Label

Selasa, 05 Desember 2017

WANITA HAID MASUK MASJID

KESIMPULAN TEAM DHF
WANITA HAID MASUK MASJID
____________
*PERTANYAAN*

اسلام عليكم ورحمةالله
Bagaimana Hukum Wanita Haid Masuk Masjid

*JAWABAN*
وعليكم سلام

📒Jika hanya Sekedar masuk masjid boleh bagi wanita haidl, bila ada hajat Dan aman dari menetesnya darah.

menurut qiel makruh tanzih,

Adapun masalah lewat di masjid bagi wanita Haid yang aman   Dr netesnya darah
Ada dua pendapat

📓Pendapat pertama:
Tidak makruh
Disamakan dengan orang junub.

📓Pendapat kedua:
Makruh



📒wal hasil:
wanita haid yang ingin masuk masjid hanya ingin sekedar lewat saja, karena ada suatu keperluan (hajat). tidak khawatir menetes darahnya maka boleh, tapi jika berdiam diri di dalam masjid maka haram.


📔 [ Albajuri juz 1 hal 114-115 cetakan al-hidayah ]. 
واما المكث فحرام عليهما ومثله التردد لقوله صلى الله عليه وسلم لا احل المسجد لحائض ولا لجنب رواه ابو داود 
Adapun berdiam diri di masjid maka haram bagi keduanya (orang haid dan junub). Sebagaimana haram berdiam diri adalah berlalu lalang (bolak-balik). Karena ada hadis Nabi SAW yg menyatakan tidak dihalalkan masjid bagi orang yang haid dan orang yang junub. [ HR.Abu dawud ].


📒Adapun sebagian orang (qaum tekstualis) yang menghukumi boleh bagi wanita ber diam di masjid (pendapat tersebut tidak benar)
Yg berdalil
Berdasarkan hadits dari Siti Aisyah:

قالت: قال لى رسول الله صلى الله عليه وسلم: " ناولينى الخمرة من المسجد ". قالت: فقلت: إنى حائض. فقال: " إن حيضتك ليست فى يدك ".

Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya, “Ambilkan untukku khumroh (sajadah kecil) di masjid.” “Sesungguhnya aku sedang haid”, jawab ‘Aisyah. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya haidmu itu bukan di tangan mu” (HR. Muslim no. 298).

📙Syarah hadits di atas:
Maksud hadits tersebut:

Pada saat itu Rasulullah sedang i'tikaf di masjid, kemudian meminta sajadah kepada Aisyah sedangkan Aisyah sdg Haid.

📙Lalu Rasulullah bersabda:
Haid mu bukan di tangan mu

Mafhum nya:
Tangan Siti Aisyah yang masuk dalam masjid saat menyodorkan sajadah tersebut.

Hadist tersebut bukan menunjukkan kebolehannya wanita haid masuk masjid.

Dan hadits tersebut hanya sekedar menjelaskan bahwa wanita haid atau orang Junub tidak najis (suci) sehingga boleh bersentuhan, berkatifitas lain nya.

📒Adapun imam qutubi mengambil mafhum dari hadits tersebut.

Bagi wanita haidl apabila ada hajat boleh masuk masjid dengan syarat.
(Tanpa berdiam diri)

Anggota badan nya tidak ada NAJIS nya, sebab larangan masuk masjid bagi wanita haid karena takut keluar darah nya netes di masjid.

📒Sedangkan menurut jumhur ulama' qaul yg muktamad illat keharamannya sebab HADAST nya.

Yang artinya meskipun aman dari netesnya darah tetap haram bagi wanita haid berdiam di masjid

📚*REFERENSI*
📔اكمال المعلم في فوائد مسلم ٢ ص ١٣١ مكتبة الشاملة
صلى الله عليه وسلم وأنا حائض.
١١ - (٢٩٨) وحدثنا يحيى بن يحيى وأبو بكر بن أبى شيبة وأبو كريب - قال يحيى: أخبرنا. وقال الآخران: حدثنا أبو معاوية - عن الأعمش، عن ثابت بن عبيد، عن القاسم بن محمد، عن عائشة؛ قالت: قال لى رسول الله صلى الله عليه وسلم: " ناولينى الخمرة من المسجد ". قالت: فقلت: إنى حائض. فقال: " إن حيضتك ليست فى يدك ".


📔بحر المذهب للرويانى ١ ص ١٧٥ مكتبة الشاملة
مسألة: قال: وإن أدخل الجنب أو الحائض أيديهما في الإناء ولا نجاسة فيهما لم يضره".
وهذا كما قال أعضاء المحدث والجنب والحائض هي طاهرة, لما روى أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لعائشة- رضي الله عنها- "أنا وليني الخمرة منالمسجد" فقالت: أنا حائض فقال: "ليست حيضتك في يدك". وروى أنها كانت تغسل رأس رسول الله صلى عليه وسلم وهي حائض.
وروي عن أبي ذر- رضي الله عنه- قال: لقيني رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا جنب فسلم علي

١٢ - (...) حدثنا أبو كريب، حدثنا ابن أبى زائدة عن حجاج وابن أبى غنية، عن ثابت بن عبيد، عن القاسم بن محمد، عن عائشة قالت: أمرنى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أناوله الخمرة من المسجد. فقلت: إنى حائض. فقال: " تناوليها، فإن الحيضة ليست فى يدك ".
قال القاضى: سميت بذلك لأنها تخمر الوجه أي تستره، وأصل هذا الحرف كله من الستر، ومنه الخمار لستره الرأس.
وقولها: " من المسجد " معناه: أن النبى صلى الله عليه وسلم قال ذلك لها من المسجد ليناولها إياه من خارج (١)، لا أن النبى صلى الله عليه وسلم أمرها أن تخرجها له من المسجد؛ لأنه صلى الله عليه وسلم إنما كان فى المسجد معتكفا، ولقوله لها: " إن حيضتك ليست فى يدك "، فإنما حذرت هى من إدخالها يدها فى المسجد لا غير ذلك، ولو كان أمرها بدخول المسجد لم يكن لذكر اليد معنى (٢).
(١) فـ (من المسجد) متعلق بقال.
(٢) ورغم هذا قال القرطبى: وعلق قوم (من المسجد) بـ (ناولينى)، قال: وأجازوا عليه دخول الحائض المسجد لحاجة تعرض، إذا لم تكن على جسدها نجاسة، ومنعها منه إنما هو خوف ما يخرج منها.


📔بحر المذهب للرويانى ٢ ص ٢٠٨ مكتبة الشاملة
وقال أنس: يا رسول انه تخرج الحائض الخمرةمن المسجد؟ قال: "نعم، وتمر إن كان طريقها فيه"، وقيل: إنها كراهة تنزيه. والأول، وان أمنت تلويث المسجد بأن تلجمت واستوثبت، هل يكره لها العبور؟ فيه وجهان:
أحدهما: لا يكره كالجنب، لأنه حدث يزول بالغسل كالجنابة. وقول الشافعي: "وأكره ممر الحائض"، أراد إذا كانت لا تأمن تلويثه.
ومن أصحابنا من قال: يكره لها العبور بكل حال  لظاهر لفظ الشافعي، ولأن الحيض أغلظ حكما، لأنه يمنع الجماع دون الجنابة، وهذا ضعيف، لأنهما استويا في المزيل كالبول والدم سواء، وأما الذي على بدنه نجاسة، ولا يخاف منها تلويثالمسجد، فله دخوله والمقام فيه.

Wallahu'alam bishawab
Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...