Label

Selasa, 19 September 2017

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ALSUNNAH,ALMUSTAHAB,ALMANDZUB,ATTATHOWWU' DLL

KESIMPULAN TEAM DHF

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN  ALSUNNAH,AL_MUSTAHAB,AL_MANDZUB ,AT_TATHOWWU' DLL
------------------------------------
Pertanyaan

Assalamualaikum wr wb

Apa sich bedanya lafadz yusannu , yustahabbu dan yundabu yg biasa ditemukan dlm kitab2 fiqh serta kapan dan dimana penempatannya?

Syukran

Wassalamualaikum

Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

SUNNAH,MUSTAHAB,MANDZUB,TATHOWU' AN_ NAFLU, Dan semacam nya sebagaimana biasa terdapat dalam kitab2 fiqih.

Di tinjau dari segi makna adalah murodif/sama dan serupa (satu kesatuan)yang artinya adalah SUNNAH

Yang di maksud SUNNAH adalah:

Apabila di kerjakan mendapatkan pahala
Apabila di tinggalkan tidak lah berdosa.

Adapun AS_SUNNAH/YUSANNU, YUSTAHAB/MUSTAHAB, YUNDZABU/MANDZUB dll

Kendati mempunyai makna dan tujuan serta Maksud yang Sama

Tetapi
Ditinjau dari segi sumber/muara hukum nya

Sebagai berikut:

🖎al_MANDZUB/YUNDSZBU:
segala sesuatu yang terpuji secara  syar’I jika dikerjakan dan tidak dicela secara syar’I ketika ditinggalkan /Atau sesuatu yang diperintahkan oleh syara’ secara tidak tegas.

🖎AL_SUNNAH/YUSANNU:
adalah sesuatu yang dikerjakan oleh Rosulullah S.A.W secara rutin.
(Ada perintah dan contoh dari Rasulallah S.A.W langsung)

🖎Al Mustahab/YUSTAHABBU:

adalah AMALIYAH SUNNAH yang dikerjakan /dicontoh kan oleh Rosulullah S.A.W  satu kali atau dua kali (tdk Rutin dan tidak terus menerus)

seperti sholat dhuha , melakukan pengobatan dengan bekam.

🖎At Tathowu’ :
adalah Amaliyah yang dikerjakan oleh seseorang atas inisiatifnya sendiri, akan tetapi masih dalam kerangka syar’i.
*bisa dgn cara metode QIYASH*

Mungkin bisa kita katakana bahwa Tathowu’ adalah sunnah-sunnah yang masih mutlak, seperti sholat sunnah mutlak,atau membaca Al Qur’an  dan berdoa kapan kita mau dan lain sebagainya.

_____________

Wal_HASIL:

🖎YUSANNU/ AL_SUNNAH:

adalh amaliyah sunnah yg sumber nya dari nash hadist shohih dan shoreh.
Baik contoh dari Rasulallah langsung atau para sahabat.

🖎YUSTAHAB/AL_MUSTAHAB:

Adalah amaliyah sunnah yg sumber dalil nya Dari Hadist Rasulallah  secara UMUM .
(Tidak bersumber dari hadist shoreh)

Oleh karean itu apabila dalam kitab fiqih ulama menghunakan lafdz YUSANNU/AL_SUNNAH Berati sumber dalil nya adalh nash shoreh dan shohih.

Ketika sumber hadist nya tdk shoreh dan tdk shohih  atau lemah dan ahsan maka ulama menggunakan lafadz YUSTAHABB.

Apabila amaliyah sunnah tersebut tdk di temukan sumber dalil hadisy secra tegas contoh  timbul dari fatwa ulama yg menngunakan metode qiyash maka ulama' menggunakan lafadz YINDZABU/AL MANDZUB.
_____________

🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒

Dalam isrilah FIQIH tidak terlepas dari namanya khilafiyah dan sundut pandang Yang berbeda di setiap permasalahan2 far'iyah khusus nya.

Oleh karena nya kami coba paparkan sudut pandang ulama yg berbeda terkait permasalahan di atas:

👇👇👇👇👇👇👇

🖎Menurt asy_syafiiyah dan al hanbilah bahwa AL MANDZUB, AL_ MUSTAHAB ATH_TATHOWWU' merupakan lafadz yg murodif /sama/serupadalam segi makna.

