Label

Kamis, 22 Februari 2018

HUKUM SOLAT MEMAKAI BAJU PARTAI /ADA GAMBARNYA

KESIMPULAN TEAM DHF
HUKUM SOLAT MEMAKAI BAJU PARTAI /ADA GAMBARNYA
__________________________________________________

PERTANYAAN:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ingin bertanya..
Apa hukumnya ketika kita sholat memakai baju partai dn ada gambar orangnya yg non muslim???

Terimakasih..

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
👉Hukum memakai kaos bergambar termasuk kaos partai.

*Ulama HANAFIYAH dan MALIKIYAH*  Menghukumi makruh, ,bahkan menirut salah satu ulama HANAFIYAH pengaramg kitanlb Al_kholasoh menyatakan kemakruhan tersebut secara mutlak baik sedang sholat maupun di luar sholat.

Hanya saja menurut ulama' hanafiya jika kaos bergambar tersebut di jadikan kaos dalam , atau misal pakai jaket atau baji lain nya sehingga gambar tersebut tertutupi maka hukum kemakruhan nya hilang (boleh di gunakan sholat).

✒ *MENURUT SYAFIIYAH* boleh (tidak makruh) menggunakan baju baju yang bergambar, asalakn gambar gambar tersebut bukan gambar gambar yang memicu kemungkaran (maksiat) misal gambar wanita telanjang yg tdk menutupi aurat.
Sedangkan di dalam sholat menurut syafiiyah menggunakan baju bergambar hukum nya makruh, sebb dapat mengganggu konsentrasi/khusyu' nya org yg sholat.
Adapun jika misal nya tidak mengganggu konsentrasi/ke khusyu'an  org lain maka tidak di makruhkan.

✒ *Sedangkan menurut imam Romliy*
Tetap makruh baik di gunakan di dalam keadaan gelap, sendirian ataupun gambar tersebut ada bagian belakang.

*Kalangan ULAMA' HANABILAH (MAZHAB IMAM AHMAD BIN HAMBAL)* berpendapat berbeda yang mana terdapat dua pendapat

*Pendapat pertama:*
Menggunakan pakaian bergambar hukum nya haram
Pendapat ini di kemukakan oleh imam ABU KHUTHOBI.

*pendapat yang kedua:*
Tidak lah haram hanya saja di makruhkan.
Pemdapat ini juga di kemukakan oleh ibnu taimiyah.

📚REFENISI:

👉 *Al.muhaddzab 1 hal 127 maktbah syamilah*
📔وتكره الصلاة في الثوب الذي عليه في الصور لما روت عائشة رضي الله عنها قالت: كان لي ثوب في صورة وكنت أبسطه فكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي إليه فقال لي: أخريه عني فجعلت منه وسادتين.

📗 *Nihayatul mukhtaj 2 hal 14 maktbah syamilah*
قوله: في ثوب فيه صورة) ظاهره، ولو أعمى أو في ظلمة أو كانت الصورة خلف ظهره أو ملاقية للأرض بحيث لا يراها إذا صلى عليه، وهو ظاهر تباعدا عما فيه الصورة المنهي عنها

📗 *Al-Mausuah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah , hlm. 13/122,*
يكره عند الحنفية والمالكية لبس الثياب التي فيها الصور، قال صاحب الخلاصة من الحنفية: صلى فيها أو لا، لكن تزول الكراهة عند الحنفية بما لو لبس الإنسان فوق الصورة ثوباً آخر يغطيها، فإن فعل فلا تكره الصلاة فيه. وعند الشافعية: يجوز لبس الثياب التي فيها صور، حيث نصوا على أن الصورة في الثوب الملبوس منكر، لكن اللبس امتهان له فيجوز حينئذ، كما لو كان ملقى بالأرض ويداس، والأوجه ـ كما قال الشرواني ـ أنه لا يكون من المنكر إذا كان ملقى بالأرض: أي مطلقاً. أما الحنابلة: فقد اختلف قولهم في لبس الثوب الذي فيه الصورة على وجهين: أحدهما: التحريم، وهو قول أبي الخطاب قدمه في الفروع والمحرر. والآخر: أنه مكروه ـ فقط ـ وليس محرماً، قدمه ابن تميم. ووجه القول بعدم التحريم أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إلا رقما في ثوب

📔 *تحفة المختاج ١١٧ جز ٢ مكتبة الشاملة*
وقوله م ر في ثوب فيه صورة ظاهرة ولو أعمى في ظلمة أو كانت الصورة خلف ظهره أو ملاقية للأرض بحيث لا يراها إذا صلى عليه، وهو ظاهر تباعدا عما فيه الصورة المنهي عنها ع ش.

📔 *نهاية الزين ٤٨*
و يكره يصلى فى ثوب فيه صورة

📗 *الفقه على مذاهب الاربعة ١/٢٥٢*
و منها ان يكون بين يديه ما يشغله من صورة حيوان او غيرها فاذا لن يشغله لا تكره الصلاة اليها و هذا عند المالكية و الشافعية 



[ والله اعلم بالصواب ]

Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...