Label

Minggu, 17 September 2017

HUKUM ADZAN SAMBIL DUDUK

Dokument DHF 0003

HUKUM ADZAN SAMBIL DUDUK

==========================

assalamualaikum wr wb.
mw nnya nih ustad gmna hkumnya orang mngumandangkan azan sambil duduk. mhon pnjrlasannya ustad

Sail : Romli Doang Al-lampu Nion

Jawaban team DHF.

-Hukum mngmndangkn Adzan disunnahkan brdri.  Ini kspkatan ulama'.
-Boleh adzan duduk apa bila ada udzur
-Makruh adzan duduk apa bila tanpa adanya udzur.

Berikut uraiannya :

Semua ulama' sepakat mengenai disunatkannya berdiri saat adzan selama masih mampu untuk berdiri, kecuali menurut satu pendapat dari Abu Tsur yang memperbolehkan adzan sambil duduk meskipun tanpa ada udzur. Ketentuan hukum ini didasarkan pada hadits nabi :

يَا بِلاَلُ، قُمْ فَأَذِّنْ

Hai Bilal, berdirilah! Dan  kumandangkan adzan.
( H.R Imam Bukhori, No.595 )

Begitu juga semua mu'adzdzin rosululloh adzan sambil berdiri.
Dan jika tidak mampu berdiri karena ada suatu udzur, maka diperbolehkan adzan dengan duduk berdasarkan satu riwayat :

عَنِ الْحَسَنِ الْعَبْدِيِّ، قَالَ: رَأَيْتُ أَبَا زَيْدٍ، صَاحِبَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَتْ رِجْلُهُ أُصِيبَتْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، يُؤَذِّنُ وَهُوَ قَاعِدٌ.
Dari Al Hasan Al Abdi, ia berkata : Aku pernah melihat Abu Zaid, salah satu sahabat rosululloh-shollahu alaihi wasallam- adzan sambil duduk ketika kakinya terluka karena perang fi sabilillah.

(Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah, no.2217)

Dari kedua riwayat diatas disimpulkan bahwa duduk saat adzan tanpa adanya udzur hukumnya makruh.

------------------------------------
Referensi :

Al Ijma' Li Ibnul Mundzir, Hal : 38

وأجمعوا على أن من السنة أن يؤذن المؤذن قائمًا ، وانفرد أبو ثور فقال: يؤذن جالسا من غير علة

Al Mughni Li Ibnu Qudamah, Juz : 1 Hal : 307-308

فصل ينبغي أن يؤذن قائما
فصل: وينبغي أن يؤذن قائما، قال ابن المنذر: أجمع كل من أحفظ عنه من أهل العلم، أن السنة أن يؤذن قائما. وفي حديث أبي قتادة الذي رويناه، «أن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال لبلال قم فأذن» . وكان مؤذنو رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يؤذنون قياما. وإن كان له عذر فلا بأس أن يؤذن قاعدا قال الحسن العبدي: رأيت أبا زيد صاحب رسول الله - صلى الله عليه وسلم - وكانت رجله أصيبت في سبيل الله، يؤذن قاعدا رواه الأثرم.
فإن أذن قاعدا لغير عذر فقد كرهه أهل العلم، ويصح؛ فإنه ليس بآكد من الخطبة، وتصح من القاعد. قال الأثرم: وسمعت أبا عبد الله يسأل عن الأذان على الراحلة؟ فسهل فيه، وقال: أمر الأذان عندي سهل. وروي عن ابن عمر، أنه كان يؤذن على الراحلة، ثم ينزل فيقيم. وإذا أبيح التنفل على الراحلة، فالأذان أولى.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...