Label

Senin, 21 Agustus 2017

HUKUM SHOLAT BAGI WANITA YG KELUAR DARAH NIFAS SEBAB MENGUGURKAN KANDUNGAN NYA.

HUKUM SHOLAT BAGI WANITA YG KELUAR DARAH NIFAS SEBAB MENGUGURKAN KANDUNGAN NYA.

Assalamu alaikum... Maog tanya ustdz..
Perempuan hamil muda dn ingin menggugurkan kandungan nya dng cara minom obat.
Apakah sholat yg di tinggalkan pada saat keluar darah nifas setelah menggugurkan kandungan nya wajib di qadla'?.
Syukron..
JAWABAN
HUKUM SHOLAT NYA TETAP WAJIB DI QODLO'
karna meski kegugran ttp di nmakan wiladah dan darah yg kluar sesudah wiladah/keguguran disebut nifas.
tdk di syaratkan dlm konteks wiladah itukelahiran sempurna /sesudah tertiup nya ruh justru Termasuk dari wiladah (melahirkan) adalah keguguran ‘alaqoh yaitu darah yang kental (menggumpal) yang berubah dari mani, disebut ‘alaqoh karena bergantung pada sesuatu yang darah itu melekat padanya, dan juga mudlghoh yaitu sepotong daging yang berubah dari ‘alaqoh, disebut mudlghoh karena seukuran sesuatu yang dikunyah.
ringkasnya;
Kl darah yg kluar dr farji itu kluar stlh melahirkan bayi/segumpal daging/segumpal darah sdh di angagap darah
nifas baik sdh di tiupkan ruh atau tdk
dg syarat keluarnya dr melahirkan tdk berjarak 15hr 15mlm

وهوالدم الخارج بعدفراغ الرحم من الحمل ولو علقة اومضغة وقبل مضي اقل الطهر


Refrensi :
Hasyiyah Al-Bajuri I / 109 :

(والنفاس هو الدم الخارج عقب الولادة) فالخارج مع الولد أو قبله لا يسمى نفاساً

Nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan. Darah yang keluar bersamaan dengan anak atau sebelum keluarnya anak tidak disebut nifas.

(قوله عقب الولادة) أي بأن يكون قبل مضي خمسة عشر يوما منها ، فهذا ضابط العقبية وإلا كان حيضا ولا نفاس لها لكن لو نزل عليها الدم بعد عشرة أيام مثلا كانت تلك العشرة من النفاس عددا لا حكما ، فيجب عليها الصلاة ونحوها فيها كما قاله البلقيني واعتمده الرملي وكان الأولى أن يقول عقب فراغ الرحم من الحمل ليخرج ما بين التوأمين ومثل الولادة إلقاء علقة وهي الدم الغليظ المستحيل من المني سميت بذلك لأنها تعلق بما لاقته ، ومضغة وهي القطعة من اللحم المستحيلة من العلقة سميت بذلك لأنها بقدر ما يمضغ ـ اهـ الباجوري الجزء الأول ص ١٠٦

Dikatakan nifas dengan catatan keluarnya itu sebelum lewatnya 15 hari dari melahirkan, dan ini merupakan batas dari "setelah", jika tidak demikian maka itu adalah haidl bukan nifas, akan tetapi jika darah turun atas perempuan setelah 10 hari dari melahirkan misalkan, maka 10 hari tersebut termasuk nifas dalam segi hitungan bukan hukum, maka wajib bagi perempuan untuk melaksanakan sholat dan semacamnya, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Al-Bulqiniy dan dibuat pedoman /dikuatkan oleh Imam Ar-Romliy. dan yang lebih utama adalah mengatakan "setelah kosongnya rahim dari kehamilan" agar mengeluarkan waktu yang berada di antara dua bayi kembar .
Termasuk dari wiladah (melahirkan) adalah keguguran ‘alaqoh yaitu darah yang kental (menggumpal) yang berubah dari mani, disebut ‘alaqoh karena bergantung pada sesuatu yang darah itu melekat padanya, dan juga mudlghoh yaitu sepotong daging yang berubah dari ‘alaqoh, disebut mudlghoh karena seukuran sesuatu yang dikunyah.
- I’anah At-Tholibin I / 73 :

(ﻭﺃﻛﺜﺮﻩ ﺳﺘﻮﻥ ﻳﻮﻣﺎ) ﺃﻱ ﺑﻠﻴﺎﻟﻴﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻣﺮ. ﻭاﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺪ ﺃﺑﺪﻯ ﺃﺑﻮ ﺳﻬﻞ اﻟﺼﻌﻠﻮﻛﻲ ﻣﻌﻨﻰ ﻟﻄﻴﻔﺎ ﻓﻲ ﻛﻮﻥ ﺃﻛﺜﺮ اﻟﻨﻔﺎﺱ ﺳﺘﻴﻦ ﻳﻮﻣﺎ، ﻭﻫﻮ ﺃﻥ اﻟﺪﻡ ﻳﺠﺘﻤﻊ ﻓﻲ اﻟﺮﺣﻢ ﻣﺪﺓ ﺗﺨﻠﻖ اﻟﺤﻤﻞ ﻭﻗﺒﻞ ﻧﻔﺦ اﻟﺮﻭﺡ ﻓﻴﻪ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﻳﻮﻣﺎ ﻧﻄﻔﺔ، ﺛﻢ ﻣﺜﻠﻬﺎ ﻋﻠﻘﺔ، ﺛﻢ ﻣﺜﻠﻬﺎ ﻣﻀﻐﺔ، ﻓﺘﻠﻚ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺷﻬﺮ. ﻭﺃﻛﺜﺮ اﻟﺤﻴﺾ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﻳﻮﻣﺎ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ، ﻓﺎﻟﺠﻤﻠﺔ ﺳﺘﻮﻥ ﻳﻮﻣﺎ. ﻭﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ ﻧﻔﺦ اﻟﺮﻭﺡ ﻓﻴﻪ ﻓﻴﺘﻐﺬﻯ ﺑﺎﻟﺪﻡ ﻣﻦ ﺳﺮﺗﻪ ﻷﻥ ﻓﻤﻪ ﻻ ﻳﻨﺘﻔﺦ ﻣﺎ ﺩاﻡ ﻓﻲ ﺑﻄﻦ ﺃﻣﻪ ﻛﻤﺎ ﻗﻴﻞ، ﻓﻼ ﻳﺠﺘﻤﻊ ﻓﻲ اﻟﺮﺣﻢ ﺩﻡ ﻣﻦ ﺣﻴﻦ ﻧﻔﺦ اﻟﺮﻭﺡ ﻓﻴﻪ، ﻭﺃﻧﺖ ﺧﺒﻴﺮ ﺑﺄﻥ ﺫﻟﻚ ﻻ ﻳﻈﻬﺮ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﻟﻤﻦ ﻛﺎﻥ ﺣﻴﻀﻬﺎ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﻳﻮﻣﺎ، ﺇﻻ أنها حكمة لا يلزم اطرادها ـ اهـ

wallahu a'lamu bish-showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...