Label

Minggu, 17 September 2017

HUKUM MURRIQY/BILAL KHUTBAJ SHOLAT JUMAAT

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM MURRIQY/BILAL KHUTBAJ SHOLAT JUMAAT
====================

PERYANYAAN:

assalamualaikum.. wr wb.. punya pertanyaan bagi yg bisa tolong jawaban serta penjelasan nya...
apa hukum bilal di shalat jum at... trma kasih

JAWABAN:

WAALAIKUM SALAM WR WB

Syaikh Muhammad Amin al-Kurdi dalam kitab Tanwir al-Qulub berkata:

"Menjadikan seorang muraqqi atau bilal pada shalat Jum'at baru dilakukan pascaabad pertama hijriyah. Namun sesungguhnya, Rasulullah Saw pernah menyuruh seseorang untuk meminta perhatian orang banyak agar menyimak khutbah beliau di Mina ketika haji Wada'. Inilah sebenarnya hakikat dari muraqqi itu. Sehingga pelaksanaannya sama sekali tidak dapat digolongkan sebagai bid'ah, karena dalam penyebutan ayat (yang artinya): "Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya membaca shalawat kepada Nabi", terdapat peringatan dan motivasi untuk selalu membaca shalawat kepada Nabi Saw pada hari yang agung ini, yang memang sangat dianjurkan membaca shalawat. Dan dalam pembacaan hadits riwayat Imam Muslim dan lainnya setelah adzan: "Apabila kamu berkata-kata kepada temanmu, padahal imam sedang berkhutbah, maka sungguh sia-sia Jum'at-mu". Hadits ini memberi peringatan kepada orang mukallaf untuk menjauhi perkataan yang haram ataupun perkataan yang makruh selama khutbah. Nabi Saw mengucapkan hadits ini ketika beliau menyampaikan khutbah di atas mimbar. Maka hadits tersebut adalah shahih. Al-Syabramallisi mengatakan, boleh jadi Nabi Saw mengeluarakan hadits itu pada awal khutbah karena mengandung perintah untuk diam dan tenang menyimak khutbah." (Tanwir al-Qulub fi Mu'amalati 'Allam al-Ghuyub, h. 179-180)

Sesuai dengan perkataan Syaikh Muhammad Amin al-Kurdi ini, maka yang dianjurkan untuk dibaca bilal adalah hadits yang berkaitan dengan peringatan itu. Misalnyam sabda Rasulullah Saw (yang artinya):

"Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Apabila engkau katakan kepada temanmu pada hari Jum'at (kata) "diamlah" sewaktu imam menyampaikan khutbah, maka sesungguhnya hilanglah jum'atmu." (HR Bukhari)

Dengan demikian, tidak ada alasan untuk membid'ahkan perbuatan ini. Bilal Jum'at itu tidak dilarang dalam agama karena ada tujuan terpuji di balik pelaksanaannya. Dan Rasulullah Saw juga pernah melaksanakannya.

Sementara
menurut penulis kitab Hasyiyah Ibnu Abidin ini, hukum pembacaan bilal (ma’asyiral) adalah sunnah karena diqiyaskan pada peristiwa haji wada’ saat itu Rasulullah meminta para shahabat agar diam karena beliau hendak berkhutbah sehingga pembacaan ma’asyiral (muraqi) sama sekali bukan bid’ah.

حاشية ابن عابدين - (ج 2 / ص 160 ) مطلب في حكم المرقي بين يدي الخطيب  قوله ( فالترقية المتعارفة الخ ) أي من قراءة آية { إن الله وملائكته } الأحزاب  والحديث المتفق عليه إذا قلت لصاحبك يوم الجمعة أنصت والإمام يخطب فقد لغوت  أقول وذكر العلامة ابن حجر في التحفة أن ذلك بدعة لأنه حدث بعد الصدر الأول قيل لكنها حسنة لحث الآية على ما يندب لكل أحد من إكثار الصلاة والسلام على رسول الله لا سيما في هذا اليوم وكحث الخبر على تأكد الإنصات المفوت تركه لفضل الجمعة بل والموقع في الإثم عند الأكثرين من العلماء. وأقول يستدل لذلك  أيضا بأنه أمر من يستنصت له الناس عند إرادته خطبة منى في حجة الوداع فقياسه أنه يندب للخطيب أمر غيره بالاستنصات وهذا هو شأن المرقي فلم يدخل ذكره للخبر في حيز البدعة أصلا اه

Terlepas dari hujjah syaikh  al qurdiy dan penulis/pengarang kitab HASTIAH IBNU ABIDIIN

MAKA
Dalam masalh bilal/Muroqqy IMAM SYAFII dan Imam IBNU HAJAR dalam fatwa nya menggolongkan dalam BID'AH HASANAH.

