Label

Selasa, 20 Februari 2018

STATUS DARAH ORANG MELAHIRKAN MELALUI OPERASI CESAR

KESIMPULAN TEAM DHF

STATUS DARAH ORANG MELAHIRKAN MELALUI OPERASI CESAR
——————————————————————————

Partanyaan :

Pertanyaan titipan
Sailnya @⁨Najih⁩

Assalamu'alaikum ustadz..
Apakah seorang wanita yg melahirkan secara cesar -itu memiliki penerapan hukum yg sama dlm hal darah yg keluar jg ttg mandi wajib yg harus d kerjakan-.dg wanita yg melahirkan scr normal.. .mohon pnjelasanya ustadz..

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

☑Termasuk hal-hal yang MEWAJIBKAN MANDI

Adalh wiladah dan nifas (pasca melahirkan)

Mandi Wiladah ialah mandi pasca melahirkan, di sebabkan keluarnya anak dari rahim wanita melaui jalan smestinya (farj)  baik kluarnya anak tersebut basah ataupun kering.

👉Maka seiring berkembangnya tecnologi ilmu kedokteran, kini berkembang pula yg nama nya oprasi caesar.

👉Maka sebagai mana pertanyaan sail , jauh sebelm itu terjadi fuqoha' sudah membahas nya dan memberikan penjelsan hukum secara mendetaile di dalam kitab kitab fiqih yg muktabar.

➡Berikut penjelasan nya:

Melahirkan mewajibkan mandi jika keluarnya bayi melalui jln semestinya (farj)

namun bila tidak melalui jln semestinya, seperti melalui oprasi/ bedah cesar,maka ada dua pendapat ulama'

✒Pendapat pertama:
tetep mewajibkan mandi, ini merupakan pendapat/ qaul adzhar para fuqoha'

✒sedangkan  pendapat yang kedua:
mengatakan tidak wajib.


☑Pembahasan selanjutnya adalh soal.darah NIFAS NYA:

DARAH NIFAS adalh
Nifas adalah darah yang keluar setelah sempurnanya melahirkan.
(Setelah anak tuntas keluar dr rahim, kemudian keluar darah maka itulah yg di sebut darah nifas)

👉 Paling sedikitnya nifas adalah sebentar (seludahan) dan paling banyak 60 hari dan umumnya 40 hari.

Kemudian bagaimana jika kasus nya adalah melahirkan secra oprasi..??

✅Maka darah yg keluar sesudah/pasca melhairkan (oprasi caesar) tadi jika memng keluar dari farj (kemaluan) maka di namakan darah nifas,
Adapun darah yg keluar dr bekas luka oprasi maka bukan darah nifas.

Artinya setiap darah yg keluar dari farj wanita yg melahirkan baik secra normal atau pun melalui oprasi maka tetap di namakan  DARAH NIFAS dan wajib mandi sesudah darah itu berhenti.

❗CARA MANDI NYA:

Mandi wiladah di lakukan sesudah melahirkan jika tdk keluar nifas.

👉Tetapi jika stelah wiladah kluar darah nifas maka mandi wiladah nya di lakukan setelah berhentinya  darah nifas (tidak boleh mandi wiladah dalam ke adaan kluar darah nifas)

👉Stelah darah nifas berhenti maka boleh mandi dua kali yaitu mandi wiladah dan mandi nifas.

👉Boleh juga satu kali mandi di niati dua yaitu niat mandi  menghilngkan hadast nifas dan hadast  wiladah.

✒sebagaimana di jelaskan di dlm kitab al_baijuriy.

ومن اجتمعت عليه اغسال فان فان تمحضت واجبة كفاه نية واحدة منها
Dan siapa yg di haruskan mandi dg 2 penyebab atau lebih  bila penyebab tersebut sama-sama wajibnya maka cukup mandi 1kali dg 1 niat dr salah satu dr penyebab tersebut
اومندوبة كذلك
Atau sama-sama sunnatnya maka sama dg yg sama-sama wajibnya
اوبعضهاواجب وبعضهامندوبة كغسل الجنابة وغسل الجمعة فان نواهما حصلا معااواحدهماحصل مانواه. الباجوري /٧5/١

