HUKUM MENGGERAKAN TANGAN SAAT AKAD NIKAH
PERTANYAAN
PERTANYAAN
Aslmkum. . .wb? Apa ada hukumnya ktka gerakan tangan penghulu
terus penerima mempelai laki2 jga menggerakan tangannya untk Qabiltu (saya
terma nikahnya sifulan) ada slah 1 penghulu tdak mengesahkan sipenerma
menggerakan tangnnya jga. Kyax nya penghulu bodoh
JAWABAN
Menggerakkan tangan bukan termasuk rukun nikah, sah nikahnya
wlwpun tidak mnggerakkan tangannya. Krena rukun nikah cuma 5 . pengantin pria,
pngantin wanita, wali, dua saksi, ijab qabul
(أَرْكَانه)أَي النِّكَاح خَمْسَة (زَوْجَة وَزوج وَولي وشاهدان) عدهما ركنا وَاحِدًا لعدم اخْتِصَاص أَحدهمَا بِشَرْط دون الآخر
بِخِلَاف الزَّوْجَيْنِ فَإِنَّهُ يعْتَبر فِي كل مِنْهُمَا مَا لَا يعْتَبر فِي
الآخر(وَصِيغَة وَشرط
فِيهَا)أَي الصِّيغَة (إِيجَاب كزوجتك أَو أنكحتك)موليتي فُلَانَة مثلا
نهاية
الزين ج١ ص٣٠٠
kami rasa itu hanya skedar tradisi, jd sah2 saja di lakukan,
bahkan jika skiranya di tinggalkan, akan timbul gejolak di masyarakat maka lbih
baik jgn di tinggalkan, spanjang tradisi tsb tdk haram, sdangkan menggoyang
tangan saat ijab qobul itu tdk ada larangan dlm agama
ﻭَﻗَﺎﻝَ
ﺍﺑْﻦُ ﻋَﻘِﻴﻞٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻔُﻨُﻮﻥِ ﻟَﺎ ﻳَﻨْﺒَﻐِﻲ ﺍﻟْﺨُﺮُﻭﺝُ ﻣِﻦْ ﻋَﺎﺩَﺍﺕِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ
ﺇﻟَّﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺮَﺍﻡِ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺗَﺮَﻙَ ﺍﻟْﻜَﻌْﺒَﺔَ
ﻭَﻗَﺎﻝَ ( ﻟَﻮْﻟَﺎ ﺣِﺪْﺛَﺎﻥُ ﻗَﻮْﻣِﻚِ ﺍﻟْﺠَﺎﻫِﻠِﻴَّﺔَ ) ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻋُﻤَﺮُ ﻟَﻮْﻟَﺎ
ﺃَﻥْ ﻳُﻘَﺎﻝَ ﻋُﻤَﺮُ ﺯَﺍﺩَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻟَﻜَﺘَﺒْﺖُ ﺁﻳَﺔَ ﺍﻟﺮَّﺟْﻢِ . ﻭَﺗَﺮَﻙَ
ﺃَﺣْﻤَﺪُ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻟِﺈِﻧْﻜَﺎﺭِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻟَﻬَﺎ،
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻔُﺼُﻮﻝِ ﻋَﻦْ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﻓَﻌَﻞَ ﺫَﻟِﻚَ
ﺇﻣَﺎﻣُﻨَﺎ ﺃَﺣْﻤَﺪُ ﺛُﻢَّ ﺗَﺮَﻛَﻪُ ﺑِﺄَﻥْ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺃَﻳْﺖ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﻟَﺎ
ﻳَﻌْﺮِﻓُﻮﻧَﻪُ، ﻭَﻛَﺮِﻩَ ﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻗَﻀَﺎﺀَ ﺍﻟْﻔَﻮَﺍﺋِﺖِ ﻓِﻲ ﻣُﺼَﻠَّﻰ ﺍﻟْﻌِﻴﺪِ
ﻭَﻗَﺎﻝَ : ﺃَﺧَﺎﻑُ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺘَﺪِﻱَ ﺑِﻪِ ﺑَﻌْﺾُ ﻣَﻦْ ﻳَﺮَﺍﻩُ . ( ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ
ﺍﺑﻦ ﻣﻔﻠﺢ ﺍﻟﺤﻨﺒﻠﻲ، ﺍﻵﺩﺍﺏ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ، ٢ /٤٧ )
“Imam Ibnu ‘Aqil berkata dalam kitab al-Funun,
“Tidak baik keluar dari tradisi masyarakat, kecuali tradisi yang haram, karena
Rasulullah SAW telah membiarkan Ka’bah dan berkata, “Seandainya kaummu tidak
baru saja meninggalkan masa-masa Jahiliyah…” Sayyidina Umar berkata:
“Seandainya orang-orang tidak akan berkata, Umar menambah al-Qur’an, aku akan
menulis ayat rajam di dalamnya.” Imam Ahmad bin Hanbal meninggalkan dua raka’at
sebelum maghrib karena masyarakat mengingkarinya. Dalam kitab al-Fushul
disebutkan tentang dua raka’at sebelum Maghrib bahwa Imam kami Ahmad bin Hanbal
pada awalnya melakukannya, namun kemudian meninggalkannya, dan beliau berkata,
“Aku melihat orang-orang tidak mengetahuinya.” Ahmad bin Hanbal juga memakruhkan
melakukan qadha’ shalat di mushalla pada waktu dilaksanakan shalat id (hari
raya). Beliau berkata, “Saya khawatir orang-orang yang melihatnya akan
ikut-ikutan melakukannya.” (Al-Imam Ibn Muflih al-Hanbali, al-Adab
al-Syar’iyyah, juz 2, hal. 47).
