Label

Sabtu, 17 Februari 2018

TATACARA MENAGIH HUTANG

KESIMPULAN TEAM MUSYAWIRIN DHF

TATACARA MENAGIH HUTANG
—————————————————————————

Pertanyaan :

Assalamualaikum Wr Wb
Saya mau tanya tentang tata cara menagih hutang dalam hukum Fiqh
Karena ini sangat riskan sekali
Takut ada dosa saat kita menagih hutang
Terima kasih sebelumnya
Wassalamualaikum Wr Wb

Jawaban :

وعليكم السلام

Tatacara menagih hutang adalah sesuai dengan prosedur yang berlaku pada saat akad hutang piutang terjadi, yang diatur dalam perundang2an hukum islam
Sebaiknya menagih hutang ketika sudah jatuh tempo pada wktu yg disepakati.

👉Diminta secara baik2 sopan dan Tdak arogan
👉Musyawaroh sebagaimana kita akad hutang piutang terjadi
👉Tidak memaksa dan dipaksa sehingga trcipta saling rela.

NOT :
➡ sesorang yg tidak mau bayar hutang padahal dia ada harta, mk penghutang boleh mngmbil harta dr sipenghutang. Jika itu sbgai  Alternatif trkhir utk mngmbil haknya.

⏩Surat Al Baqoroh. 280
وان كان ذوعسرة فنظرة الى ميسرة وان تصدقواخيرلكم ان كنتم تعلمون.
Dan apabila yg berhutng itu dlm kesempitn, mk harus diberi tempo smpai lapang, dan apabila kalian bersodaqoh mk it lbh baik utk klian, jk kamu mengetahui.

▶Hadist  As'ad bin zurarah, Nabi bersabda :
من سره ان يظله الله يوم لاظل الاظله فلييسر على معسراوليضع عنه.
Riwayat At thabroni.

📚 Referensi :

📓 Tarsihul mustarsyidin 233

و يجب على المقترض رد المثل فى المقلى و هو النقود و الحبوب و لو نقدا ابطله السلطان لانه اقرب الى حقه و رد المثلى سورة فى المتقوم و هو الحيوان و الثياب و الجواهر
Wajib bagi orang yang berhutang benda yang ada padanya (mitsli) untuk mengembalikan dengan benda yang sama misal nuqud,biji-bijian meski nuqud tersebut telah diperbaharui oleh pemerintah,karena pengembalian dengan benda yang sama adalah lebih mengarah kepada haknya. Dan wajib mengembalikan peminjaman mitsil suroh (sama bentuknya) pada sesuatu yang dihitung dengan nilai yaitu hewan,pakaian dan perhiasan.

📓 حاشية الجمل الجزء 5 صحـ
: 410 مكتبة دار الفكر( وَإِنْ اسْتَحَقَّ ) شَخْصٌ ( عَيْنًا ) عِنْدَ آخَرَ ( فَكَذَا ) تُشْتَرَطُ الدَّعْوَى بِهَا عِنْدَ حَاكِمٍ ( إنْ خَشِيَ بِأَخْذِهَا ضَرَرًا ) تَحَرُّزًا عَنْهُ وَإِلا فَلَهُ أَخْذُهَا اسْتِقْلالا لِلضَّرُورَةِ ( أَوْ ) اسْتَحَقَّ ( دَيْنًا عَلَى غَيْرِ مُمْتَنِعٍ ) مِنْ أَدَائِهِ ( طَالَبَهُ ) بِهِ فَلا يَأْخُذُ شَيْئًا لَهُ بِغَيْرِ مُطَالَبَةٍ وَلَوْ أَخَذَهُ لَمْ يَمْلِكْهُ وَلَزِمَهُ رَدُّهُ وَيَضْمَنُهُ إنْ تَلِفَ عِنْدَهُ ( أَوْ ) عَلَى ( مُمْتَنِعٍ ) مُقِرًّا كَانَ أَوْ مُنْكِرًا ( أَخَذَ ) مِنْ مَالِهِ وَإِنْ كَانَ لَهُ حُجَّةٌ ( جِنْسَ حَقِّهِ فَيَمْلِكُهُ ) إنْ كَانَ بِصِفَتِهِ وَإِلا فَكَغَيْرِ الْجِنْسِ وَسَيَأْتِي وَعَلَيْهِ يُحْمَلُ قَوْلُ الاصْلِ فَيَتَمَلَّكَهُ وَعَلَى الاوَّلِ يُحْمَلُ قَوْلُ الْبَغَوِيّ وَالْمَاوَرْدِيِّ وَغَيْرِهِمَا يَمْلِكُهُ بِالاخْذِ أَيْ فَلا حَاجَةَ إلَى تَمَلُّكِهِ (ثُمَّ) إنْ تَعَذَّرَ عَلَيْهِ جِنْسُ حَقِّهِ أَخَذَ ( غَيْرَهُ ) مُقَدِّمًا النَّقْدَ عَلَى غَيْرِهِ ( فَيَبِيعُهُ ) مُسْتَقِلا كَمَا يَسْتَقِلُّ بِالاخْذِ وَلِمَا فِي الرَّفْعِ إلَى الْحَاكِمِ مِنْ الْمُؤْنَةِ وَالْمَشَقَّةِ وَتَضْيِيعِ الزَّمَانِ اهـ

والله أعلم بالصواب
http://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...