Atau kedua penyebab itu yg satu wajib dan yg satunya sunnat spert mandi junub dan mandi jum'at  bila mandinya di niati untk kedua-duanya maka di hasilkan semua dan bila niati untk salah satunya saja maka hasil yg di niati saja
والله اعلم

📚 referensi :

📓الشافعية قالوا : يشترط في تحقق أنه دم نفاس أن يخرج الدم بعد فراغ الرحم من الولد بأن يخرج كله فلو خرج بعض الولد أو أكثره لا يكون دم نفاس ومعنى كونه عقب الولادة أن لا يفصل بينه وبينها خمسة عشر يوما فأكثر وإلا كان دم حيض أما الدم الذي يصاحب الولد وينزل قبل الطلق فليس هو دم نفاس بل هو دم حيض إن كانت حائضا لأن الحامل قد تحيض عندهم كما تقدم وإن لم تكن حائضا فهو دم فاسد


📓الموسوعة الفقهية :

18 - لما كان النفاس هو الدم الخارج من الفرج عقب الولادة ، فقد نص الحنفية على أنه إذا ولدت من سرتها- مثلا- وسال منها دم لا تكون نفساء ، بل هي صاحبة جرح ما لم يسل من فرجها ، لكن يتعلق بالولد سائر أحكام الولادة .


📓[ BUJAIROMI 'alal khotib juz awal hal.232-233 ].

📓( حاشية الشرقاوي الجزأ الاول .ص ١٥٥-١٦١ )

ومو جبه ) اى موجب الغسل ) ستة ) جنابة - وموت - وحيض -ونفاس -ونحو الولادة ( من إلقاء علقة او مضغة ولو بلا بلل لان الولد ونحوه مني منعقد - ( قوله ولو بلا بلل ) أشار إلى ان الولادة مو جبة للغسل وان لم يحصل نفاس لانها مظنة لخروج شيئ منه ثم نزلت المظنة منزلة اليقين ثم انتقل الى جعل نفس الولادة موجبة للغسل ، وان لم يوجد نفاس .فيجب الغسل بالولد الجف ،--ونجاسة بدن اوبعضه واشتبه عليه تنزيها عنها ولتصح صلاته

📓حاشية البجيرمي على الخطيب، الجزء الأول، ص :205

قال الشوبري فيما كتبه على المنهاج ولو ولدت من غير طريقه المعتاد فالذي يظهر وجوب الغسل أخذا مما قالوه من ثبوت أمية الولدبه ومما بحثه م ر فيما لوقال إن ولدت فأنت طالق فألقته من غير طريقه المعتاد حيث لم يقع، فليحرر، وقد يتجه عدم وجوب الغسل، لأن علته خروج المني، ولاعبرة بخروجه من غير طريقه المعتاد مع إنفتاح الأصلي. وقد يفرق بينه وبين ما مر. إنتهى ما قاله ق ل ( ألشهاب أحمد ألقليوبي )، أ ج ( عطية الأجهوري ) . وقوله وقد يفرق بينه أي بين عدم وجوب الغسل وبين ثبوت أمية الولد ووقوع الطلاق. وصورة الفرق أن أمية الولد منوطة بالولادة وقدحصلت، ولو من غير طريقها المعتاد. ووجوب الغسل بخروج المني من طريقه ولم يوجد. قلت؛ وقد يرد الفرق، ويقال بوجوب الغسل بأنه إنما وجب هنا للولادة لا لخروج المني، بقيده الذي ذكره ، فالولادة غير خروج المني، والغسل يجب بكل منهما. فإذا كان الخارج منيا تقيد بمحله كما ذكر، والولادة لا تتقيد, إذ المقصود خروج الولد من أي محل ، فليتأمل، ذكر ذلك م د ( محمد المدابغي ). وعبارة الاطفيحي : وينبغي أن يأتي فيه ما تقدم من التفصيل في إنسداد الفرج بين الأصلي و العارض، فإن كان الإنسداد أصليا: قيل لها ولادة وكانت مو جبة للغسل ، و إلا فلا، لأن خروج الولد من جنبها مثلا مع إنفتاح فرجها لا يسمى ولادة.

والله أعلم بالصواب
http://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...