Label

Jumat, 20 Oktober 2017

HUKUM MENGHIBBAHKAN SELURUH HARTANYA

KESIMPULAN TEAM DHF
HUKUM MENGHIBBAHKAN SELURUH HARTANYA
□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□□

Pertanyaan:

Assalamualaikum
Maaf mau taxa lagi nich para yai sepuh n guru guru yg sy hormati ,
Bagaimana hukumxa se orang bibi menghibahkan seluruh hartaxa pada satu kponakan sedangkan kponakan yg lain masih baxak ,
NB : Wanita tersebut tdk puxa suami juga tdk puxa anak .

Wassalam wr wb .


○Jawaban tean DHF

وعليكم السلام ورحمة للله وبركاته

Terlebih dahulu kami jelaskan

■DIVINISI HIBBAH DAN WASIAT■

●Hibah dalam istilah fiqih adalah:

عقد يفيد التمليك بلا عوض حال الحياة تطوعا
Transaksi kepemilikan tanpa adanya jaminan, yang diberikan semasa hidup dengan suka rela.

Melirik kepada definisi di atas,  dapat kita simpulkan sejumlah poin terkait kondisi hibah yang benar secara syar’i, sebagai berikut:

☆Orang yang ingin menghibahkan hartanya memiliki kepemilikan penuh terhadap harta tersebut.

☆Orang yang akan menghibahkan hartanya dalam keadaan masih hidup, berakal, dan sehat.

☆Barang yang dihibahkan harus barang halal juga untuk dijual belikan. Maka tidak sah menghibahkan lahan curian, minuman keras, dan ternak babi.

☆Transaksi yang dilakukan adalah pemberian tanpa adanya jaminan atau kembalian.
Diberikan secara cuma-cuma tanpa ada faktor paksaan.
Pindahnya kepemilikan terjadi semasa hidup.

●Tambahan keteranagn●

BARANG HIBBAH haruslah
Dipegang di tangan

Sebab di pegang di tangan
menjadi syarat sahnya hibah.
Apabila belum di pegang di tangan, maka penghibah belum menetapkan hibah. Apabila penghibah atau penerima mati sebelum penyerahan, maka hibah itu batal (Pendapat Abu Hanifah, Asy-Syafi'i dan Ats-Tsauri).

○Adapun pendapat yg lain

Sah hanya dengan akad. Hibah menjadi hak penerima hanya dengan semata-mata akad tanpa syarat harus dipengang di tangan sama sekali; sebab yang pokok dalam masalah ini ini adalah bahwa perjanjian itu sah tanpa syarat harus dipegang di tangan, seprti halnya jual-beli. Maka jika si penghibah atau si penerima hibah mati sebelum penyerahan, hibah itu tidaklah batal; karena hanya dengan akad semata hibah telah menjadi milik si penerima. (Pendapat Ahmad, Malik, Abu Tsur dan Ahli Dhahir).

●Tambahan●

■Wasiat dn hibah itu beda,
□ wasiat 》

pemberian yg di sandarkan ke kematian atau sdang sakit parah yg bersambung ke kematian, pemberianya stelah wafat, dn penerima harus selain ahli waris maksimal 1/3

□hibah 》
pemberian yg waktu si pemberi msh sehat tdk di sandarkan ke kematian, dn pemberianpun sblum wafat, penerima bebas, (ahli waris atau yg lain) nominal jg bebas berapapun boleh, dan  yg lain tidak boleh nuntut meskipun anaknya sendiri.

●Sebagian pendapat ulama mengatakan bahwa HIBBAH KEPADA AHLI WARI sama seprti WASIAT.

Referensi:

التعاريف (ص: 727) مكتبة الشاملة
الوصية تمليك مضاف لما بعد الموت وقال الراغب التقدم إلى الغير بما يعمل مقترنا بوعظ من قولهم أرض واصية متصلة النبات
&   التعريفات (ص: 319) مكتبة الشاملة
الهبة في اللغة التبرع وفي الشرع تمليك العين بلا عوض
&   أسنى المطالب (13/  33) مكتبة الشاملة
( الْهِبَةُ ) بِلَا ثَوَابٍ ( تَمْلِيكٌ بِلَا عِوَضٍ ) فِي الْحَيَاةِ هَذَا تَعْرِيفٌ لِمُطْلَقِ الْهِبَةِ

Kifayatul Ahyar II / 34 Maktabah Thoha Putera Semarang :

ـ (فرع) الهبة للوارث كالواصية له وكذلك ضمان الدين عنه لأجنبي، وأطلق العراقيون أن الوصية لعبد الوارث كا لوصية له والله أعلم

●WASIAT KEPADA AHLI WARIS ULAMA KHILAFIYAH●

☆Pendapat pertma:
di hukumi tidak sah

☆pendapat kedua:
Dihukumi makruh tanzih.