Yaitu amaliyah yg di anjurkan tanpa ketetapan dalil shoreh
Ataupun hnya sebatas di kerjakan satu dua kali saja oleh Rasulallah.

APabila amaliyah tersebut berdasarkan sumber shoreh dan shohehbserta dikerjakan/di lakukan/di contohkan oleh rasulallah secra rutin maka disebut AS_SUNNAH/YUSANNU.

🖎Semntara menurt imam al  Bunaniy lafadz
Al_Ahsan ,an_Naflu ,al muro'ab juga memmpunyai makna dan kedudukan yg sma dan al mustahab, al tathowwu' dan almandzub.

🖎 Adapun imam al qodliy husain dan imam lain nya mempunyai sudut pandang yg berbeda.

Beliau menyatakan bahwa al mustahab, al mandzub, at_tathowwu' dll tdk  sama

Menurt beliau:
Apa yg dinkerjakan dan di contohkan serta di amalkan oleh Rasulallah secra ters menerus di sebut Al SUNNAH.

Apabila hanya di kerjakan satu dua kali maka di sebut al_MUSTAHAB

apabila tidak di kerjakan oleh Rasulallah kemudian hal tersebut di mulai/di lakukan oleh sesorang melalui sumber dalil hadist atau al quran yg bersifat qhiyasi (tanpa dalil yg shoreh) maka disebut al_tathowwu'.

Semntara al_MANDZUB lebih UMUM.

Al mandzub sendiri terbagi dua bagian:

🖎sunnah Muakkadah , adalah sesuatu yang dikerjakan oleh Rosulullah saw secara rutin, seperti, sholat witir, sholat  2 rekaat sebelum fajar, sholat rowatib. Termasuk juga menikah,

🖎 Sunnah ghoir muakkadah ,
seperti sholat Dhuha, sholat empat rekaat sebelum Dhuhur, dan lain sebagainya.

Sebagian ulama lain berpendapat bahwa Sunnah adalah sesuatu yang berdasarkan sunnah atau hadist. Sedangkan  Mustahab  adalah sesuatu yang berdasarkan ijtihad . Tetapi pendapat ini tentunya sangat lemah, karena sangat jauh kalau dikatakan bahwa  yang berdasarkan ijtihad adalah sunnah.

👉REFERENSI/IBAROH

الأَحْكَامُ الْمُتَعَلِّقَةُ بِالسُّنَّةِ : أَوَّلا : السُّنَّةُ بِالاصْطِلاحِ الْفِقْهِيِّ : - تُطْلَقُ السُّنَّةُ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ : عَلَى الْمَنْدُوبِ ، وَالْمُسْتَحَبِّ، وَالتَّطَوُّعِ ، فَهِيَ أَلْفَاظٌ مُتَرَادِفَةٌ ، فَكُلٌّ مِنْهَا عِبَارَةٌعَنِ الْفِعْلِ الْمَطْلُوبِ طَلَبًا غَيْرَ جَازِمٍ . قَالَ الْبُنَانِيُّ: وَمِثْلُهَا الْحَسَنُ أَوِ النَّفَلُ وَالْمُرَغَّبُ فِيهِ . وَنَفَى الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَغَيْرُهُ تَرَادُفَهَا حَيْثُ قَالُوا : إِنْ وَاظَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْفِعْلِ فَهُوَ السُّنَّةُ ، وَإِنْ لَمْ يُوَاظِبْ عَلَيْهِ كَأَنْ فَعَلَهُ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ فَهُوَ الْمُسْتَحَبُّ ، أَوْ لَمْ يَفْعَلْهُ وَهُوَ مَا يُنْشِئُهُ الإِنْسَانُ بِاخْتِيَارِهِ مِنَ الأَوْرَادِ فَهُوَ التَّطَوُّعُ. وَلَمْ يَتَعَرَّضْ الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَمَنْ مَعَهُ لِلْمَنْدُوبِ لِعُمُومِهِ لِلأَقْسَامِ الثَّلاثَةِ . وَيُقَسِّمُ الشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ السُّنَنَ إِلَى سُنَنٍ مُؤَكَّدَةٍ وَغَيْرِ مُؤَكَّدَةٍ . إِلا أَنَّ الْحَنَابِلَةَ يَقُولُونَ : إِنَّ تَرْكَ السُّنَنِ الْمُؤَكَّدَةِ مَكْرُوهٌ ، أَمَّا تَرْكُ غَيْرِ الْمُؤَكَّدَةِ فَلَيْسَ بِمَكْرُوه

ٍALMAUSUAH ALFIQHIYYAH JUZ 25 HAL 263-264.

