Label

Sabtu, 17 Februari 2018

TINDAKAN RUMAH SAKIT YANG DHZOLIM

KESIMPULAN TEAM DHF

TINDAKAN RUMAH SAKIT YANG DHZOLIM
___________________________________________________

Pertanyaan :

assalamualaikum wr wb
ajeng tanglet

Bagaiman menurut pandangan fiqih menyikapi tindakan RS yang tidak menangani pasien yg sedang kritis /darurat sehingga meninggal dengan alasan  dari pihak keluarga belum membayar uang muka?
Apakah kasus tersebut termasuk sebagai pembunuhan?
Kalau tidak, hukuman apa yang sesuai menurut syara’?
monggo
wassalam

Jawaban :

وعليكم السلام

⏩Apabila pesien dalam keadaan kritis serta tidak mampu, tidak mempunyai keluarga yang mampu membiayai dan bukn MUHDDAR, maka dokter yg menangani jika dia muslim maka wajib berusaha untuk merawatnya dengan sebaik2nya baik dengan biaya dari dokter itu sendiri atau dari yang lain dengan cara wajib 'ain/wajib kifayah.

⏩Menyelamatkan orang yang dalam keadaan kritis adalah kewajiban kolektif/kifayah demi menjaga jiwa yang terhormat dari kematian, prnyataan fardu kifayah diatas berlaku terhadap orang yang mngrti/faham dan berjumlah lebih dari satu/banyak, sedangkan jika sendirian dalam arti tidak ada orang lain lagi yang mau menyelamatkan/menanganinya maka berubah menjadi kewajiban yang bersifat individual/'ain.
Secara  syar'i kewajiban membiayai tersebut berlaku terhadap semua orang yang mampu/kaya, paramiter yang dimaksud adalah setiap orang yang memiliki kelebihan untuk membiayai dirinya dan orang yang menjadi tanggungannya selama setahun, maka dia harus memberi pakaian kepada orang yang telanjang, memberi makan kepada orang yang lapar, melepaskan tawanan, juga dzimmi dengan konsekwensi khusus, membangun pagar batas negara, memberi bekal kepada penjaga berbatasan dan petugas yang menjaga ketentraman ummat termasuk diskripsi diatas dll. Jika hal diatas tidak teratasi oleh pihak yang berwenang.

📌 Fokus :

👉Tindakan rumah sakit diatas tdk dibenarkan scr syara' bgi pr dokter dan ahli wajib mnangani pasien utk mnylmatkn nyawanya.

👉Apa bila dokter dan para ahli rumah sakit tahu kondisi pasien dan hanya mmbiarkn bgtu saja tanpa mlkkn tndkn yg smstinya dm kslmtan nyawa pasien mk hemat kami termasuk dlm kategori pembunuhn secara berlahan2 mk tndkn demikian hukumnya haram.

👉 melalui prosedur hukum yg brlaku yaitu ditindak oleh aparat pngak hukum dan amir/penguasa sbgai efek jera dan pljaran bagi pihak yg brkwajiban sbagai medis lainnya.

📚 Referensi :

📓Kitab bughyatu al mustarsyidin hal. 251 :

(مسألة): يحرم على من لم يعرف الطب وقوانينه المعروفة عند أهله الإقدام على التطبب من الكتب المصنفة في ذلك من غير خبرة بمعرفة العلة جنساً ونوعاً، والتمييز بين البلدان والأزمان والأسنان، ويفسق بتعاطيه لذلك وتردّ شهادته، ويضمن ما تولد من تطببه لقوله عليه الصلاة والسلام: «من طبب ولم يعلم منه طب فهو ضامن» رواه أبو دواد والنسائي، ويعرف عدم تطببه بقول عدلين طبيبين غير عدوين، فلو قال غير العارف للمريض: ابلع هذا الدواء فبلعه، فإن كان مميزاً وجبت الدية، وإلا فالقصاص بشرطه، أما العارف بالطب فلا ضمان عليه إن كان صدوقاً عدلاً صاحب ذكاء وحذق ومهارة، بأن استفاض في الناس منه ذلك كله وصدقوه من كثرة تجاريبه في المعالجة، وعليه يحمل كلام من أطلق الضمان وعدمه

