Label

Jumat, 13 Oktober 2017

HUKUM AIR YANG DI CAMPURI TAWAS/KAPORIT

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM AIR YANG DI CAMPURI TAWAS/KAPORIT
------------------------------------

pertanyaan

Assalamualaekum,,,,,,Mau tanya...Apa kh sah untuk bersuci air yang di campur dengan benda suci..Seperti pemutih air Dan kapur,,,Skian terima kasih

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kesimpulan:

Hukum air yg bercampur dengan tawas/kapurit/ benda2 suci lain nya.

Ditafsil:

》》Apabila tidak merubah sifat2 air nya (warna,bau,dan rasa) maka di hukumi suci dan dapat menyicikan.

Atau ada perubahan tetapi sedikit maka juga di hukumi suci dan menyucikan.

》》Apabila yg mencampuri  air tersebut sampai merubah sifat2 air nya secara sikfinikan, yaitu sampai merubah qoyyid/sebutan nama dr air tersebut maka di hukumi suci tapi tdk bisa menyucikan.

●Adapun tolak ukur di anggap perubahann yg kuat/bnyak ialah manakala sampai qoyyid air tersebut berganti dgn sebutan yg mengikat/tetap, dalam artian tidak disebut kecuali dgn nama itu sperti air teh,air sabun, air kopi dan semacamnya.

☆Adapun jika benda suci tersebut serupa dengan sifat2 air nya seprti bercampur dgn air mustakmal misalnya,

maka utuk mengetahui air tersebut berubah atau tidak nya, maka di kira2 dengaan benda suci yg tdk serupa dgn sifat2 air tersebut.

Bisa dgn air kembang,air teh, atau gunakan pewarna.

Langkah pertama:
Ambil seukuran benda suci yg mencapuri air tersebut.

Kemudian tuagkan benda suci yg tdk serupa dgn sifat air tadi.

Setelah itu lihat perubahan nya.
Jika perubahan nya kuat hingga merubah qoyyid/sebutan air tersebut maka berati di hukumi suci tapi tdk menyucikan

Namun jika ternyata tdak ada perubahan ataupun ada perubahan nya tetapi  sedikit (tdk terllu kuat) sehingga tdk merubah qoyyid atau sebutan yg tetap/mengikat dr air tersebut maka tetap di hukumi air mutlak yg suci serta dapat menyucikan.

Catatan:
Hukum air PDAM/MINERAL sperti AQUA dan semacam nya tetap di hukumi SUCI dan Menyucikan di karanakan, qoyyid yang ada pada air PDAM atau AIR MENERAL tersebut tdk lah mengikat (bukan qoyyid yg tetap)

dan kalopun ada campuran sperti kapurit/pemutih sperti tawas dan semacam nya tdk lah samapi merubah kemutlakan air tersebut sbb tdk terdapat perubahan2 yg berarti.

Semntara adanya perubahan air keru menjadi jernih bukanlah perubahan yg merusak kemutlakan air tersebut krn adanya perubahan menjadi jernih memng sifat asli atau sifat asal dari air tersebut adalah bersih.

Semntra yg di maksud berubah dgn benda yang mencampuri adalh berubah menjadi sesuai sifat2 perkara yg menccampuri tersebut.

Misal berubah mnjadi teh,
Berubah mnjadi air sabun dll.

📖  REFERENSI:

الأم الجزء 1 صحـ : 21 مكتبة دار المعرفة
( قَالَ ) وَإِذَا وَقَعَ فِي الْمَاءِ شَيْءٌ حَلاَلٌ فَغَيَّرَ لَهُ رِيحًا أَوْ طَعْمًا وَلَمْ يَكُنِ الْمَاءُ مُسْتَهْلَكًا فِيهِ فَلاَ بَأْسَ أَنْ يَتَوَضَّأَ بِهِ وَذَلِكَ أَنْ يَقَعَ فِيهِ الْبَانُ أَوْ الْقَطِرَانُ فَيَظْهَرُ رِيحُهُ أَوْ مَا أَشْبَهَهُ وَإِنْ أُخِذَ مَاءٌ فَشِيبَ بِهِ لَبَنٌ أَوْ سَوِيْقٌ أَوْ عَسَلٌ فَصَارَ الْمَاءُ مُسْتَهْلَكًا فِيهِ لَمْ يُتَوَضَّأْ بِهِ ِلانَّ الْمَاءَ مُسْتَهْلَكٌ فِيهِ إنَّمَا يُقَالُ لِهَذَا مَاءُ سَوِيْقٍ وَلَبَنٍ وَعَسَلٍ مَشُوْبٌ اهـ