Sunnat, mandub, tatowwu, naflun, mustahab murroggabfih, hasan adalah satu arti, yaitu perkara yang bila dikerjakan dapat pujian.. bila ditinggalkan tidak mendapat hinaan, (bila dikerjakan dapat pahala, bila di tinggalkan tidak mendapat siksa/dosa)
اللباب في الفقه الشافعي
(ص: 78)4 
تطلق السنة على المندوب، والسنة، والتطوع، والنفل، والمستحب، والمرغب فيه، كلها بمعنى واحد، وهو: ما يحمد فاعله، ولا يذم تاركه.

نهاية المحتاج (2/ 105)
باب بالتنوين في صلاة النفل هو لغة الزيادة واصطلاحا ما عدا الفرائض سمي بذلك لأنه زائد على ما فرضه الله تعالى ويعبر عنه بالسنة والمندوب والحسن والمرغب فيه والمستحب والتطوع فهي بمعنى واحد لترادفها على المشهور.

👇👇👇👇👇👇👇

بشرى الكريم 1 ص 331 (مكتبة الشاملة)

فصل): في صلاة النفل.
هو لغة: الزيادة. وشرعاً: ما طلبه الشارع طلباً غير جازم.
ويرادفه: السنة، والمندوب، والمرغوب فيه، والحسن، والمستحب، والتطوع.
واعترض مرادفة الحسن للنفل بقول التاج السبكي: الحسن: المأذون فيه واجباً أو مندوباً أو مباحاً.
وأجيب بأنه مرادف له باعتبار أحدِ ماصَدَقَاته.

👇👇👇👇👇👇👇👇

Nihayatuz zain 1 hal 98_99 (مكتبة الشامادلة)

فصل فِي صَلَاة النَّفْل
وَهُوَ لُغَة الزِّيَادَة وَاصْطِلَاحا مَا عدا الْفَرَائِض من الصَّلَاة وَغَيرهَا
وَهُوَ مَا طلبه الشَّارِع طلبا غير جازم
ويعبر عَنهُ بِالسنةِ وَالْمَنْدُوب وَالْحسن والمرغب فِيهِ وَالْمُسْتَحب والتطوع وَالْإِحْسَان وَالْأولَى بِفِعْلِهِ من تَركه

👇👇👇👇👇👇👇

Al fiqhul minhaji juz 1 hal 212

النّفْل لغة الزيادة، واصطلاحاً: ما عدا الفرائض.
وسمِّي بذلك، لأنه زائد على ما فرضه الله تعالى.
والنفل يُرادف السنة، والمندوب، والمستحب.

👇👇👇👇👇👇👇

روضة الطالبين (1/ 326)

الباب السابع في صلاة التطوع اختلف اصطلاح الأصحاب في تطوع الصلاة فمنهم من يفسره بما لم يرد فيه نقل بخصوصيته بل ينشؤه الإنسان ابتداء وهؤلاء قالوا ما عدا الفرائض ثلاثة أقسام سنن وهي التي واظب عليها رسول الله صلى الله عليه وسلم ومستحبات وهي التي فعلها أحيانا ولم يواظب عليها وتطوعات وهي التي ذكرنا ومنهم من يرادف بين لفظي النافلة والتطوع ويطلقهما على ما سوى الفرائض

قلت ومن أصحابنا من يقول السنة والمستحب والمندوب والتطوع والنفل والمرغب فيه والحسن كلها بمعنى واحد وهو ما رجح الشرع فعله على تركه وجاز تركه

