Label

Selasa, 19 September 2017

HUKUM MEMAKAI AJIMAT

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM MEMAKAI AJIMAT
------------------------------------

Pertanyaan

Assalamu alaikum......,                                        ma'af saya mau bertanya lagi nih..                 bagaimana seseorang jualan/ dagangan dll membawa azimat (jimat) , apakah orang itu bisa di katakan syirik atau enggak?   gitu aja ,

Jawaban

Rajah atau Jimat atau dalam bahasa Arabnya tamimah sebenarnya secara asal adalah jimat penjaga yang ditulis dan dikalungkan pada anak kecil untuk menangkal penyakit ‘ain. Namun, pengertian itu semakin luas dan melebar sehingga setiap jimat penjagaan apa pun bentuknya adalah dinamakan tamimah.

Jimat ini pun tidak luput dari penilaian syirik dari sebagian jamaah takfir, dengan mengambil dasar hadits shahih riwayat Ahmad berikut:

إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ

“Sesungguhnya suwuk (rukyah), jimat dan pengasihan adalah syirik.”

Penilaian seperti itu adalah bentuk penilain yang tergesa-gesa serta tidak di dasari pemahaman yang baik. Anehnya lagi mereka kadang hanya memahami hadits lewat terjemahan dan kemudian tanpa pemikiran yang obyektif ikut berkomentar memberi hukum tanpa memperhatikan sama sekali pendapat-pendapat ulama terpercaya.

Imam al-Munawi menjelaskan, menggunakan rukyah (kecuali yang syar’iyyah), jimat dan pelet (pengasihan) dianggap syirik sebagaimana dalam redaksi hadits, karena hal-hal di atas yang dikenal di zaman Rasulallah sama dengan yang dikenal pada zaman jahiliyah yaitu ruqyah (yang tidak syar’iyyah), jimat dan pengasihan yang mengandung syirik. Atau dalam hadits, Rasulallah menganggap rukqah adalah syirik karena menggunakan barang-barang tersebut berarti pemakainya mengi’tikadkan bahwa benda-benda itu mempunyai pengaruh (ta’tsir) yang bisa menjadikan syirik kepada Allah.

Imam ath-Thayyibi menanggapi hadits tersebut bahwa yang dimaksudkan dengan syirik pada hadits di atas adalah mengi’tikadkan bahwa jimat tersebut mempunyai kekuatan dan bisa mempengaruhi (kekuatan merubah sesuatu) dan itu jelas-jelas bertentangan dengan ke-tawakkal-an. Di bagian lain al-Munawi menjelaskan bahwa pengguna jimat sama dengan melakukan pekerjaan ahli syirik yang mengi’tikadkan bahwa jimat tersebut dapat menolak takdirnya yang sudah tercatat.
Namun, jika jimat tersebut berupa asma atau kalam Allah atau dengan (tulisan berbentuk) dzikir Allah yang tujuannya untuk ber-tabarruk kepada Allah atau penjagaan diri serta tahu bahwa yang dapat memudahkan segala sesuatu adalah Allah maka hal itu tidak diharamkan. Pendapat ini disampaikan Ibnu Hajar yang dikutip oleh al-Munawi dalam Faidh al-Qadir.

