Label

Kamis, 15 Februari 2018

MELANJUTKAN SHOLAT DENGAN CARA DUDUK TANPA ADA UDZUR

KESIMPULAN TEAM DHF

MELANJUTKAN SHOLAT DENGAN CARA DUDUK TANPA ADA UDZUR
——————————————————————

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum..
Ada seseorang yang sholat dzuhur..
Setalah takbirotul ikhram dan baca fatihah.  Kemudia dia melanjutkan sholatnya dengan keadaan duduk tanpa
Pertanyaan bagaimana hukum sholatnya..??
Syukron
Wassalaam

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

➡Berdiri dalm sholat fardhu merupakan rukun sehingga jika ia, pada rakaat pertama ia berdiri kemudian rakaat kedua ia duduk (hal ini tanpa adanya udzur) maka jelas batal sholat nya dan ia berdosa sebab tala'ub (bermain main dalam ibadah)

👉Sedangkan jika berupa sholat sunnah, maka sholatnya tetap sah meskipun hal tersebut di lakukan tanpa udzur, akan tetapi jika tanpa udzur akan berpengaruh pada derajat pahala sholat nya.
👉Sholat duduk ( tanpa udzur,dalam sholat sunnah) adalah separuh pahala dari sholat berdiri.

📚 Referensi :

📝 RUKUN_RUKUN SHOLAT
Kitab TAQRIIB (MATAN FATHUL QORIB)
أركان الصلاة

(فصل) وأركان الصلاة ثمانية عشرة ركنا والقيام مع القدرة وتكبيرة الإحرام وقراءة الفاتحة وبسم الله الرحمن الرحيم آية منها والركوع والطمأنينة فيه والرفع والاعتدال والطمأنينة فيه والسجود والطمأنينة فيه والجلوس بين السجدتين والطمأنينة فيه والجلوس الأخير والتشهد فيه والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيه والتسليمة الأولى ونية الخروج من الصلاة وترتيب الأركان على ما ذكرناه.

Artinya: Rukun-rukun (fardhu) shalat ada 18 (delapan belas). Berdiri apabila kuasa, takbirotul ihram, membaca al-fatihah dengan basmalah-nya, ruku', tumakninah dalam ruku', bangun dari ruku', i'tidal (berdiri setelah ruku'), tuma'ninah saat i'tidal, sujud, dan tuma'ninah saat sujud, duduk di antara dua sujud dan tuma'ninah, duduk terakhir, dan tasyahud (tahiyat) saat duduk terakhir, membaca shalawat pada Nabi saat tahiyat akhir, salam pertama, niat keluar dari shalat, tertib sesusai urutan rukun di atas .

__________________

.ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻗَﺎﺋِﻤﺎً ﻓَﻬُﻮَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ، ﻭَﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻗَﺎﻋِﺪﺍً ﻓَﻠَﻪُ
ﻧِﺼْﻒُ ﺃَﺟْﺮِ ﺍﻟْﻘَﺎﺋِﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻧَﺎﺋِﻤﺎً ﻓَﻠَﻪُ ﻧِﺼْﻒُ ﺃَﺟْﺮِ
ﺍﻟْﻘَﺎﻋِﺪِ
(HR Bukhari, Ahmad, Tirmidzi,Ibnu Majah)

Ketika menjelaskan hadits di atas, Imam Nawawi berkata : bhwa asbabul wurud dri hadits di ats khusus untk sholat sunnah . Bukan sholat wajib/fardhu

ﻭَﻫﺬَﺍ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚُ ﻣَﺤْﻤُﻮْﻝٌ ﻋَﻠَﻰ ﺻَﻼَﺓِ ﺍﻟﻨَّﻔْﻞِ ﻗَﺎﻋِﺪﺍً ﻣَﻊَ
ﺍﻟْﻘُﺪْﺭَﺓِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻡِ ﻓَﻬﺬَﺍ ﻟَﻪُ ﻧِﺼْﻒُ ﺛَﻮَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺎﺋِﻢِ، ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺇِﺫَﺍ
ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻨَّﻔْﻞَ ﻗَﺎﻋِﺪﺍً ﻟِﻌَﺠْﺰِﻩِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻡِ ﻓَﻼَ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺛَﻮَﺍﺑُﻪُ
ﺑَﻞْ ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﻛَﺜَﻮَﺍﺑِﻪِ ﻗَﺎﺋِﻤﺎً، ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻔَﺮْﺽُ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ ﻗَﺎﻋِﺪﺍً
ﻣَﻊَ ﻗُﺪْﺭَﺗِﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻡِ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﻓَﻼَ ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﻓِﻴْﻪِ ﺛَﻮَﺍﺏٌ ﺑَﻞْ
ﻳَﺄْﺛَﻢُ ﺑِﻪِ
maka jika yang di lakukan shalat fardhu maka tidak sah. Karena rukhsoh tersebut hanya di peruntukkan bagi musholli Yang  mendapatkn masyaqqot dalam melaksanakan sholat

📓Al umm 1/99 maktabah syamilah

 (قال الشافعي) : وذلك أن الفرض في المكتوبة استقبال القبلة والصلاة قائما فلا يجوز غير هذا إلا في المواضع التي دل رسول الله -صلى الله عليه وسلم - عليها ولا يكون شيء قياسا عليه وتكون الأشياء كلها مردودة إلى أصولها والرخص لا يتعدى بها مواضعها.

Kecuali memang tidak mampu berdiri (dalam sholat fardhu) maka boleh sholat duduk.
 (قال الشافعي) : وإذا لم يطق القيام صلى قاعدا وركع وسجد إذا أطاق الركوع والسجود

📓Tafsir al_imam asy_syafii 1/408 maktbah syamilah

قال الشافعي رحمه الله: وإذا خوطب بالفرائض من أطاقها، فإذا كان المرء
مطيقا للقيام في الصلاة لم يجزه إلا هو، إلا عندما ذكرت من الخوف، وإذا لم يطق القيام: صلى قاعدا، وركع وسجد إذا أطاق الركوع والسجود - وإلا أومأ بالركوع والسجود إيماء -.
مختصر المزني: باب (الإسفار والتغليس با لفجر)

 والله أعلم بالصواب

http://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...