Refrensi:


wasiat itu kpd ahli waris, msh khilaf, sbagian ulama mengatakan mutlak tdk sah, baik ahli waris yg lain stuju ato tdk... Namun menurut qoul asoh, jika ahli waris yg lain stuju mk itu sah, namun ttp tdk boleh lbih dr 1/3

Kifayatul Ahyar II / 33 Maktabah Thoha Putera Semarang :

وهل تصح الوصية للوارث؟ فيه خلاف: قيل لا تصح ألبتة لقوله عليه الصلاة والسلام (لا وصية لوارث) وهو حديث حسن صحيح. قاله الترمذي، والأصح الصحة، وتوقف على إجازة الورثة لقوله عليه الصلاة والسلام (لا تجوز الوصية لوارث إلا أن يشاء الورثة) رواه الدارقطني. قال عبدالحق: المشهور أنه منقطع ووصله بعضهم، فعلى الصحيح إجازة الورثة تنفيذ على الصحيح لا يحتاج إلى إيجاب وقبول وتكفي الإجازة والله أعلم

Al-Iqna' II / 221 Marji'ul Akbar :

حكم الوصية للوارث (ولا تجوز الوصية) أي تكره كراهة تنزيه (لوارث) خاص غير جائز بزائد على حصته لقوله صلى الله عليه وسلم: «لاَ وَصِيَّةَ لِوَارِثٍ» رواه أصحاب السنن (إلا أن يجيزها باقي الورثة) المطلقين التصرف لقوله صلى الله عليه وسلم: «لاَ وَصِيَّةَ لِوَارِثٍ إلاَّ أَنْ يُجِيزَهَا بَاقِي الوَرَثَة» رواه البيهقي بإسناد. قال الذهبي صالح وقياساً على الوصية لأجنبي بالزائد على الثلث،

_________________________

●wasiat harus ada saksi

Dalam Kitab Fathul Wahhab & Hasyiyah Jamal 23/318-319

وَمَا قُصِدَ بِهِ مَالٌ ) مِنْ عَقْدٍ مَالِيٍّ أَوْ فَسْخِهِ أَوْ حَقٍّ مَالِيٍّ ( كَبَيْعٍ ) وَمِنْهُ الْحَوَالَةُ لِأَنَّهَا بَيْعُ دَيْنٍ بِدَيْنٍ ( وَإِقَالَةٍ ) وَضَمَانٍ ( وَخِيَارٍ ) وَأَجَلٍ ( رَجُلَانِ أَوْ رَجُلٌ وَامْرَأَتَانِ ) لِعُمُومِ آيَةِ { وَاسْتَشْهِدُوا شَهِيدَيْنِ

قَوْلُهُ وَضَمَانٍ ) هُوَ وَاَللَّذَانِ بَعْدَهُ أَمْثِلَةٌ لِلْحَقِّ الْمَالِيِّ أَيْ وَإِبْرَاءٍ وَقَرْضٍ وَوَقْفٍ وَصُلْحٍ وَشُفْعَةٍ وَرَدٍّ بِعَيْبٍ وَمُسَابَقَةٍ وَغَصْبٍ وَوَصِيَّةٍ بِمَالٍ

Fokus

ووصيةبمال

■HUKUM MENGHIBBAHKAN HARTA SWLURUHNYA■

Pada dasar nya hibah harta seluruhnya ada dua pendapat.

●Peedapat peetama:

(Pendapat  madzhab jumhur ulama).

Sah.
Orang  boleh menghibahkan semua apa yang dimilikinya kepada orang lain.

●pendapat ke 2

Pendapat Muhammad Ibnul Hasan dan sebagian Pentahqiq madzab Hanafi

Tidak sah.

Tidak diperbolehkan menghibahkan semua harta meskipun di dalam kebaikan.

Mereka menganggap orang yang berbuat demikian itu sebagai orang dungu yang wajib dibatasi haknya.