فيض القدير شرح الجامع الصغير

2002 - (ﺇﻥ اﻟﺮﻗﻰ) ﺃﻱ اﻟﺘﻲ ﻻ ﻳﻔﻬﻢ ﻣﻌﻨﺎﻫﺎ ﺇﻻ اﻟﺘﻌﻮﺫ ﺑﺎﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻧﺤﻮﻩ ﻓﺈﻧﻪ ﻣﺤﻤﻮﺩ ﻣﻤﺪﻭﺡ (ﻭاﻟﺘﻤﺎﺋﻢ) ﺟﻤﻊ ﺗﻤﻴﻤﺔ ﻭﺃﺻﻠﻬﺎ ﺧﺮﺯاﺕ ﺗﻌﻠﻘﻬﺎ اﻟﻌﺮﺏ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺱ اﻟﻮﻟﺪ ﻟﺪﻓﻊ اﻟﻌﻴﻦ ﺗﻮﺳﻌﻮا ﻓﻴﻬﺎ ﻓﺴﻤﻮا ﺑﻬﺎ ﻛﻞ ﻋﻮﺫﺓ (ﻭاﻟﺘﻮﻟﺔ) ﺑﻜﺴﺮ اﻟﺘﺎء ﻭﻓﺘﺢ اﻟﻮاﻭ ﻛﻌﻨﺒﺔ ﻣﺎ ﻳﺤﺒﺐ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﺇﻟﻰ اﻟﺮﺟﻞ ﻣﻦ اﻟﺴﺤﺮ (ﺷﺮﻙ) ﺃﻱ ﻣﻦ اﻟﺸﺮﻙ ﺳﻤﺎﻫﺎ ﺷﺮﻛﺎ ﻷﻥ اﻟﻤﺘﻌﺎﺭﻑ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﻲ ﻋﻬﺪﻩ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻌﻬﻮﺩا ﻓﻲ اﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﻭﻛﺎﻥ ﻣﺸﺘﻤﻼ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻳﺘﻀﻤﻦ اﻟﺸﺮﻙ ﺃﻭ ﻷﻥ اﺗﺨﺎﺫﻫﺎ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ اﻋﺘﻘﺎﺩ ﺗﺄﺛﻴﺮﻫﺎ ﻭﻳﻔﻀﻲ ﺇﻟﻰ اﻟﺸﺮﻙ ﺫﻛﺮﻩ اﻟﻘﺎﺿﻲ. ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻄﻴﺒﻲ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ: اﻟﻤﺮاﺩ ﺑﺎﻟﺸﺮﻙ اﻋﺘﻘﺎﺩ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﺳﺒﺐ ﻗﻮﻱ ﻭﻟﻪ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﻭﺫﻟﻚ ﻳﻨﺎﻓﻲ اﻟﺘﻮﻛﻞ ﻭاﻻﻧﺨﺮاﻁ ﻓﻲ ﺯﻣﺮﺓ اﻟﺬﻳﻦ ﻻ ﻳﺴﺘﺮﻗﻮﻥ ﻭﻻ ﻳﺘﻄﻴﺮﻭﻥ ﻭﻋﻠﻰ ﺭﺑﻬﻢ ﻳﺘﻮﻛﻠﻮﻥ ﻷﻥ اﻟﻌﺮﺏ ﻛﺎﻧﺖ ﺗﻌﺘﻘﺪ ﺗﺄﺛﻴﺮﻫﺎ ﻭﺗﻘﺼﺪ ﺑﻬﺎ ﺩﻓﻊ اﻟﻤﻘﺎﺩﻳﺮ اﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺔ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻓﻄﻠﺒﻮا ﺩﻓﻊ اﻷﺫﻯ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻫﻜﺬا ﻛﺎﻥ اﻋﺘﻘﺎﺩ اﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﻓﻼ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﺑﺄﺳﻤﺎء اﻟﻠﻪ ﻭﻛﻼﻣﻪ ﻭﻻ ﻣﻦ ﻋﻠﻘﻬﺎ ﺑﺬﻛﺮ ﺗﺒﺮﻛﺎ اﻟﻠﻪ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻛﺎﺷﻒ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺑﻪ. (ﺣﻢ ﺩ ﻫـ ﻛ ﻫﺐ) ﻓﻲ اﻟﻄﺐ ﻋﻦ اﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻗﺎﻝ اﻟﺤﺎﻛﻢ ﺻﺤﻴﺢ ﻭﺃﻗﺮﻩ اﻟﺬﻫﺒﻲ