Jarak antara ijab qobul tdk hrs bersambung dgn serta merta jadi
Dalam aqad nikah jarak antara IJAB DAN QOBUL adalah dikembalikan pada 'urf
[kebiasaan], dan menurut Imam Qoffal jarak antara IJAB dan QOBUL dikatakan
berpisah secara lama / THOUL bila jawaban / qobul dari mempelai putra sudah
dianggap bukan jawaban dari ijab
tersebut.
]. . ﻭﺿﺒﻂ ﺍﻟﻘﻔﺎﻝ
ﺍﻟﻄﻮﻝ ﺑﺄﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺯﻣﻨﻪ ﻟﻮ ﺳﻜﺘﺎ ﻓﻴﻪ ﻟﺨﺮﺝ ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ ﻋﻦ ﻛﻮﻧﻪ ﺟﻮﺍﺑﺎ ﻭﻷﻭﻟﻰ ﺿﺒﻄﻪ ﺑﺎﻟﻌﺮﻑ .
ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ٣ /٢٧٧
Sebetulnya syarat ittishol
ijab-qobul di semua akad adalah sama, lihat Fiqih manhajii bab nikah
: ﺍﺗﺼﺎﻝ
ﺍﻹﻳﺠﺎﺏ ﺑﺎﻟﻘﺒﻮﻝ : ﻭﻣﻦ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻟﺼﻴﻐﺔ ﺃﻳﻀﺎ ﺃﻥ ﻳﺘﺼﻞ ﺍﻹﻳﺠﺎﺏ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﻟﻲ ﺑﺎﻟﻘﺒﻮﻝ ﻣﻦ ﺍﻟﺰﻭﺝ
، ﻓﻠﻮ ﻗﺎﻝ ﻭﻟﻲ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ : ﺯﻭّﺟﺘﻚ ﺍﺑﻨﺘﻲ ، ﻓﺴﻜﺖ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﻣﺪﺓ ﻃﻮﻳﻠﺔ ، ﺛﻢ ﻗﺎﻝ : ﻗﺒﻠﺖ
ﺯﻭﺍﺟﻬﺎ ، ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﻌﻘﺪ ، ﻟﻮﺟﻮﺩ ﺍﻟﻔﺎﺻﻞ ﺍﻟﻄﻮﻳﻞ ﺑﻴﻦ ﺍﻹﻳﺠﺎﺏ ﻭﺍﻟﻘﺒﻮﻝ ، ﻣﻤﺎ ﻳﺠﻌﻞ ﺃﻣﺮ
ﺭﺟﻮﻉ ﺍﻟﻮﻟﻲّ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺪﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﺰﻭﺍﺝ ﺃﻣﺮﺍً ﻣﺤﺘﻤﻼً ، ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺴﻜﻮﺕ ﺍﻟﻴﺴﻴﺮ : ﻛﺘﻨﻔﺲ ،
ﻭﻋﻄﺎﺱ ، ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﻳﻀﺮّ ﻓﻲ ﺻﺤﺔ ﺍﻟﻌﻘﺪ .
Sebagai bandingan akad jual beli,
lihat Fiqih manhajiy bab bai'
ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻲ ﺻﻴﻐﺔ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﻣﺎ
ﻳﻠﻲ : -1 ﺃﻥ ﻻ ﻳﻄﻮﻝ ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺑﻴﻦ ﺍﻹﻳﺠﺎﺏ ﻭﺍﻟﻘﺒﻮﻝ ﺑﻤﺎ ﻳُﺸﻌﺮ ﻋﺮﻓﺎً ﺑﺎﻹﻋﺮﺍﺽ ﻋﻦ ﺍﻟﻘﺒﻮﻝ ،
ﻭﻫﻮ ﻣﺎ ﻳﺴﻤﻰ ﺑﺎﺗﺤﺎﺩ ﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﻌﻘﺪ ، ﻓﻠﻮ ﺃﻭﺟﺐ ﺍﻟﺒﺎﺋﻊ ﺍﻟﺒﻴﻊ ، ﺛﻢ ﺣﺼﻞ ﺳﻜﻮﺕ ﻃﻮﻳﻞ ، ﺃﻭ
ﻛﻼﻡ ﺃﺟﻨﺒﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﻭﻻ ﺻﻠﺔ ﻟﻪ ﺑﻪ ، ﻭﻟﻮ ﻗﺼﺮ ﺍﻟﺰﻣﻦ ، ﺛﻢ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻤﺸﺘﺮﻱ ، ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﻌﻘﺪ
. ﻓﻠﻮ ﺍﺳﺘﻤﺮ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﻴﻊ ﺩﺍﺭ ﺣﻮﻟﻪ ، ﺛﻢ ﻗﺒﻞ ﺑﻌﺪ ، ﺻﺢّ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﻭﺇﻥ ﻃﺎﻝ ﺍﻟﻔﺼﻞ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar