Label

Sabtu, 26 Agustus 2017

MENGELUARKAN SPERMA DI LUAR KEMALUAN ISTRI

KESIMPULAN TEAM DHF
MENGELUAR KAN SPERMA DI LUAR KEMALUAN ISTRI
------------------------------------
Assalamu alaikum.
Wr. Wb.
Mau tanya bagaimana hukumnya
Suami istri yg sedang berjimak
Tetapi air mani sang suami tidak di keluarkan didalam akan tetapi di keluarkan ?
Jawaban :
المجموع شرح المهذب
ﻗﺎﻝ اﻟﻤﺼﻨﻒ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ:
Hukum dasar memuntahkan sperma suami diluar Vagina istri,
Adalah makruh.
(ﻓﺼﻞ) ﻭﻳﻜﺮﻩ اﻟﻌﺰﻝ. ﻟﻤﺎ ﺭﻭﺕ ﺟﺬاﻣﺔ ﺑﻨﺖ ﻭﻫﺐ ﻗﺎﻟﺖ (ﺣﻀﺮﺕ ﺭَﺳُﻮﻝَ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺴَﺄَﻟُﻮﻩُ ﻋﻦ اﻟﻌﺰﻝ. ﻓﻘﺎﻝ: ﺫﻟﻚ اﻟﻮﺃﺩ اﻟﺨﻔﻰ (ﻭﺇﺫا اﻟﻤﻮءﻭﺩﺓ ﺳﺌﻠﺖ).
Namum hukum itu berkembang menjadi boleh, jika ternyata sang suami mendapatkan ijin dari istri atas tindakannya itu.
Sebab, "menumpahkan sperma kedalam Vagina istri" adalah hak bersama. Jadi, Jika keduanya sama-sama wellcom, maka no problem.
ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺣﺮﺓ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﺈﺫﻧﻬﺎ ﺟﺎﺯ ﻻﻥاﻟﺤﻖ ﻟﻬﻤﺎ،
Tetapi, jika tindakan sang suami tersebut tidak mendapatkan persetujuan istri, maka ada dua konsekwensi hukum atas perbuatannya itu.
1. Tidak haram (Makruh), sebab hak istri dalam kegiatan " Persetubuhan" hanya sebatas dia berhak bersenang2 saja. Sedangkan urusan "Memuntahkan sperma kedalam vaginanya" bukanlah murni haknya.
2. Haram, sebab dengan "memuntahkan sperma keluar vagina" dapat memutus keturunan dalam kondisi tidak terjadinya bahaya yang mengancamnya.
ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﺄﺫﻥ ﻓﻔﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ.
(ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ) ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻻﻥ ﺣﻘﻬﺎ ﻓﻲ اﻻﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﺩﻭﻥ اﻻﻧﺰاﻝ (ﻭاﻟﺜﺎﻧﻰ) ﻳﺤﺮﻡ ﻻﻧﻪ ﻳﻘﻄﻊ اﻟﻨﺴﻞ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺿﺮﺭ ﻳﻠﺤﻘﻪ
Dalam leterarur fiqih 'Azl diartikan sebagai tindakan suami mencabut penis dalam bersenggama ketika mendekati ejakulasi dan mengeluarkan sperma diluar rahim agar tidak terjadi pembuahan, secara hukum setidaknya ada empat pandangan berbeda mensikapi masalah Azl ini :
1. Boleh Secara Mutlak
Pendapat ini dilansir oleh kalangan Syafi'iyyah dengan berdasarkan hadits Shahih yang diriwayatkan dari Jabir Ra
وَعَنْ جَابِرٍ – رضي الله عنه – قَالَ : – كُنَّا نَعْزِلُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – وَالْقُرْآنُ يَنْزِلُ , وَلَوْ كَانَ شَيْئًا يُنْهَى عَنْهُ لَنَهَانَا عَنْهُ اَلْقُرْآنُ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ (١) .
وَلِمُسْلِمٍ : – فَبَلَغَ ذَلِكَ نَبِيَّ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَلَمْ يَنْهَنَا – (٢) .
1. "Kami melakukan Azl dimasa Rasululloh SAW sementara Alquran turun, jika saja hal itu larangan niscaya alQuran akan melarang kami melakukannya".
(Mutafaq 'Alaih/Sunan Ibnu Maajah. 1/ 620)
2. “Kami melakukan `azl pada masa Nabi SAW. Kabar tersebut sampai kepada beliau, tetapi beliau tidak melarangnya.
(HR Muslim)
Akan tetapi menurut An-Nawawy (Ulama' Syafiiyyah) dalam Syarh Muslim menegaskan apabila Azl dilakukan demi menghindari kehamilan hukumnya makruh secara mutlak baik ada kerelaan pihak istri atau tidak karena tindakan Azl dianggap memutus keturunan.
2. Makruh apabila ada HAJAT
Statement ini dipegang oleh kalangan Hanabilah dengan dasar beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar, Umar, Ali, Ibnu Umair dan Ibnu Umair yang membenci Azl karena dapat mengurangi jumlah keturunan yang dianjurkan syara' Sabda Nabi saw "Menikahlah kalian dan memperbanyak keturunan"