👇👇👇👇👇👇👇

: (شرح زاد المستقنع للخليل

(باب الاستنجاء)). أي: باب يقصد منه بيان أحكام الاستنجاء وآدابه. الاستنجاء: مأخوذ في اللغة: من القطع. وهو في الاصطلاح: إزالة الخارج من السبيلين بالماء أو الحجر ونحوه. والرابط بين معنى اللغوي والمعنى الشرعي: أن في كل منهما قطع فالاستنجاء قطع لآثار النجاسة. إذاً الآن عرفنا معنى الاستنجاء في لغة العرب وفي اصطلاح الفقهاء. • قال - رحمه الله -: يستحب: كثير من أهل العلم يفرق بين قولهم يستحب ويسن. والفرق بين قولهم: يستحب وقولهم: يسن: • أنه لا يقال للشيء يسن إلا إذا أخذ من نص صحيح صريح عن النبي - صلى الله عليه وسلم -. • ويقال للشيء يستحب إذا أخذ من القواعد العامة. قالوا ولا يجوز الخلط بين الأمرين. = فأيهما أعلى مرتبة الذي يسن أو الذي يستحب؟ - الذي يستحب. = لماذا؟ - لاعتماده على نص صريح. إذاًَ من أين نأخذ الاستحباب من القواعد العامة أو من مفهوم النصوص وليس من النص الصريح. = وهل يؤخذ من أقوال الصحابة؟ - الجواب: أنه يؤخذ من أفعال الصحابة مما يقال عنه أنه لا مجال للرأي فيه فيقال يسن. بعد أن عرفنا الفرق بين قولنا يستحب وقولنا يسن السؤال: = فأيهما أنسب أن يقول المؤلف يستحب أو يقول يسن؟ - أن يقول: يسن. = لماذا؟ - لأن فيه نص صحيح صريح. ولكن فيما أرى أن هذا ليس بصحيح بل الأحسن في هذا السياق أن يؤتى بلفظة يستحب. = لماذا؟ - لأن الشيخ سيذكر مجموعة من الأداب والأحكام بعضها تعتمد على نصوص وبعضها تعتمد على قواعد عامة. فالتعبير بيستحب أفضل ليشمل الجميع لأن مصطلح يستحب أوسع من مصطلح يسن. فالذي يظهر لي والله أعلم أنه لا ينتقد المؤلف بقوله: يستحب. والأمر في هذا سهل فإنها اصطلاحات لا يترتب عليها أحكام. • قال - رحمه الله -: يستحب عند دخول الخلاء قول: ((بِسْمِ اللَّهِ)) يستحب للإنسان إذا أراد أن يدخل الخلاء أن يقول بسم الله لحديث علي?: ستر عورات الإنس عن الجن إذا دخلوا الخلاء أن يقولوا بسم الله. لكن الإشكال أن هذا الحديث ضعيف. = فإذا كان ضعيفاً فما هو الدليل على قول القائل بسم الله؟ - الدليل عليه آثار عن الصحابة وهي تصلح للتمسك بها في مثل هذا الباب مع حديث علي لأن ضعفه ليس شديداً.

Bidayatul mujtahid

مذهب الشافعية :الشافعية لا يفرقون بين المندوب والألفاظ الأخرى، فالجميع عندهم بمعنى واحد.ولم يخالف في ذلك عندهم إلا القاضي حسين :فقد جعل السنة ثلاثة مراتب:السنة : ما واظب عليه النبي صلى الله عليه وسلم.المستحب: ما فعله مرة أو مرتين.التطوع: ما ينشئه الشخص باختياره ولم يرد فيه نقل.وقد ذكر الرازي مرادفات أخرى للمندوب هي : مرغب فيه ، مستحب ، نفل ، تطوع ، سنة ، إحسان . ذكرها في المحصول.قلتُ : وتفسير القاضي حسين للتطوع يراد به معنيان :التطوع المطلق المستند الى عمومات الشريعة ، فهذا لا إشكال فيه.أو يراد به التطوع المقيد بزمان أو مكان أو هيئة مما لم يرد في الشريعة فهذا غير مشروع وهو الذي يسميه أهل العلم بالبدعة الإضافية.

الطالبين (1/ 326)الباب السابع في صلاة التطوع اختلف اصطلاح الأصحاب في تطوع الصلاة فمنهم من يفسره بما لم يرد فيه نقل بخصوصيته بل ينشؤه الإنسان ابتداء وهؤلاء قالوا ما عدا الفرائض ثلاثة أقسام سنن وهي التي واظب عليها رسول الله صلى الله عليه وسلم ومستحبات وهي التي فعلها أحيانا ولم يواظب عليها وتطوعات وهي التي ذكرنا ومنهم من يرادف بين لفظي النافلة والتطوع ويطلقهما على ما سوى الفرائض

قلت ومن أصحابنا من يقول السنة والمستحب والمندوب والتطوع والنفل والمرغب فيه والحسن كلها بمعنى واحد وهو ما رجح الشرع فعله على تركه وجاز تركه

WALLAHU A'LAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...