Label

Senin, 28 Agustus 2017

HUKUM MENYEMBELIH AYAM YANG TERPOTONG PANGKAL LIDAH

KESIMPULAN TEAN DHF
*HUKUM KENYEMBELEIH AYAM YANG TERPITONG PANGKAL LIDAH *
================================
Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.langsung saja pada permasalahan ustadz.tentang hukum panyembelihan.ada seseorang menyembelih ayam .terus habis disembelih diketahui kalau khuldinya ikut ke leher bagian bawah. Hal tersebut ada seseorang yg mengatakan bahwa ayam tersebut haram dimakan dan disuruh buang.karna khuldinya ikut ke leher bagian bawah.bukan ikut ke leher bagian atas.mohon penjelasannya ustadz.sekaligus dg ibaratnya atau dalil hukumnya.sebelumnya disampaikan terimakasih banyak.ws.wr.wb.
JAWAB:
Menyembelih ayam klo yg kenak di bagian pangkal lidah itu trmsuk bangkai, itu dlm istilah org madura di sbut MUDHER, jd hrs hati2 saat nyembelih lebih2 ayam jantan, sgt rawan klo mau di sembelih biasanya saat berbunyi keok2 lidahnya lgsg mundur ke belakang, caranya lidah tsb di tarik lalu di jepitkan ke batoknya.
Berikut penjelasan sembelihan yg sempurna dlm kitab Kifayatul akhyar.
juz 2 hal 223
وكمال الذكات اربعةاشياء قطع الحلقوم والمرئ والوداجين والمجزئ منها شيئان قطع الحلقوم والمرئ
Paling sempurnanya sembelihan ada 4 psrkara,
1.putusnya HALQUM (tenggorokan jalanya nafas)
.2.MAR'I (kerongkongan jalanya makanan)
3dn4. Dua urat leher,
tp yg mencukupi ada dua perkara, 1.putusnya halqum 2.putusnya mar'i
Kmudian dlm lajutan ta'bir itu ada sbutan
فلابدمن قطع جميعهما الخ
Maka tidak boleh tdk untuk memutuskan ke dua2nya,
nah.. Jk yg di sembelih pangkal lidah apalagi di atasnya, jls kedua halqum dn mar'i tidak terkena sembelihan, krn keduanya ada di bawah pangkal lidah
Sehingga dalam permasalahan di atas tdk mencukupi syarat sembelihan.
Maka jelasa hukum nya mnjaDi bangkai dan haram di konsumsi.
Perlu di fahami:
Bhw terkadang ada sebagian yg berasumsi bhw sembelihan yg terputus pangkal lidah nya adalh khilafiyah.
Pendapat tersebut perlu kami luruskan.
Bahwa tidk zempurna dlm sembelihan dn salah tempat dlm sembelihan itu ber beda,
Sbb sembelihan di pangkal lidah itu jls salah tempat krn yg di lukai bukan halqum dan mar'i,
sdangkan sembelihan di bawah pangkal lidah namun tdk sempurna memang khilaf,
ini ta'birny, jg dlm kifayatul akhyar dlm rentetan ta'bir di atas
وفي وجه ان اليسير لابضر واختاره الروياني
Jd mnurut sbagian qoul jk ada sisa sedikit dr salah satu halqum dn mar'i tdak apa2
Pendapat ini di pilih oleh imam Ruyani
Bahkan dlm lanjutan ta'bir tersebut ada kalimat
قال الاصطخري يكفي قطع الحلقوم أوالمرئ لأن الحيات تفقد بفقد احدهما وهوضعيف
Menurut iman ishtokhri cukup memutuskan salah satu halqum atau mar'i, sbb dgn memutuskan salah satunya maka khidupan hewan sembelihan akan hilang, namun ini pendapat lemah.
Wal hasil pendapat yang unggul dan dapat di jadikan acuan adalh sembelihan tersebut tdk sempurna sehingga di hukumi bangkai dan haram di konsumsi.

Fathul Qorib Syarah Matan Taqrib, Hal : 306-307
وكمال الذكاة أربعة أشياء قطع الحلقوم والمريء والودجين والمجزئ منها شيئان قطع الحلقوم والمريء
.....................................
وكمال الذكاة)، وفي بعض النسخ «ويستحب في الذكاة» (أربعة أشياء): أحدها (قطع الحُلْقُوم)، بضم الحاء المهملة؛ وهو مجرى النفس دخولا وخروجا. (و) الثاني قطع (المَريء) بفتح ميمه وهمز آخره، ويجوز تسهيله، وهو مجرى الطعام والشراب من الحلق إلى المعدة، والمريء تحت الحلقوم. ويكون قطع ما ذكر دفعة واحدة، لا في دفعتين؛ فإنه يحرم المذبوح حينئذ. ومتى بقي شيء من الحلقوم والمريء لم يحلَّ المذبوح. (و) الثالث والرابع (الوَدَجين) بواو ودال مفتوحتين، تثنية ودَج، بفتح الدال وكسرها؛ وهما عرقان في صفحتي العنق محيطان بالحلقوم. (والمجزئ منها) أي الذي يكفي في الذكاة (شيئان: قطع الحلقوم، والمريء) فقط. ولا يسن قطع ما وراء الودجين

Kifayatul Akhyar, Juz : 1 Hal : 516-517
إذا عرفت أن الذكاة في الشرع قطع مخصوص فهذا المقطوع تارة يكون معتبرا للفضيلة وتارة يكون معتبرا لأجل الأجزاء فالمعتبر لأجل الأجزاء قطع جميع الحلقوم والمريء فالحلقوم هو مجرى النفس خروجا ودخولا والمريء مجرى الطعام والشراب وهو تحت الحلقوم وراءهما عرقان في صفحتي العنق يحيطان بالحلقوم وقيل بالمرىء يقال لهما الودجان فيستحب قطع الودجين مع الحلقوم والمريء لأنه أوحي والغالب أنهما ينقطعان بقطع الحلقوم والمريء فإن تركهما جاز ولو ترك شيئا يسيرا من الحلقوم أو المريء ومات الحيوان فهو ميتة
Al-Iqna' Lisy-Syarbini, Juz : 2 Hal : 577
تنبيه : مراد المصنف أن قطع هذه الأربعة مستحب, لا أن قطع كل واحد مستحب على انفراده من غير قطع الباقي إذ قطع الحلقوم والمريء واجب
At-Tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat-Taqrib, Hal : 237
وكمال الذكاة أربعة أشياء : 1 - قطع الحلقوم, 2 – والمريء, 3 - 4 - والودجين (1), والمجزئ منها شيئان : 1 - قطع الحلقوم
2 - والمريء (2)
....................................
1) وهي مجرى النفس، ومجرى الطعام، ومجريا الدم على صفحتي العنق، وقطع الجميع كاملة مستحب، لأنه أسهل في خروج الروح، فهو من الإحسان إلى الذبيحة، في الذبح. وفي الحديث: (كل ما أفرى الأوداج) (ذكره ابن الأثير في النهاية، مادة ودج) أي كل ما ذبح بما قطع العروق، وهذه الأربع كلها عروق
2) روى البخاري (2356) ومسلم (1968) عن رافع بن خديج رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (ما أنهر الدم وذكر اسم الله عليه فكلوه). دل الحديث على أنه بجزىء في الذبح ما ينهر الدم، أي يسيله بقوة، وقطع الحلقوم والمريء ينهر الدم، فأجزأ في الذبح. ولأن الحياة تفقد بقطعهما وتوجد بسلامتهما غالبا
Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...