○tamabahan keteranagn○

Bila seseorang menderita sakit yang menyebabkan kematian, sedang dia menghibahkan kepada orang lain, maka hukum hibahnya ini seperti wasiatnya.

Harus disertai bukti si penghibah dalam keadan sehat.

Apabila dia menghibakan kepada seseorang diantara ahli waris, kemudian dia menghibahkan kepadanya dalam keadaan sakit yang menyebabkan kematian, dan si penerima hibah mendakwa bahwa hibah itu diberikan kepadanya di waktu si penghibah sehat, maka si penerima wajib memperkuat kata-katanya.

Bila dia tidak memperkuat kata-katanya, maka dianggap hibahnya terjadi pada waktu sakit.

Dan hukum yang berlaku untuk itu adalah bahwa hibah itu tidak sah kecuali bila diperbolehkan oleh semua ahli waris.

●Refrensi:

Ibaroh hibbah boleh di berikan seluruh nya.

Dalam kitab bidayatul mujtahid dikatakan:
وَعُمْدَةُ الْجُمْهُورِ: أَنَّ الْإِجْمَاعَ مُنْعَقِدٌ عَلَى أَنَّ لِلرَّجُلِ أَنْ يَهَبَ فِي صِحَّتِهِ جَمِيعَ مَالِهِ لِلْأَجَانِبِ دُونَ أَوْلَادِهِ، فَإِن كَانَ ذَلِكَ لِلْأَجْنَبِيِّ فَهُوَ لِلْوَلَدِ أَحْرَى.
Dan menurut pembesar ulama: bahwasanya boleh hukumnya secara Ijma’ bagi seseorang untuk menghibahkan seluruh hartanya kepada orang lain (yang bukan keluarganya) tanpa anak-anaknya di saat dia dalam keadaan sehat. Maka sekiranya hibah itu lebih utama diberikan kepada anak-anaknya dibanding kepada orang lain[6].Ulama hanya berbeda pendapat tentang pembagiannya, apakah harus sama rata atau boleh dibedakan antara satu dari yang lainnya.
وَأما هبة جَمِيع مَاله لبَعض وَلَده دون بعض أَو تَفْضِيل بَعضهم على بعض فِي الْهِبَة فمكروه عِنْد الْجُمْهُور وَإِن وَقع جَازَ وَرُوِيَ عَن مَالك الْمَنْع وفَاقا للظاهرية وَالْعدْل هُوَ التَّسْوِيَة بَينهم وَقَالَ ابْن حَنْبَل للذّكر مثل حَظّ الْأُنْثَيَيْنِ.

Adapun menghibahkan seluruh hartanya untuk sebagian anaknya tanpa yang lannya, atau melebihkan bagian yang lain dari yang lainnya maka hukumnya adalah makruh menurut jumhur ulama, namun sah saja jika telah terjadi. Dan disebutkan dari pendapat imam Malik sesuai dengan pendapat Dzahiriyah tentang larangan hal tersebut, dan adil adalah kesamaan jatah di antara mereka, dan bin Hanbal mengatakan (tentang pembagian hibah untuk anak) adalah bagi laki-laki seperti dua perempuan.

●Dalam kitab syarah al bukhori libnil batol jz 8 hal 158 مكتبةة الشاملة

Boleh menghibbahkan seluruh hartanya kepada ahli waris dgn syarat ia dlm.ke adaan sehat.

Apabila dlm keadaan sakit maka tdk sah menghibbahkan seluruh hartanya.

ويجوز أن يهب ماله كله فى الصحة للوارث، وفى المرض لا يصح.

●Ibaroh yg mengatakn boleh dan yang tdk boleh menghibbahkan seluruh hartanya atau mmberikan sebagian hartanya lbh bnyak dr salah satu anak/ahli waris nya.

