عينها ومحاولة زوال أوصفها من طعم أو لون أو ريح

Cara membasuh najisJika najisnya bisa dilihat oleh mata yang disebut dengan najis ainiyah, maka dengan menghilangkan benda najis dan berusaha menghilangkan sifat-sifatnya yakni rasa, warna, dan bau.

فإن بقي طعم النجاسة ضر

Jika masih tersisa rasanya maka tetap terdapat najisnya yakni tidak dima'fu.

أو لون أو ريح عسر زواله لم يضر

Jika tersisa warnanya (saja) atau baunya (saja) maka tidak berbahaya yakni jadi suci.

JIKA WARNA dan bau bersamaan maka tidak di ma'fu.

Ibaroh tambahan:

منهاج الطالبين 1 ص 16 مكتية الشاملة
إن لم تكن عين كفى جرى الماء وإن كانت وجب إزالة الطعم ولا يضر بقاء لون أو ريح عسر زواله وفي الريح قول.
قلت: فإن بقيا معا ضرا على الصحيح والله

Apabila berupa najis ainiyah maka wajib menghilangkan rasa najis nya, dan tidka bahaya ada nya warna/bau najis yg sulit di hilangkan.

Sebagian pendapat jika masih ada bau tdk di ma'fu.

Adapun jika bau dan warna kedua nya sama2 tdk hilang saat di sucikan maka menurt qaul shohih di anggap tetap najis (tdl di ma'fu)

______________________

النجم الوهاج فة شرح المنهاج 1 ص 428 مكتبة الشاملة

قال: (وإن كانت .. وجب إزالة الطعم)، أي: إذا كانت النجاسة عينية .. وجب بعد إزالة العين إزالة الطعم وإن عسر وشق؛ لأنه يدل على بقاء النجاسة.
ويظهر تصوير ذلك بما إذا دميت لثته؛ لأن ذوق المحل لاختباره لا يجوز.
قال: (ولا يضر بقاء لون أو ريح عسر زواله)، كلون دم الحيض والخضاب النجس في البدن، ورائحة الخمر العتيقة، وبعض أنواع العذرة للضرورة؛ لما روي عن خولة بنت يسار قالت: سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن دم الحيض، فال: (اغسليه)، فقلت: أغسله فيبقى أثره، فقال: (يكفيك ولا يضرك أثره) رواه أحمد [٢/ ٣٨٠] وأبو داوود [٣٦٥] والبيهقي [٢/ ٤٠٨] والطبراني [طب ٢٤/ ٢٤١]، لكن في روايته ابن لهيعة وهو ضعيف.
وتعبير المصنف بـ (لا يضر) يفهم: أن المحل لا يطهر، بل يعفى عنه كأثر الاستنجاء ودم البراغيث، وهو الذي أبداه الرافعي احتمالا.
والذي عليه الأكثرون: القول بالطهارة؛ لأنه لو كان معفوا عنه .. لتنجس الثوب المبلول إذا أصابه، وهنا لا ينجس بإصابة البلل.
وقد روت عائشة رضي الله عنها: أن نسوة رسول الله صلى الله عليه وسلم سألنه عن دم الحيض يصيب الثوب ويبقى فيه لون الدم بعد الغسل، فقال: (الطخنه بزعفران)، كذا استدل به الرافعي، وهو غريب.

diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Wallahu a'lam bish showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...