3. Boleh apabila ada kerelaan Istri
Pendapat ini Statemen dari Imam ahmad berdasarkan sebuah Hadits dari Umair yang diriwayatkan Ibnu Majah
هَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُعْزَلَ عَنْ الْحُرَّةِ إِلَّا بِإِذْنِهَا.
Dari ‘Umar ibn al-Khattab berkata: "Nabi melarang perbuatan `azl terhadap wanita merdeka kecuali seizinnya.
(HR Ibnu Maajah 1/620)
Perlunya kerelaan dari pihak istri ini dikarenakan istri memiliki Hak atas anak sehingga dengan tindakan Azl akan menghilangkan haknya namun apabila istri memberikan memberikan izin hukumnya tidak makruh.
4. Haram
Pendapat ini dilansir oleh kalangan Dhohiriyyah dengan tendensi hadits yang diriwayatkan dari Judzamah Ra
أن الصحابة سألوا رسول الله عن العزل فقال : ذلك الوأد الخفي
Sesungguhnya para shahabat bertanya tentang Azl, Nabi menjawab hal itu adalah pembunuhan anak dengan samar.
(HR. Muslim)
المجموع شرح المهذب
ﻗﺎﻝ اﻟﻤﺼﻨﻒ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ:
(ﻓﺼﻞ) ﻭﻳﻜﺮﻩ اﻟﻌﺰﻝ. ﻟﻤﺎ ﺭﻭﺕ ﺟﺬاﻣﺔ ﺑﻨﺖ ﻭﻫﺐ ﻗﺎﻟﺖ (ﺣﻀﺮﺕ ﺭَﺳُﻮﻝَ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺴَﺄَﻟُﻮﻩُ ﻋﻦ اﻟﻌﺰﻝ. ﻓﻘﺎﻝ: ﺫﻟﻚ اﻟﻮﺃﺩ اﻟﺨﻔﻰ (ﻭﺇﺫا اﻟﻤﻮءﻭﺩﺓ ﺳﺌﻠﺖ) ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﻭﻃﺊ ﺃﻣﺘﻪ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ، ﻻﻥ اﻻﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﺑﻬﺎ ﺣﻖ ﻟﻪ ﻻ ﺣﻖ ﻟﻬﺎ ﻓﻴﻪ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﻭﻃﺊ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻤﻠﻮﻛﺔ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ ﻻﻧﻪ ﻳﻠﺤﻘﻪ اﻟﻌﺎﺭ ﺑﺎﺳﺘﺮﻗﺎﻕ ﻭﻟﺪﻩ ﻣﻨﻬﺎ.
ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺣﺮﺓ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﺈﺫﻧﻬﺎ ﺟﺎﺯ ﻻﻥاﻟﺤﻖ ﻟﻬﻤﺎ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﺄﺫﻥ ﻓﻔﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ.
(ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ) ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻻﻥ ﺣﻘﻬﺎ ﻓﻲ اﻻﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﺩﻭﻥ اﻻﻧﺰاﻝ (ﻭاﻟﺜﺎﻧﻰ) ﻳﺤﺮﻡ ﻻﻧﻪ ﻳﻘﻄﻊ اﻟﻨﺴﻞ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺿﺮﺭ ﻳﻠﺤﻘﻪ
Fathul muin 1 hal 575 mktabah syamilah
ويكره بنحو يدها كتمكينها من العبث بذكره حتى ينزل لأنه في معنى العزل.
التذكرة فى الفقه الامام الشافعى جز 1 ص 97
ولا يجوز وطؤها في الحيض وبعده ما لم تغتسل، ولا في الدبر،
والعزل جائز، ويجبرها على ما يقف الاستمتاع أو كماله عليه
478 kifayatul akhyar juz 1
(فَائِدَة) لَو استمنى الرجل بيد امْرَأَته أَو أمته جَازَ لِأَنَّهَا مَحل استمتاعه وَفِي فَتَاوَى القَاضِي حُسَيْن لَو غمزت الْمَرْأَة ذكر زَوجهَا أَو سَيِّدهَا بِيَدِهَا كره وَإِن كَانَ بِإِذْنِهِ إِذا أمنى لِأَنَّهُ يشبه الْعَزْل والعزل مَكْرُوه وَنسخت إِبَاحَته وَالله أعلم
Jawahirul uqud 2 hal 41
فصل والعزل عَن الْحرَّة
وَلَو بِغَيْر إِذْنهَا جَائِز على الْمُرَجح من مَذْهَب الشَّافِعِي لَكِن نهى عَنهُ
فَالْأولى تَركه
وَعند الثَّلَاثَة لَا يجوز إِلَّا بِإِذْنِهَا
وَالزَّوْجَة الْأمة تَحت الْحر
قَالَ أَبُو حنيفَة وَمَالك وَأحمد لَا يجوز الْعَزْل عَنْهَا إِلَّا بِإِذن سَيِّدهَا
وَجوزهُ الشَّافِعِي بِغَيْر إِذْنه
Nihayatuz zain juz 2 hal 349
وتساحق النِّسَاء حرَام ويعزرن بذلك لِأَنَّهُ فعل محرم قَالَه القَاضِي أَبُو الطّيب وإثم ذَلِك كإثم الزِّنَا لقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم إِذا أَتَت الْمَرْأَة الْمَرْأَة فهما زانيان وَلَو استمنى الرجل بيد امْرَأَته أَو أمته جَازَ لِأَنَّهَا مَحل استمتاعه وَفِي فَتَاوَى القَاضِي لَو غمزت الْمَرْأَة ذكر زَوجهَا أَو سَيِّدهَا بِيَدِهَا كره وَإِن كَانَ بِإِذْنِهِ إِذا أمنى لِأَنَّهُ يشبه الْعَزْل والعزل مَكْرُوه وَالله أعلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...