Dalam kitab al bayan fii madzhab asy_syafii juz 8 hal 111 maktabah syamilah

فإن وهب لبعض أولاده دون بعض، أو فاضل بينهم.. صح ذلك، ولم يأثم به، غير أنه قد فعل مكروها، وخالف السنة. وبه قال مالك وأبو حنيفة.
وقال طاووس، وأحمد، وإسحاق: (لا تصح الهبة) .
وقال داود: (تصح، ولكن يجب عليه أن يرجع فيها) .
دليلنا: قوله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - في حديث النعمان بن بشير: " فارجعه ". فلولا أن الهبة قد صحت.. لما أمره بالرجعة.
وفي رواية: «أن النعمان بن بشير قال: يا رسول الله! إن أمه قالت: لا أرضى حتى يشهد رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، فلما قال له ما قال من أنه لم ينحل جميع ولده مثله.. قال له النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - " أشهد على هذا غيري» فلو لم تصح الهبة.. لما أمره بأن يشهد عليه غيره، وإنما امتنع من أن يشهد على ذلك، لئلا يصير ذلك سنة.
وروي: أن أبا بكر الصديق - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -: (نحل عائشة جداد عشرين وسقًا من ماله دون سائر أولاده) .
وروي: (أن عمر - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - وهب ابنه عاصمًا دون عبد الله وعبيد الله وزيد) . وكذلك روي عن عبد الرحمن بن عوف. ولا مخالف لهم.

●Al majmu' syarhul muahadzdzab juz 15 hal 380 makatabh syamilah

Divinisi hibbah serta syarat2nya dan hukum menghibbahkan sluruh hartanya kepada salah satu anak atau ahli warisnya (khilafiyah ulama')

أما الهبة بكسر الهاء وتخفيف الباء الموحدة.
قال في الفتح: تطلق بالمعنى الاعم على انواع الابراء، وهو هبة الدين ممن هو عليه، والصدقة وهى هبة
ما يتمخض به طلب ثواب الاخرة، والهدية وهى ما يلزم به الموهوب له عوضه، ومن خصها بالحياة اخرج الوصية، وهى تكون أيضا بالانواع الثلاثة، وتطلق الهبة بالمعنى الاخص على مالا يقصد له بدل، وعليه ينطبق قول من عرف الهبة بانها تمليك بلا عوض اه والهبة والعطية والهدية والصدقة معانيها متقاربة وكلها تمليك في الحياة بغير عوض، واسم العطية شامل لجميعها، وكذلك الهبة والصدقة والهدية متغايران، فَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يأكل الهدية ولا يأكل الصدقة.
وقال في اللحم الذى تصدق به على بريرة (هو عليها صدقة ولنا هدية) فالظاهر ان من أعطى شيئا يتقرب به إلى الله تعالى للمحتاج فهو صدقة.
ومن دفع إلى انسان شيئا بتقرب به إليه محبة له فهو هدية، وجميع ذلك مندوب إليه ومحثوث عليه لقوله صلى الله عليه وسلم (تهادوا تحابوا) وأما الصدقة فما ورد في فضلها اكثر من ان يمكننا حصره، وقد قال الله تعالى (ان تبدوا الصدقات فنعما هي، وان تخفوها وتؤتوها الفقراء فهو خير لكم ويكفر عنكم سيئاتكم) إذا ثبت هذا فان المكيل والموزون لا تلزم فيه الصدقة والهبة الا بالقبض، وهو قول اكبر الفقهاء، منهم النخعي والثوري والحسن بن صالح وابو حنيفة والشافعي واحمد.
وقال مالك وابو ثور: يلزم ذلك بمجرد العقد لعموم قوله عليه الصلاة والسلام (العائد في هبته كالعائد في قيئه) ولانه ازالة ملك بغير عوض فلزم بمجرد العقد كالوقوف والعتق.
وربما قالوا: تبرع فلا يعتبر فيه القبض كالوصية والوقف، ولانه عقد لازم ينقل الملك فلم يقف لزومه على القبض كالبيع، وتطلق الهبة على الشئ الموهوب واحاديث النعمان بن بشير تمسك بها من اوجب التسوية بين الاولاد في

