Label

Rabu, 25 Oktober 2017

MENCABUTI RUMPUT DI PEMAKAMAN (KUBURAN)

KESIMPULAN TEAM DHF

MENCABUT RUMPUT DI PEMAKAMAN ( KUBURAN)
-------------------------------

pertanyaan:

assalamualaikum ustaduna"

aku mau nanyak ustad bagaimana hukumnya membersihkan rumput" d kuburan..?

demikian ustad makasih

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Mencabut rumput di pemakaman ( kuburan )

Hukum nya haram...

Alasan keharaman mencabut rumput yang terdapat di atas kuburan,sebab rumput yang berada di atas kuburan,ikut memintakan ampunan kepada mayyit yang berada di kuburan tersebut...

Tetapi jika hanya membersih kan di sekitar kuburan tersebut boleh,  sebagai wujud perawatan terhadap kuburan tersebut

Hal ini di jelaskan oleh:

Ibnu Abidin dalam hasyiyah roddul muhktar an Al Bahr wa Ad Darar ( Balaghotut Thulab)

Dan juga di kitab [ fathul mu'in juz:2 halaman:135 ]

Di jelaskan sebagai berikut:

disunahkan meletakan pelepah kurma yang masih hijau diatas kuburan karena mengikuti sunah rosul dan karenanya bisa meringankan mayit karena berkah bacaan tasbihnya .... dan diharamkan mengambil sesuatu dari keduanya selagi belum kering karena , pertama : menghilangkan hak mayit yang dilakukan oleh Nabi. Kedua : memutus hak mayit .

📖 REFERENSI:

Hasyiyah Roddul Mukhtar an  Al Bahr wa Ad Darar .  ( Balaghotut Thulab )

( مسئلة ث ) لا تجوز إزالة الحشيش الرطب من المقبرة لأنه مثل جريد المنصوص في الحديث بكونه يستغفر للميت مادم لارطبا. قلت وهذا عند الشافعية، وعند الحنفية جواز ذلك مع الكراهة كما نقله إبن عابدين في حاشية رد المختارعن البحر والدرار { بلاغة الطلاب }

Fathul Mu’in Juz : 2 Hal : 135

( مهمة ) يسن وضع جريدة حضراء على القبر للإتباع ولأنه يخفف ببركة تسبيحها إلى أن قال: ويحرم أخذ شيئ منهما مالم يبيسالما في أخذ الأولى من تفويت الميت الماءثور عنه صلى الله عليه وسلم وفي الثانية  من تفويت حق الميت
,-------------------------

( قوله ويحرم أخذ شيء منهما ) أي من الجريدة الخضراء ومن نحو الريحان الرطب وظاهره أنه يحرم ذلك مطلقا أي على مالكه وغيره
وفي النهاية ويمتنع على غير مالكه أخذه من على القبر قبل يبسه فقيد ذلك بغير مالكه وفصل ابن قاسم بين أن يكون قليلا كخوصة أو خوصتين فلا يجوز لمالكه أخذه لتعلق حق الميت به وأن يكون كثيرا فيجوز له أخذه…   ( وقوله من تفويت حظ الميت ) أي منفعته وهو التخفيف عنه ببركة تسبيحها

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[ Wallahu A'lam ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...