هامش فتح الوهاب ج 2 ص 151
(مسألة : فى اقسام السحر وحكمه) السحر أنواع : منها السحر قوم نسوا للأفلاق والكواكب تأثيرا لكونه آلهة او ان الاله أعطاها قوة نافذة فى العالم وفوض تجبيره اليها, ومنها سحر أصحاب الأوهام الزائمين ان الانسان يبلغ بالتصفية ف القوة الى حيث يقدر على الايجاد والاعدام ولاحياء ولاماتة وقلب الاشكال وكلا النوعين كفر عملا وتعلما, ومنها التخييلات الآخذة بالعيون وهى بالشعوذة وما يجرى مجراها مناهار الامور العجيبة بواسطة ترتيب الآلات هندسية وخفة اليد والاستعانة بخواص الأدوية والاحجار وليست كفرا واطلاق السحر عليها تجوز وفى التحريم ان لم يترتب عليها مفسدة خلاف. ومنها الاستعانة بالأرواح الرضية بواسطة الرياضة وقرأة العزائم ال حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل جرى العادة بعض خوارق وهذا النوع قالت معتزلة انه كفر لأنه لايمكن معه معرفة صدق الرسل عليه صلاة وسلم للا لتباس, ورد بأن العادة الالهية جرت بصرف المعارضين للرسل عن اظهار خارق ثم التحقيق ان يقال ان كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا فى كامل ما يأتى ويدر وكان من يستعين به من الأرواح الخيرة وكانت عزائمه لا تخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده من الخوارق ضرر شرعى على أحد فليس ذلك من السحر بل من الاسرار والمعون والا فهو حرام ان تعلمه ليعمل به بل يكفر ان اعتقد حل ذلك فان يتعلمه ليتوقاه فمباح والا فمكروه. اهـ .
تيجان الدررى ص 5 – 6
والحاصل أن من اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر في مسببتها كالحرق والقطع والشبع والرى بذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة جعلها الله فيها ففى كفره قولان والأصح انه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق افعال نفسه الإختيارية بقوة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم لاقرارهم بأن قدرة العبد على ذلك من الله تعالى ومن اعتقد ان مؤثر هو الله تعالى لكن جعل بين الأسباب ومسببتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تأخرها فمتى وجد السبب فهو جاهل ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وان بين الأسباب وسبباتها تلازما عاديا بحيث يصح تأخرها فهو المؤمن الناجى ان شاء الله تعالى فالأقسام اربعة .....الخ

Kesimpulan

Berjualan mengunakan semacam azimat/penglaris selama tdk berkeyaqinan yg fasid dan tdk dgn cara2 dan benda2 yg di larang syariat itu boleh.
_______________
Secara rinci tafsiliyah nya sebagai berikut.

_apa Bila me yaqini bhw azimat yg mempunyai pengaruh tersendiri maka murtad.

_Jk azimat yg di yaqini berpengaruh dan memberi manfaat sehingga bertergabtungan kepada azimat tersebut dan tetapi  tdk melupakan bhaw Allah yg menetukan dan punya Kuasa
Maka hal yg demikian ITU dianggap KEBODOHAN DAN FASIK.
(Sebab hakikat nya azimat tidak mempunyai pengaruh apa2 melainkan Aallah semata)

jk azimat it hanya di jadikan pelantra sbb terjdi nya sswt dgn seizin Allah.
Mk itu boleh.
Selama tdk terbuat dr hal2 yg di larang syariat dan tdk melakukan hal2 yg bertentangan dgn syariat sperti mengunakan benda najis atau haram.

Tdk melakukan atau menbgukan yg bersifat bertentangan dgn syariat semacam persugIhan dan semacam nya.

Dan tdk dilakukan dgn cara bermkasiat dan mengakibatkan perbuatan maksiat.

Intinya aziamt itu sama skli tdk mmpunyai pengaruh dan tdk berpengaruh akan ttpu yg mmpunyai pengaruh Allah kekuatan Allah dgn izin Allah dan kehendak Allah
Melalui azimat tersebut jk memng kebetulan Allah berkehendak.