العطيه، وبه صرح البخاري، وهو قول طاوس والثوري واحمد واسحاق وبعض المالكية، قال في الفتح: والمشهور عن هؤلاء انها باطلة.
وعن احمد تصح، ويجب ان يرجع.
وعنه يجوز التفاضل ان كان له سبب، كان يحتاج الولد لزمانته أو دينه أو نحو ذلك دون الباقين.
وقال أبو يوسف تجب التسوية ان قصد بالتفضيل الاضرار.
وذهب الجمهور إلى ان التسوية مستحبه، فان فضل بعضا صح وكره، وحملوا الامر على الندب وكذلك حملوا النهى الثابت في رواية لمسلم بلفظ (ايسرك ان يكونوا لك في البر سواء؟ قال بلى.
قال فلا اذن) على التنزيه.
واجابوا عن حديث النعمان باجوبة عشرة جاءت في فتح الباري، اختصرها الشوكاني ووضع عليها زيادات مفيدة (احدها) ان الموهوب للنعمان كان جميع مال والده حكاه ابن عبد البر، وتعقبه بان كثيرا من طرق الحديث مصرحة بالبعضيه، كما في حديث جابر وغيره ان الموهوب كان غلاما، وكما في لفظ مسلم عن النعمان (تصدق على ابى ببعض ماله) (الجواب الثاني) ان العطية المذكورة لم ينجز، وانما جاء بشير يستشير النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ذَلِكَ فاشار عليه بان لا يفعل فترك، حكاه الطبري ويجاب عنه بان امره صلى الله عليه وسلم له بالارتجاع يشعر بالنجيز.
وكذلك قول عمرة (لا ارضى حتى تشهد) الخ (الجواب الثالث) ان النعمان كان كبيرا ولم يكن قبض الموهوب فجاز لابيه الرجوع.
ذكره الطحاوي.
قال الحافظ وهو خلاف ما في أكثر طرق الحديث خصوصا قوله (ارجعه) فانه يدل على تقدم وقوع القبض، والذى تظافرت عليه الروايات انه كان صغيرا وكان ابوه قابضا له لصغره فأمره برد العطيه المذكورة
بعدما كانت في حكم المقبوضة.
__________________________________
■SUNNAH MEMBAGI RATA DALAM PEMBERIAN/HIBBAH ■

Jumhur ulama'  sepakat atas kesunnahan membagi rata pemberian terhadap anak2 nya.

Serta di makruhkan memberi lebih terhadap salah satu dari anak2 nya.

Krn sangat di anjurkan org tua bersikap adil terhadap anak2 nya.

Refrensi:

Di anjurkan utk tdk memberikan sswtu scr adil terhadap anak2 nya.

diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Nabi saw. bersabda:سَوُّوْا بَيْنَ أَوْلاَدِكُمْ ِفى الْعَطِيَّةِ وَلَوْ كُنْتُ مُفَضِّلاُ أَحَدٌا لَفَضَّلْتُ النِّسَاءَ "Persamakanlah di antara anak-anakmu di dalam pemberian. Seandainya aku hendak melebihkan seseorang, tentu aku lebihkan anak-anak perempuan."[2]. (Ini pendapat Ishak, Ats-Tsauri dan sebagian orang Maliki).

Dalam hadist

أَعْطَانِي أبي عَطِيَّةً فقالت عَمْرَةُ بِنْتُ رَوَاحَةَ لَا أَرْضَى حتى تُشْهِدَ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَأَتَى رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فقال إني أَعْطَيْتُ ابْنِي من عَمْرَةَ بِنْتِ رَوَاحَةَ عَطِيَّةً فَأَمَرَتْنِي أَنْ أُشْهِدَكَ يا رَسُولَ اللَّهِ قال أَعْطَيْتَ سَائِرَ وَلَدِكَ مِثْلَ هذا قال لَا قال فَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْدِلُوا بين أَوْلَادِكُمْ قال فَرَجَعَ فَرَدَّ عَطِيَّتَهُ
Dari Asy-Sya'bi, dari An-Nu'man bin Basyir, dia berkata: "Ayahku (Basyiir) memberikan suatu pemberian kepadaku, maka Ibuku 'Amroh binti Rowaahah berkata, "Aku tidak ridho sampai engkau menjadikan Rasulullah sebagai saksi (atas pemberian ini)". Maka ayahkupun mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu berkata, "Aku telah memberikan kepada anakku -dari istriku 'Amroh binti Rowaahah- sebuah pemberian, lantas istriku memintaku untuk meminta persaksian darimu wahai Rasulullah". Nabi berkata, "Apakah engkau juga memberikan kepada seluruh anak-anakmu sebagaimana yang kau berikan kepada An-Nu'maan?". Ayahku berkata, "Tidak". Nabi berkata, "Bertakwalah engkau kepada Allah, dan bersikaplah adil terhadap anak-anakmu!". Maka ayahkupun balik dan mengambil kembali pemberian yang telah ia berikan" (HR Al-Bukhari no 2447).

Wallahu a'lam bis showab.

diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...