Label

Senin, 04 Desember 2017

JUAL BELI ONLINE

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM JUAL BELI ONLINE
---------------------------

pertanyaan:

Bagaimanakah hukum jual beli online

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Akad jual beli online melalui media sosial( elektronik) hukum nya di tafsil sebagai berikut:

📋 Jika barang yang dijual nya sudah dilihat dengan jelas,oleh kedua belah pihak sebelum melakukan transaksi maka hukum jual beli nya sah

📋 Jika barang yang dijual belum dilihat dengan jelas maka hukum jual belinya tidak sah, kecuali apabila barang yang dijual dijelaskan sifat dan jenis nya:

Di dalam kitab:[ "Syarh Al-Yaaquut An-Nafiis" juz 11 halaman 22 ] di jelaskan bahwa:

Yang menjadi pertimbangan dalam akad-akad jual beli adalah:

Subtansinya bukan bentuk lafadz nya dan jual beli via telpon,telegram dan sejenisnya telah menjadi alternatif yang utama dan di praktek kan

Kemudian di dalam kitab [ I'aanah At-Thoolibiin juz 3 halaman 9 ] di jelaskan bahwa:

Yang kedua adalah melafadzkan nya sekira di dengar oleh orang di dekat nya meskipun mukhothab tidak mendengar nya

Dan dapat di gambar kan adanya serah terima dari nya,meskipun tanpa mendengar suara nya dengan sesuatu yang dapat di dengar kan oleh pendengar kemudian ia terima seketika atau suara ijab nya dibawa oleh angin kemudian juga ia terima seketika atau ia terima sesuai kesepakatan

Di dalam kitab [ Hasyiyah Al-Jamal juz 4 halaman 301 ]
Di jelaskan bahwa:

Maka di perhitung kan apapun yang dapat menunjukan pada lafadz atau serah terima

Artinya atau sesuatu yang sepadan,pengertian nya dengan ucapan serah terima secara langsung seperti tulisan atau menduduki kedudukan nya seperti isyarat nya orang bisu

Hal ini juga di jelaskan di dalam kitab [ Hawaasyi As-Syarwaani Wal'Abbaadi Ala At-tuhfah juz 4 halaman 221-222 ] sebagai berikut:

Dan sah jual beli dari selain orang yang mabuk yang tidak mengerti sebab ia tidak termasuk orang yang sah niat nya

Seperti keterangan dalam bab talak,yang akan datang dengn sighat kinayah dengan di sertai niat

Menulis yang tidak pada zat cair dan udara termasuk kinayah,maka jual beli dengan nya di sertai niat hukum nya sah

Meskipun bertransaksi dengan orang yang hadir dalam majlis akad

Maka ia harus segera menerima akad tersebut ketika mengetahui nya dan khiyar bagi mereka berdua berlaku hingga bubar nya majlis penerimaan akad

[ Keterangan Ibn Hajar ]

Menulis sama dengan nya berita via teknologi kabel telepon yang di kembang kan di jaman sekarang ini

Maka akad dengan nya termasuk kinayah menurut kajian yang paling kuat

📖 REFERENSI:

[ Syrh Al-Yaaquut An-Nafiis: juz 2 halaman 22 ]

والعبرة في العقود لمعانيها لا لصور الألفاظ.... وعن البيع و الشراء بواسطة التليفون والتلكس والبرقيات, كل هذه الوسائل وأمثالها معتمدة اليوم وعليها العمل.

[ I'aanah At-Thoolibiin: juz 3 halaman 9]

الثاني: التلفظ - بحيث يسمعه من بقربه عادة، وإن لم يسمعه المخاطب - ويتصور وجود القبول منه مع عدم سماعه، بما إذا بلغه السامع فقبل فورا، أو حمل الريح إليه لفظ الايجاب فقبل كذلك، أو قبل اتفاقا - كما في البجيرمي، نقلا عن سم - فلو لم يسمعه من بقربه لم يصح.

[ Hasyiyah Al-Jamal: juz 4 halaman 301 ]

(قَوْلُهُ فَاعْتُبِرَ مَا يَدُلُّ عَلَيْهِ مِنْ اللَّفْظِ ) أَيْ أَوْ مَا فِي مَعْنَاهُ مِمَّا هُوَ عِبَارَةٌ عَنْهُ كَالْخَطِّ أَوْ قَائِمٍ مَقَامَهُ كَإِشَارَةِ الْأَخْرَسِ ا ه.

[ Hawaasyi As-Syarwaani Wal'Abbaadi Ala At-tuhfah: juz 4 halaman 221-222

(وينعقد ) البيع من غير السكران الذي لا يدري ; لأنه ليس من أهل النية على كلام يأتي فيه في الطلاق (بالكناية) مع النية ...والكتابة لا على مائع أو هواء كناية فينعقد بها مع النية ولو لحاضر فليقبل فورا عند علمه ويمتد خيارهما لانقضاء مجلس قبوله . ( قوله : والكتابة إلخ ) ومثلها خبر السلك المحدث في هذه الأزمنة فالعقد به كناية فيما يظهر.

انترنیت
-----
ذکرالعلامۃ ابن حجر فی التحفۃ أن فی مقدمۃ المنہاج مایؤخذ منہ جواز النقل من الکتب المعتمدۃ بالاجماع واذا تأکد الشخص من توقیعہ أوتوقیع من یعرفہ وتذکر الموضوع جاز لہ أن یشہد,
وفی المجموع أی مجموع الحبیب طہ بن عمر السقاف, ذکر أن الشیخ أحمد مؤذن قال فیما لم تشتبہ الکتب فی الوثائق یؤخذ بہ,وعبداللہ سراج مؤذن لماعمی فی أخر حیاتہ اذا أخبرہ ابنہ بأن التوقیع علی ھذہ الوثیقۃ أوتلک ھو خطہ یشہد علی قول ابنہ وتأکدہ من صحۃ توقیعہ,وفی بغیۃ المسترشدین,مسئلۃ عن بلفقیہ والکردی لیس للشاھد تحمل الشہادۃ بالخط وان اعترف بہ المشہود علیہ حتی یقرأ علیہ الکتاب ویقول أناعالم بمافیہ ولایکفی ھذا خطی ومافیہ وصیتی مثلا,زاد الکردی وقال الماوردی یکفی علیہ الاشہاد مبہما وفی الأشخر ولنا وجہ أنہ یجوزللشاھد اذا رأی خطہ بشیئ أن یعتمدہ اذا وثق بہ ولم تدخل ریبۃ وھو مذھب الحنابلۃ قالوا وان لم یتذکر الواقعۃ قال الماوردی ولابأس بترجیحہ اذا کان الخط محفوظا عندہ ومثلہ خط غیرہ اذالمدار علی کونہ ظنامؤکدا, وماحکم الصورۃ للسند ھل تعتمد کالأصل ؟قالوا اذا شہد شہود علی0 أن ھذہ الصورۃ طبق للأصل کأن صدق علیہ أوحاکم بعدمطابقتہا للأصل تقبل أما0 بغیر ذلک فلاتقبل الصورۃ لأنہا عرضۃ للتزویر والتغییر والتشدید للاحتیاط فی ھذہ الحقوق لازم کمافی شروط الشاھد /شرح الیاقوت النفیس 894

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[ والله اعلم بالصواب ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...