RINGKASNYA:
HUKUM BILAL/MURROQY SHOLAT JUMAAT  adalah sunnah berdasarkan dalil qiyash
Sebagaimana di jelaskan oleh fuqoha' madzhab syafii.

Meskipun imam syafii dan imam Ibnu Hajar memasukan pada BID'AH HASANAH.
krn memng dlm konteks BID'AH HASANAH masuk pada Hukum Sunnah.

Ibaroh:

Dlm kitab busyrol kariim juz 1 hal 396 maktabah syamilah.

Menurut imam syafii hukum bilal/murroqy sholat jumaat adalh bid,ah hasanah.

قال الشافعي: وتركه أحب إليَّ.
وفي "التحفة"، و"النهاية": إن قراءة المرقي آية (إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ) [الأحزاب:٥٦] ثم الحديث، بدعة حسنة؛ إذ فيه ترغيب للصلاة عليه صلى الله عليه وسلم، وتحذير من الكلام، وكان صلى الله عليه وسسلم يأتي بالخبر المذكور في خطبه، وهو صحيح.

_________

Begitu juga dlm kitab niahyatuz zain juz 1 hal 141 maktabah syamilah

Hukum murroqy/bilal jumat adalh bid'ah hasanah.

أما اتِّخَاذ المرقي فبدعة لِأَنَّهُ لم يكن فِي زَمَنه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لَكِنَّهَا حَسَنَة إِذْ فِي تِلَاوَة الْآيَة ترغيب فِي الْإِتْيَان بِالصَّلَاةِ على النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي هَذَا الْيَوْم الْعَظِيم الْمَطْلُوب فِيهِ إكثارها وَفِي قِرَاءَة الحَدِيث بعد الْأَذَان وَقبل الْخطْبَة تيقيظ للمكلف لاجتناب الْكَلَام الْمحرم أَو الْمَكْرُوه على اخْتِلَاف الْعلمَاء وَقد كَانَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم يَقُول هَذَا الْخَبَر على المبنر وَهُوَ حَدِيث صَحِيح وَلَعَلَّه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم كَانَ بقوله فِي ابْتِدَاء الْخطْبَة لكَونه مُشْتَمِلًا على الْأَمر بالإنصات وَكَذَا الْأَذَان الَّذِي فَوق المنارة قبل الْأَذَان الَّذِي بَين يَدي الْخَطِيب بِدعَة حَسَنَة أحدثها عُثْمَان رَضِي الله عَنهُ وَقيل مُعَاوِيَة لما كثر النَّاس

_________

Al Hafidh Ibnu Hajar al Asqolani dalam kitab "FATHUL BARI" II/576-577 cet Dar Mishr thn 1421 H ,

وعبارته : {باب القعدة بين الخطبتين يوم الجمعة ، حدثنا مسدد قال حدثنا بشر بن المفضل قال حدثنا عبيد الله عن نافع عن عبد الله قال : كان النبي صلي الله عليه وآله وسلم يخطب خطبتين يقعد بينهما } (قوله يخطب خطبتين يقعد بينهما ) ... ورواه أبو داود بلفظ " كان يخطب خطبتين كان يجلس إذا صعد المنبر حتي يفرغ المؤذن ثم يقوم فيخطب ثم يجلس فلا يتكلم ثم يقوم فيخطب " واستفيد من هذا أن حال الجلوس بين الخطبتين لا كلام فيه لكن ليس فيه نفي أن يذكر الله أو يدعوه سرا ... وقدرها من قال بوجوبها بقدر جلسة الإستراحة وبقدر ما يقرأ سورة الإخلاص . انتهي .

Waallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...