هامش فتح الوهاب ج ٢ ص ١٥١

(مسألة : فى اقسام السحر وحكمه) السحر أنواع : منها السحر قوم نسوا للأفلاق والكواكب تأثيرا لكونه آلهة او ان الاله أعطاها قوة نافذة فى العالم وفوض تجبيره اليها, ومنها سحر أصحاب الأوهام الزائمين ان الانسان يبلغ بالتصفية ف القوة الى حيث يقدر على الايجاد والاعدام ولاحياء ولاماتة وقلب الاشكال وكلا النوعين كفر عملا وتعلما, ومنها التخييلات الآخذة بالعيون وهى بالشعوذة وما يجرى مجراها مناهار الامور العجيبة بواسطة ترتيب الآلات هندسية وخفة اليد والاستعانة بخواص الأدوية والاحجار وليست كفرا واطلاق السحر عليها تجوز وفى التحريم ان لم يترتب عليها مفسدة خلاف. ومنها الاستعانة بالأرواح الرضية بواسطة الرياضة وقرأة العزائم ال حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل جرى العادة بعض خوارق وهذا النوع قالت معتزلة انه كفر لأنه لايمكن معه معرفة صدق الرسل عليه صلاة وسلم للا لتباس, ورد بأن العادة الالهية جرت بصرف المعارضين للرسل عن اظهار خارق ثم التحقيق ان يقال ان كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا فى كامل ما يأتى ويدر وكان من يستعين به من الأرواح الخيرة وكانت عزائمه لا تخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده من الخوارق ضرر شرعى على أحد فليس ذلك من السحر بل من الاسرار والمعون والا فهو حرام ان تعلمه ليعمل به بل يكفر ان اعتقد حل ذلك فان يتعلمه ليتوقاه فمباح والا فمكروه. اهـ .

تحفة المريد ص : ٥٨
فمن اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر فى مسبباتها الحرق والقطع والشبع والرى بطبعها وذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة خلقها الله فيها ففى كفره قولان والأصح أنه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق أفعال نفسه الإختيارية بقدرة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم ومن اعتقد المؤثر هو الله لكن جعل بين الأسباب ومسبباتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تخلفها فهو جاهل وربما جره ذلك إلى الكفر فإنه قد ينكر معجزات الأنبياء لكونها على خلاف العادة ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وجعل بين الأسباب والمسببات تلازما عادي بحيث يصح تخلفها فهو المؤمن الناجى إن شاء الله.

===================

Kutab Syamsul maarif

يجوز كتب العزائم التي ليس فيها شيئ من الأسماء التي لا يعرف معناها....

ان علم الأوفاق يرجع الى مناسبات الأعداد وجعلها على شكل مخصوص  وهذا كأن يكون بشكل من تسع بيوت مبلغ العدد من كل جهة خمسة عشر  وهو ينفع للحوائج وإخراج المسجون ووضع الجنين وكل ما هو من هذا المعنى وضابطه بطد زهج واح وكان الغزالي رحمه الله يعتني به كثيرا حتى نسب اليه ولا محذور فيه ان استعمل لمباح بخلاف ما اذا استعين به على حرام وعليه يحمل جعل القرافي الأوفاق من السحر

تحفة المريد ص : ٥٨
فمن اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر فى مسبباتها الحرق والقطع والشبع والرى بطبعها وذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة خلقها الله فيها ففى كفره قولان والأصح أنه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق أفعال نفسه الإختيارية بقدرة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم ومن اعتقد المؤثر هو الله لكن جعل بين الأسباب ومسبباتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تخلفها فهو جاهل وربما جره ذلك إلى الكفر فإنه قد ينكر معجزات الأنبياء لكونها على خلاف العادة ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وجعل بين الأسباب والمسببات تلازما عادي بحيث يصح تخلفها فهو المؤمن الناجى إن شاء الله.

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...