KESIMPULAN TEAM DHF
HUKUM AIR SEDIKIT YANG DI JATUHI TETESAN AIR WUDLU
___________________________
Pertanyaan :
Asalamualaikum
Mohon jawabanya untuk para ustad/zh...
Saya mau bertanya tentang tata cara berwudhu.
Yg saya tanyakan bagaimana hukumnya apa bila seseorang mengambil wudhu, lalu air yang sudah di gunakan menetes pada tangan yg mengambil air kembali?
Jawaban :
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
terlebih dahulu kami paparkan
DIVINISI AIR MUSTA'MAL
Menurut Qoul Shohih, air musta'mal adalah air yang di gunakan untuk kewajiban bersuci, dalam wudhu adalah pada basuhan pertama setelah niat. Sedangkan menurut qoul lemah, air musta'mal adalah air yang digunakan untuk ibadah, baik pada basuhan pertama, kedua dan ketiga.
كفاية الأخيار فى حل ألفاظ غاية الإختصار
ﻫَﺬَا ﻫُﻮَ اﻟْﻘﺴﻢ اﻟﺜَّﺎﻟِﺚ ﻣﻦ ﺃَﻗﺴَﺎﻡ اﻟﻤَﺎء ﻭَﻫُﻮَ اﻟﻤَﺎء اﻟْﻤُﺴْﺘَﻌْﻤﻞ ﻓِﻲ ﺭﻓﻊ اﻟْﺤَﺪﺙ ﺃَﻭ ﺇِﺯَاﻟَﺔ اﻟﻨَّﺠﺲ ﺇِﺫا ﻟﻢ ﻳﺘَﻐَﻴَّﺮ ﻭَﻻَ ﺯَاﺩ ﻭَﺯﻧﻪ ﻓَﻬُﻮَ ﻃَﺎﻫِﺮ --إلى أن قال-- ﻭَﻫﻞ ﻫُﻮَ ﻃﻬُﻮﺭ ﻳﺮﻓﻊ اﻟْﺤَﺪﺙ ﻭﻳﺰﻳﻞ اﻟﻨَّﺠﺲ ﺃَﻳْﻀﺎ ﻓِﻴﻪِ ﺧﻼﻑ اﻟْﻤَﺬْﻫَﺐ ﺃَﻧﻪ ﻏﻴﺮ ﻃﻬُﻮﺭ ﻷَِﻥ اﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔ ﺭَﺿِﻲ اﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻋَﻨْﻬُﻢ ﻣَﻊَ ﺷﺪَّﺓ اﻋﺘﻨﺎﺋﻬﻢ ﺑِﺎﻟﺪّﻳﻦِ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻧُﻮا ﻳﺠﻤﻌﻮﻧﻪ ﻟﻴﺘﻮﺿﺆﻭا ﺑِﻪِ ﺛَﺎﻧِﻴًﺎ ﻭَﻟَﻮ ﻛَﺎﻥَ ﺫَﻟِﻚ ﺳﺎﺋﻐﺎً ﻟﻔﻌﻠﻮﻩ ﻭَاﺧْﺘﻠﻒ اﻷَْﺻْﺤَﺎﺏ ﻓِﻲ ﻋِﻠّﺔ ﻣﻨﻊ اﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟﻪ ﺛَﺎﻧِﻴًﺎ ﻭَاﻟﺼَّﺤِﻴﺢ ﺃَﻧﻪ ﺗﺄﺩﻯ ﺑِﻪِ ﻓﺮﺽ ﻭَﻗﻴﻞ ﺇِﻧَّﻪ ﺗﺄﺩﻯ ﺑِﻪِ ﻋﺒَﺎﺩَﺓ ﻭَﺗﻈﻬﺮ ﻓَﺎﺋِﺪَﺓ اﻟْﺨﻼﻑ ﻓِﻲ ﺻُﻮﺭَﺗَﻴْﻦِ اﻷﻭﻟﻰ ﻓِﻴﻤَﺎ اﺳْﺘﻌْﻤﻞ ﻓِﻲ ﻧﻔﻞ اﻟﻄَّﻬَﺎﺭَﺓ ﻛﺘﺠﺪﻳﺪ اﻟْﻮﺿُﻮء ﻭاﻷﻏﺴﺎﻝ اﻟﻤﺴﻨﻮﻧﺔ ﻭاﻟﻐﺴﻠﺔ اﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔ ﻭَاﻟﺜَّﺎﻟِﺜَﺔ ﻓﻌﻠﻰ اﻟﺼَّﺤِﻴﺢ ﻳﻜﻮﻥ اﻟﻤَﺎء ﻃﻬُﻮﺭا ﻷَِﻧَّﻪُ ﻟﻢ ﻳﺘﺄﺩ ﺑِﻪِ ﻓﺮﺽ ﻭﻋَﻠﻰ اﻟﻀَّﻌِﻴﻒ ﻻَ ﻳﻜﻮﻥ ﻃﻬُﻮﺭا ﻷَِﻧَّﻪُ ﺗﺄﺩﻯ ﺑِﻪِ ﻋﺒَﺎﺩَﺓ ﻭَﻻَ ﺧﻼﻑ ﺃَﻥ ﻣَﺎء اﻟﺮَّاﺑِﻌَﺔ ﻃﻬُﻮﺭ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﻠﺘﻴﻦ ﻷَِﻧَّﻪُ ﻟﻢ ﻳﺘﺄﺩ ﺑِﻪِ ﻓﺮﺽ ﻭَﻻَ ﻫِﻲَ ﻣَﺸْﺮُﻭﻋَﺔ ﻭاﻟﻐﺴﻠﺔ اﻷﻭﻟﻰ ﻏﻴﺮ ﻃﻬُﻮﺭ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﻠﺘﻴﻦ ﻟﺘﺄﺩﻯ اﻟْﻔَﺮْﺽ ﻭَاﻟْﻌِﺒَﺎﺩَﺓ ﺑِﻤَﺎﺋِﻬَﺎ.