📓 وَهُوَ لُغَة التَّأْدِيب وَشرعا تَأْدِيب على ذَنْب لَا حد فِيهِ وَلَا كَفَّارَة غَالِبا وَمن غير الْغَالِب
- الى أن قال -
( وَيُعَزر) أَي الإِمَام أَو نَائِبه (لمعصية) لله أَو للآدمي (لَا حد) أَي لَا عُقُوبَة (لَهَا وَلَا كَفَّارَة غَالِبا)
- الى أن قال -
وَلَو عَفا مُسْتَحقّ الْحَد فَلَا يجوز للْإِمَام التَّعْزِير وَلَا الْحَد أَو مُسْتَحقّ التَّعْزِير فَلهُ التَّعْزِير لتَعَلُّقه بنظره وَإِن كَانَ لَا يَسْتَوْفِيه إِلَّا بعد طلب مُسْتَحقّه وَلَا يجوز تَركه إِن كَانَ لآدَمِيّ عِنْد طلبه

نووي الجاوي، نهاية الزين، ص ٣٥٦

📓 اعانة الطالبين ٤/٢٠٧
باب الجهاد
(هو فرض كفاية كل عام)،،،،
وفروضها كثيرة (كقيام بحجج دينية)،،،،
(ودفع ضرر معصوم) من مسلم وذمي ومستأمن جائع لم يصل لحالة الاضطرار
_______
( ﻭﻗﻮﻟﻪ : ﻟﻢ ﻳﺼﻞ ﻟﺤﺎﻟﺔ ﺍﻻﺿﻄﺮﺍﺭ ‏) ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻭﺻﻞ ﺇﻟﻴﻬﺎ ﻓﻴﺠﺐ ﺇﻃﻌﺎﻣﻪ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﻦ ﻋﻠﻢ ﺑﻪ، ﻭﻟﻮ ﻟﻢ ﻳﺰﺩ ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻩ ﻋﻦ ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺳﻨﺔ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻳﺤﺘﺎﺟﻪ ﻋﻦ ﻗﺮﺏ

تحفة المحتاج ٩/٢٢١
وَمِنْهُ يُؤْخَذُ أَنَّهُ لَوْ سُئِلَ قَادِرٌ فِي دَفْعِ ضَرَرٍ لَمْ يَجُزْ لَهُ الِامْتِنَاعُ وَإِنْ كَانَ هُنَاكَ قَادِرٌ آخَرُ، وَهُوَ مُتَّجَهٌ لِئَلَّا يُؤَدِّيَ إلَى التَّوَاكُلِ

📓 بغية المسترشدين. ٢٥٣

التفاط المنقود. فرض كفاية. صيانة للنفس المحترمة عن الهلاك،وقول المخشي على قوله، فرض كفاية ، على من علم به وتعدد،فإن انفرد ففرض عين، انتهى من الحقوق الواجبة شرعاعلى غني،وحده من ملك زيادة على كفاية سنة ولممونة،سترعورة العاري ومابقي بدنه من مبيح تيمم واطعام الجائع وفك اسير،وكذا ذمي بنفصيله،وعمارة سوربلد،وكفاية القائمين بحفظها والقيام بشأن نازلة نزلت للمسلمين.. وغيرذلك ان لم تندفع بنحوزكاة وكفارة ووقف وسهم المصالح من بيت المال.

📚 Ibaroh pendukung.

Bughyatul mustarsyidin. 254
Fathul wahab. 2/128
Al mahalli. 4/96
Kifayatul akhyar. 2/201
Al. Mahlli 3/123
Al bughyah 253

والله أعلم بالصواب

http://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...