Label

Selasa, 13 Februari 2018

HUKUM BERJEMAAH DENGAN PACAR/TUNANGAN

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM BERJEMAAH DENGAN PACAR/TUNANGAN
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*Pertanyaan* :
Mau.tanya gimna hukumnya  sholat  berjamah dgan pacar atau tunaganya disela pergi main

JAWABAN:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

HUKUM LAKI-LAKI BERDUAAN BERJAMAAH dengan wanita, sebagai mana kasus di atas.

Menurut ulama' haromain, dan pengarang kitab Al _Uddah yg menuqil dari perkataan imam Syafi'i Hukum nya adalah HARAM.

SEDANGKAN MENURUT JUMHUR ULAMA' sebatas   makruh tahrim (sah SHOLAT nya tapi haram melakukan nya)  serta tdk dapat Fadilah sholat jamaah nya.

Catatan:
HUKUM Haram atau
Kemakruhan (makruh tahrim tersebut)
Bila mana terjadi khulwah (berduaan) karena rentan bterjadinya fitnah.

👉Oleh karena itu dapat di tarik kesimpulan bahwa tidak di makruhkan jika tdk sampai terjadi khulwah (berduaan) misal dimasjid banyak jamaah lain nya (meskipun tidak ikut SHOLAT)
Dan di antara imam dan makmum nya ada satir (pemisah)
Krn illat ke haraman/ makruhan tahrim tersebut bila mana terjadi khukwah (berduaan) sehingga di khawatirkan timbul fitnah/syahwat.
Sedangkan jika tidak ada illat tersebut maka hilanglah kemakruhan nya.

Sebagai mana dalam kaidah fiqih:
الحكم منوط بالعلة وجودا وعداما

👉Adapun jika imam nya laki laki, jamaah nya para wanita (tdk sendiri) maka boleh (tdk di makruhkan)
Sebab sudh tidak termasuk khulwah lagi.
Sebagai mana fatwa jumhur ulama'.

Sedangkan menurut hikayat IMAM al-qodiy Abu futuh di dalam kitab nya (al_khomasiy) terdapat dua pendapat.  Sebagaimana yg di hikayat kan oleh pengarang kitab al_bayaan.
Yakni

Pendapat pertama: boleh (tidak di makruhkan)

Pendapat ke dua:
Di hukumi makruh.
(Tidak dapat Fadilah jama,ah)

👉Begitu juga boleh HUKUM nya jika jama'ah nya wanita yang masih ada kaitan mahram.
Sebab berduaan dgn mahram tidak lah haram.

📚Referensi :

sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا كَانَ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ

’”Jangan sampai seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan. Jika terjadi makhluk ketiganya adalah setan.”
(HR. Ahmad 177, Turmudzi 2165)’

Beliau juga bersabda,

لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ

”Jangan sampai seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan, kecuali dia ditemani mahramnya.”
(HR. Bukhari 5233 dan Muslim 1341)’

📙المجموع شرح المهذب
قال المصنف - رحمه الله تعالى - : ( ويكره أن يصلي الرجل بامرأة أجنبية ; لما روي أن النبي قال : { لا يخلون رجل بامرأة فإن ثالثهما الشيطان } ) .
( الشرح ) المراد بالكراهة كراهة تحريم ، هذا إذا خلا بها .
قال أصحابنا : إذا أم الرجل بامرأته أو محرم له ، وخلا بها جاز بلا كراهة ; لأنه يباح له الخلوة بها في غير الصلاة ، وإن أم بأجنبية وخلا بها حرم ذلك عليه وعليها ، للأحاديث الصحيحة التي سأذكرها إن شاء الله - تعالى ، وإن أم بأجنبيات وخلا بهن فطريقان : قطع الجمهور بالجواز ، ونقله الرافعي في كتاب العدد عن أصحابنا .
ودليله الحديث الذي سأذكره إن شاء الله - تعالى ، ولأن النساء المجتمعات لا يتمكن في الغالب الرجل من مفسدة ببعضهن في حضرتهن .
وحكى القاضي أبو الفتوح في كتابه في الخناثى فيه وجهين : .
وحكاهما صاحب البيان عنه ( أحدهما ) : يجوز ( والثاني ) : لا يجوز خوفا من مفسدة ونقل إمام الحرمين وصاحب العدة في أول كتاب الحج في مسائل استطاعة الحج أن الشافعي نص على أنه يحرم أن يصلي الرجل بنساء منفردات إلا أن يكون فيهن محرم له أو زوجته ، وقطع بأنه يحرم خلو الرجل بنسوة إلا أن يكون له فيهن محرم ، والمذهب ما سبق ، وإن خلا رجلان أو رجال بامرأة فالمشهور تحريمه ; لأنه قد يقع اتفاق رجال على فاحشة بامرأة وقيل : إن كانوا ممن تبعد مواطأتهم على الفاحشة جاز وعليه يتأول حديث ابن عمرو بن العاص الآتي .

📙Syarh Zadul Mustaqni’, 3/149
وإذا خلا بأجنبية فإنه منهي عن هذه الخلوة لقوله عليه الصلاة والسلام: ما خلا رجلٌ بامرأة إلا كان الشيطان ثالثهما، وقال: (ألا لا يخلون رجلٌ بامرأة) فهذا نهي، قالوا: وبناءً على ذلك لا يصلي الرجل الأجنبي بالمرأة الأجنبية على خلوة؛ لأنه قد يخرج عن مقصود الصلاة إلى الفتنة

📙al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, 4/278

ونقل إمام الحرمين وصاحب العدة.. أن الشافعي نص على أنه يحرم أن يصلي الرجل بنساء منفردات إلا أن يكون فيهن محرم له أو زوجة وقطع بانه يحرم خلوة رجل بنسوة إلا أن يكون له فيهن محرم

📙al-Muhadzab, 1/183

ويكره أن يصلي الرجل بامرأة أجنبية ; لما روي أن النبي قال : لا يخلون رجل بامرأة فإن ثالثهما الشيطان

📙al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, 4/277

المراد بالكراهة كراهة تحريم هذا إذا خلا بها: قال أصحابنا إذا أم الرجل بامرأته أو محرم له وخلا بها جاز بلا كراهة لأنه يباح له الخلوة بها في غير الصلاة وإن أم بأجنبية وخلا بها حرم ذلك عليه وعليها للأحاديث الصحيحة
📙(as-Syarh al-Mumthi’, 4/251).

إذا خَلا بها فإنَّه يحرُمُ عليه أن يَؤمَّها ؛ لأنَّ ما أفضى إلى المُحَرَّمِ فهو محرَّمٌ

📙فقه العبادات - شافعي (ص: 411)

يكره أن يصلى الرجل بامرأة أجنبية لحديث ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ( لا يخلون رجل بامرأة إلا مع ذي محرم ) . أما إن أم أجنبيات فيجوز

Wallahu a'lam bish showab

Blog DHF
diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...