Dalam.kitab minhajut tholibin hal 9 juz 1( maktabah syamilah.)
Terjadi khilafiyah perndivinisian air musta'mal
🖎musta'mal adalh air yg di gunakan membasuh yg farflu
🖎Menurt qiel termasuk mmbasuh yg sunnah.
Dan menurt qaul jadid air musta'mal jika di kumpulkan kemudian mncapai dua qullah maka mnjdi suci dan mensucikan lagi
والمستعمل في فرض الطهارة قيل: ونفلها غير طهور في الجديد فإن جمع قلتين فطهور في الأصح
_____________________________
Terkait PERTANYAAN:
HUKUM AIR SEDIKIT DI JATUHI/DI PERCIKI AIR MUATA'MAL.
TERJADI KHILAFIYAH DAN TAFSILIYAH
🖎Ketika tercampur pada air banyak ataupun sedikit, cairan yang serupa sifatnya dengan air tersebut semisal air mawar yang tak berbau lagi dan air tanaman dan AIR MUSTA'MAL maka ada dua pendapat :
1.Pendapat 1 dan Yang shahih jika cairan tersebut DIPERKIRAKAN saat mencampuri memiliki rasa, warna atau bau dapat merubah dengan perubahan yang dianggap (perubahan yang besar) maka terlepaslah ke-tahurannya, dan jika diperkirakan tidak berpengaruh maka tidak menghilangkan thahurnya.
🖎2.Pendapat ke-2, jika cairan tersebut lebih sedikit dari air yang dicampurinya maka tidak terpengaruh thahurnya, dan jika cairannya lebih banyak atau setara maka hilang thahurnya.
Maka pendapat yang shahih boleh menggunakan air tersebut (yang telah tercampur) keseluruhannya.
Menurt qiila : Wajib menyisakan air tersebut sebanyak cairan yang mencampuri.
Dan menurt qiila yg lain : Jika air tanpa pencampur cukup untuk membasuh bagian yang wajib maka boleh menggunakan seluruhnya.
Di dalam kitab
[ Raudhah at-Thoolibiin I/3 ].
روضة الطالبين وعمدة المفتين - (ج 1 / ص 3) فرع إذا اختلط بالماء الكثير أو القليل مائع يوافقه في الصفات كماء الورد المنقطع الرائحة وماء الشجر والماء المستعمل فوجهان أصحهما إن كان المائع قدرا لو خالف الماء في طعم أو لون أو ريح لتغير التغير المؤثر يسلب الطهورية وإن كان لا يؤثر مع تقدير المخالفة لم يسلب. والثاني إن كان المائع أقل من الماء لم يسلب وإن كان أكثر منه أو مثله سلب وحيث لم يسلب فالصحيح أنه يستعمل الجميع وقيل يجب أن يبقى قدر المائع وقيل إن كان الماء وحده يكفي لواجب الطهارة فله استعمال الجميع وإلا بقي
Tambahan:
Fatwa imam Ahmad bin hanbal.
Senada dgn fatwa ashab syafii:
Di dalam kitab al_mughni
🖎Apabila air musta'mal yg jatuh ke air tersebut itu sedikit maka di ma'fu.
(Tidk mnjadikan air tersebut musta'mal)
Imam ishaq bin mansur bertanya kepada imam Ahmad.
Ada seorang laki2 berwudlu kemudian menetes air dari wudlu itu ke dalam wadah air tersebut..??
Imam Ahmad menjawab لابأس _ tdk apa2 (tdk mnjdi musta'mal air itu.
disampaikan oleh imam ibrohim an_nakho'ie hal tersebut dibutuhkan dan semcam nya
Hal ini jelas Rasulallah dan para sahabat berwudlu dgn wadah sejenis cangkir dan mandi dgn sejenis mangkok besar
Dan siti amimunah juga menggunakan air tersebut (1 wadah bersama Rasulallah)
dan baginda nabi bersama ‘Aisyah sering mandi bersama dalam satu wadah air , tangan keduanya saling bergantian didalamnya, saling berkata dengan pasangannya “tuangkan untukku..!”. Yang semacam ini tentu tidak akan terselamatkan dari percikan-percikan dalam air.