قرة العين بفتاوى إسمعيل الزين صحـ : 47
فَالْجَوَابُ وَاللهُ الْمُوَفِّقُ لِلصَّوَابِ أَنَّ تَغَيُّرَ اْلمَاءِ بِالْكَدُوْرَاتِ وَنَحْوِهَا مِنَ اْلأَشْيَاءِ الطََّاهِرَةِ لاَ يَسْلُبُ طَهُوْرِيَّتَهُ وَإِنْ تَغَيَّرَ رِيْحُهُ فَيَبْقَى طَاهِرًا مُطَهِّرًا عَلَى اْلأَصْلِ وَإِذَا عُوْلِجَ بِمَا ذُكِرَ فِي السُؤَالِ مِنَ اْلأَدْوِيَّةِ لِتَصْفِيَّتِهِ كَانَ ذَلِكَ نَوْعَ تَرَفُّهٍ ِلأجْلِ التَنْظِيْفِ لاَ ِلأَجْلِ التَّطْهِيْرِ بِشَرْطِ أَنْ تَكُوْنَ تِلْكَ اْلأَدْوِيَةُ غَيْرَ نَجِسَةٍ وَحِيْنَئِذٍ فَيَصِحُّ الْوُضُوْءُ وَسَائِرُ أَنْوَاعِ الطَّهَارَةِ بِالْمَاءِ الْمَذْكُوْرِ قَبْلَ الْمُعَالَجَةِ أَوْ بَعَدَهَا اهـ

متن تحفة المحتاج 1 ص 68_70 مكتبة الشاملة

(فَ) الْمَاءُ الْكَثِيرُ وَالْقَلِيلُ (الْمُتَغَيِّرُ بِ) مُخَالِطٍ طَاهِرٌ (مُسْتَغْنًى) بِفَتْحِ النُّونِ وَكَسْرِهَا بَعِيدٌ مُتَكَلَّفٌ (عَنْهُ كَزَعْفَرَانٍ) وَمَنِيٍّ وَثَمَرٍ سَاقِطٍ وَطُحْلُبٍ طُرِحَ بَعْدَ دَقِّهِ وَوَرَقٍ طُرِحَ
ثُمَّ تَفَتَّتَ وَمِلْحٍ جَبَلِيٍّ وَقَطِرَانٍ أَوْ كَافُورٍ مُخَالِطٍ فَكُلٌّ مِنْهُمَا نَوْعَانِ (تَغَيُّرًا يَمْنَعُ إطْلَاقَ اسْمِ الْمَاءِ) لِكَثْرَتِهِ وَلَوْ تَقْدِيرًا، كَأَنْ وَقَعَ فِي الْمَاءِ مَا يُوَافِقُهُ كَمُسْتَعْمَلٍ لَكِنْ فِي قَلِيلٍ كَمَا يَأْتِي وَكَمَاءِ وَرْدٍ لَا رِيحَ لَهُ فَإِنَّهُ يُقَدَّرُ وَسَطًا كَرِيحٍ لِأُذُنٍ وَلَوْنِ عَصِيرٍ وَطَعْمِ مَاءِ رُمَّانٍ فَإِنْ غَيَّرَ مَعَ ذَلِكَ ضَرَّ وَإِلَّا فَلَا؛ لِأَنَّهُ لَمَّا كَانَ لِمُوَافَقَتِهِ لَا يُغَيِّرُ

اُعْتُبِرَ بِغَيْرِهِ كَالْحُكُومَةِ (غَيْرَ طَهُورٍ) وَإِنْ كَانَ التَّغَيُّرُ بِمَا عَلَى عُضْوِ الْمُتَطَهِّرِ كَمَا أَنَّهُ غَيْرُ مُطْلَقٍ فَلَوْ حَلَفَ لَا يَشْرَبُ مَاءً فَشَرِبَهُ لَمْ يَحْنَثْ.

(وَلَا يَضُرُّ) فِي الطَّهُورِيَّةِ (تَغَيُّرٌ لَا يَمْنَعُ الِاسْمَ) لِقِلَّتِهِ وَلَوْ احْتِمَالًا بِأَنْ شَكَّ أَهُوَ كَثِيرٌ أَوْ قَلِيلٌ مَا لَمْ يَتَحَقَّقْ الْكَثْرَةَ وَيَشُكَّ فِي زَوَالِهَا
---------------------------------------

Airnya suci tdk mensucikan........
(ﻓﺎﻟﻤﺘﻐﻴﺮ) ﺑﺸﻲء (ﻣﺴﺘﻐﻨﻰ) ﺑﻔﺘﺢ اﻟﻨﻮﻥ ﻭﻛﺴﺮﻫﺎ (ﻋﻨﻪ) ﻃﺎﻫﺮ ﻣﺨﺎﻟﻂ (ﻛﺰﻋﻔﺮاﻥ) ﻭﻣﺎء ﺷﺠﺮ ﻭﻣﻨﻲ ﻭﻣﻠﺢ ﺟﺒﻠﻲ (ﺗﻐﻴﺮا ﻳﻤﻨﻊ) ﻟﻜﺜﺮﺗﻪ (ﺇﻃﻼﻕ اﺳﻢ اﻟﻤﺎء) ﻋﻠﻴﻪ (ﻏﻴﺮ ﻃﻬﻮﺭ) ﺳﻮاء ﺃﻛﺎﻥ ﻗﻠﻴﻼ ﺃﻡ ﻛﺜﻴﺮا؛ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺴﻤﻰ ﻣﺎء

http://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[Wallahu A'lam]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...