🖎apabila air tersebut banyak yg menetes ke wadah dan membuat keruh maka tidak boleh bersuci memakainya menurut riwayat yang kuat,
🖒Semntara juga pendapat ashab madzhab syafi’iyyah juga sma.
Apabila tetesan tersebut bnyak maka tdk di ma'fu tetapi apabila sedikit di ma'fu.
Bila percikan sedikit tidak membuat keruh tidak apa ,kalau percikan banyak membuat keruh maka tidak boleh
فصل : إذا كان الواقع في الماء ماء مستعملا
فصل : و ان كان الواقع في الماء ماء مستعملا عفي عن يسيره قال إسحاق بن منصور قلت ل أحمد الرجل يتوضأ فينضح من وضوئه في إنائه ؟ قال لا بأس به قال إبراهيم النخعي : لا بد من ذلك ونحوه عن الحسن وهذا ظاهر حال النبي صلى الله عليه و سلم وأصحابه لأنهم كانوا يتوضؤون من الاقداح والانوار ويغتسلون من الجفان وقد روي أن النبي صلى الله عليه و سلم كان يغتسل هو وميمونة من جفنة فيها أثر العجين واغتسل هو وعائشة من اناء واحد تختلف أيديهما في كل واحد منهما يقول لصاحبه أبق لي ومثل هذا لا يسلم من رشاششش يقع في الماء وان كثر الواقع تفاحش منع على إحدى الروايتين وقال أصحاب الشافعي إن كان الأكثر المستعمل منع وإن كان الأقل لم يمنع
كتب المغني hal 26.
__________
Ibaroh senada dalam al fiqgul islam 1 hal 238
ويعفى عن يسير الماء المستعمل الواقع في الماء؛ لأن النبي صلّى الله عليه وسلم وأصحابه كانوا يتوضؤُون من الأقداح، ويغتسلون من الجفان، واغتسل النبي وعائشة من إناء واحد، تختلف
أيديهما فيه، كل واحد منهما يقول لصاحبه: أبق لي، ومثل هذا لا يسلم من رشاش يقع في الماء. فإن كثر الواقع وتفاحش لم تجز الطهارة به على الرواية الراجحة، وهو مذهب الشافعية أيضاً كما بينت
🖒Not:
Pada dasar nya ulama sepakat bhw hukum air musta'mal itu suci
Dan dalm madzhab kami (syafiiyah) air musta'mal tdk mnyucikan. (Tdk dapt digunakan utk bersuci.
Dalm.dua masalh ini ulama terdapt khilafiyah.
Imam ahmad dan imam.malik dan jumhur ulam salaf dan kholaf menghukuni suci.
Mnurt inam abu yusuf Najis.
Dlm.madzhab abu hanifah terdpt 3 pendapat
1.pendapt nya imam.Muhammad bin al hasan sama dgn pendapt madzhab syafii (suci tdk mensucikan)
Pendapat tersebut menurt shohibus syamil nerupakan pendapat termasyhur dlm madzhab abu haniifah.
2.air musta'mal di hukumi najis muhaffafah.
3.najis (bukan najis mukhoffafah)
قد ذكرنا أن المستعمل طاهر عندنا بلا خلاف وليس بمطهر علي المذهب وفي المسألتين خلاف للعماء.
فاما كونه طاهرا فقد قال به مالك واحمد وجمهور السلف والخلف: وقال أبو يوسف نجس وعن أبي حنيفة ثلاث روايات.
احداها رواية محمد بن الحسن طاهر كمذهبنا. قال صاحب الشامل وغيره وهو المشهور عنه. والثانية نجس نجاسة مخففة.
KESIMPULAN AKHIR ( menurut MADZHAB SYAFIIYAH)
Tafsil:
Pendapat yang paling SHOHIH
🖎Jika tetesan air dari wajah yang menetes ke tangan tersebut adalah setelah basuhan pertama (الغسلة الأولى ), maka tetesan air tersebut dinamakan air musta'mal, sehingga ketika menetes nya banyak dan bercampur ke genangan air wadah dapat menjadikan air dalam wadah tersebut juga musta'mal dan tidak dapat mensucikan.
🖎bila air musta'mal tersebut sedikit yg menetes ke wadah dan secra tq
Aqdiriyah tdk membuat keru atau beeubah sifat,rasa dan bau air tersebut maka suci dan mensucikan.
🖎Tetapi jika air yang menetes dari wajah tersebut adalah air bekas basuhan yang kedua, ketiga (الغسلة الثانية والثالثة), maka air tersebut bukanlah air musta'mal, sehingga saat menetes dan bercampur dengan genangan air yang ada ditelapak tangan, air tersebut bukanlah air musta'mal dan bisa mensucikan.
Not:
Ketika berqudlu menggunakan tangan hendak nya niat i'tirof saat mencabuk/mencelopkan tangan ke air saat penggunaan utk basuhan yg pertama.
Wallahu a'lam bish showab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar