Label

Rabu, 11 Oktober 2017

MEMASAK DENGAN UAP NAJIS

KESIMPULAN TEAM DHF
MEMASAK DENGAN UAP NAJIS

---------------------------
PERTANYAAN
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

bagaimana hukumnya memasak, yg apinya memakai uap kotoran manusia atau kotoran hewan, sbb sy pernah denger kabar kalau asap dari barang najis itu, jg najis..trm ksh ats jawabanya

Pertama kami jelaskan perbedaan UAP PERKARA NAJIS DAN ASAP DARI PERKARA NAJIS

ASAP : adalh sesuatu yg terpisah dari sifat asli nya melalui proses api.

UAP:sesuatu yg terpisah dari bentuk aslinya tanpa pelantara api.

Oleh karana adanya perbedan antar uap dan asap maka tentu hukum nya pun berbeda.

Hukum  Asap dari benda Najis adalh Najis pada dasarnya ulama' khilafiyah:

Pendapat pertama adalah dihukumi najis sbb di golongkan pada bagian ainun najasahnya atau juz dari najis tersebut.

Tetapi kedati pendapat pertama ini menghukumi najis ; namhn dapat di ma'fu bila asap trrsebut sedikit  apabila terkena pakaian.
Terlebih saat sukitnya menjaga/menghindarunya.

Dan tidak di ma'fu ababila banyak.

Adapun cara mengukur katagori sedikit dan banyak nya ialah dilihat dari segi atsar/bekas, apabila ada bekas sprti kuning2 yg terdapat di sesuatu yg terkena asap tersebut maka masuk pada katagori banyak yg mana hukum nya tdk di ma'fu

Adapun jika tdk di temukan bekas2 yg menempel dr asap tersebut maka tergolong sedikit yg mana hukum nya di ma'fu.

Pendaoat kedua:
Hukum asap tidak di katagorikan ainun najasah yg mana dalam hukum nya di samakan dagan hukuk uap.
Yg mana masuk pada katagori sswtu yg tumbuh dr dlm najis seprti ulat yg tumbuh dr bangkai
sehingga hukumnya di anggap suci (tidak najis).

Adapun hukum UAP;

apabila uap tersebut adalah uap yg tanpa pelantara api maka ulama menghukumi suci.

Sebagaimana alasan di atas.

Sebagian pendapat ulama' lebh berpendapat ke hati hatian yaitu menghukumi najis sehingga apabila uap tersebut (sperti kentut/angin yg keluar saat bersamaan saat qodil hajah/BAB)maka bila terkena pada sesuatu yg basah maka sesuatu itu menjdi najis.

Tetapi bila sesuatu itu kering maka tdk di hukumi najis.

Kembali ke persoalan awal
Soal UAP DARI PITING/TABUNG/BAK KOTORAN yang dewasaini oleh para ilmuan di jadiakn salah satu alternatif alat memasak (lazim disebut BIO GAS) maka kami menghukumi suci dan halal di gunakan utk memasak makanan dgn api hasil dari BIO GAS Tersebut.

Dgn bberpa pertimbangan dan alasan:

1.memandang bio gas adalah uap yg keluar dari dalam najis, sehingga dapat di samakan dgn ulat yg tumbuh dari benda najis.
Sehingga di hukumi suci.

2.bio gas tidak lah berbentuk secara kasat mata hanya berupa rihunnajasah/bau najis.
Yg mana bila mengacu pada pendapat yg menghukumi najis
Mka akan di ma'fu saat bersentuhan dgn benda yg kering kecuali oda benda yg basah.

3.jika asap dari pembakaran benda najis langsung di ma'fu apabila sedikit, maka tentu uap juga demikian.

4.bio gas tergolong uap yg keluar kepermukaan de dlm najis tanpa pelantara api.
Sehingga bila me gacu pada ta'bir /refrensi yg di bughiyah al mustarsyidiin hal 13 di hukumi suci.

5.peroses dalm cara fungsional biogas bukan langsung bio gasnya yg di gunakan memasak tetapi melalui api yg di pelantarai bio gas
Dalm hal ini dapat di samakan dgn kobaran api yg terdapat dari lilin yg terbuat dr benda najis, maka api tersebut tdk lah tergolong ainun najasahnya meskipun pelantara adanya api melalui bio gas tersebut.

*****-----*****
Refrensi:

Dlm kitab itu ada istilah DUKHON/asap, dn ada istilah BUKHOR/uap, apa sih perbedaanya? Monggo simak ta'bir di bawah ini

ﻣﺴﺌﻠﺔ ﺏ: ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺫﺧﺎﻥ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻭﺑﺨﺎﺭﻫﺎ ﺇﻥ ﺍﻻﻭﻝ ﺍﻧﻔﺼﻞ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﻧﺎﺭ . ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻻﺑﻮﺍﺳﻄﺘﻬﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺯﻛﺮﻳﺎ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻮ ﻣﺤﺮﻣﺔ ﻫﻤﺎ ﻣﺘﺮﺍﺩﻓﺎﻥ ﻓﻤﺎ ﺍﻧﻔﺼﻞ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﻧﺎﺭ ﻓﻨﺠﺲ ﻭﻣﺎﻻ ﻓﻼ. ﺍﻣﺎ ﻧﻔﺲ ﺍﻟﺸﻠﻌﺔ ﺍﻱ ﻟﺴﺎﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻄﻬﺮﺓ ﻗﻄﻌﺎ ﺣﺘﻰ ﻟﻮ ﺍﻗﺘﺲ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﻲ ﺷﻤﻌﺔ ﻟﻢ ﻳﺤﻜﻢ ﺑﻨﺠﺎﺳﺘﻬﺎ. ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ ﺹ 13

: Perbedaan antara asap najis dan uap najis bahwa yang pertama adalah sesuatu yang terpisah sebab perantara api, dan yang kedua tidak sebab perantaranya, perbedaan ini disampaikan oleh Syech Zakariya. Abu Makhromah berkata: Keduanya mirip, maka sesuatu yang terpisah sebab api itu najis, dan yang tidak ialah tidak najis. Sedangkan lidah api atau jilatan api itu sendiri secara pasti hukumnya suci, hingga andai seseorang menghidupkan lilin darinya maka lilin tersebut tidak dihukumi najis

____^^^^

Di dalam.kitab al.muahdzdzab juz 1 hal 94 maktabh syamilah.

Asap pembakaran benda najis terjdi kholafiyah di kalangan ulama'

Pendapat pertama di hukumi najis sbb termasuk bagian dr benda najisnya.

Pendapat ke dua di aanggap suci sebb di samakan dgn uap dr najis tersebut.
Yg mana uap tdk lah di anggap ainun najasah nya.

وأما دخان النجاسة إذا أحرقت ففيه وجهان: أحدهما أنه نجس لأنه أجزاء متحللة من النجاسة فهو كالرماد والثاني أنه ليس بنجس لأنه بخار نجاسة فهو كالبخار الذي يخرج من الجوف.

_________

Ibaroh yg sama yerjadi khilafiyah soal asap pembakaran de benda najis

Dlm.kitab nihaytul mutjollob juz 5 hal 495 maktabh syamilah

أمّا رماد الأعيان النجسة، فالمذهب أنه نجس، وفيه شيء قدمته في كتاب الصّلاة. و] (٣) أمّا دخان الأعيان النجسة إذا احترقت -على قولنا بنجاسة الرماد- فما كان يقطع به شيخي أن الدخان رماد، وهو يتجمع بعد الانبثاث. وذكر القاضي وجهاً أنه طاهر وإن حكمنا بنجاسة الرماد؛ فإنه يُعد بخارَ النار. وهذا ركيك. ومما يعتنى به أن الدهن النجس في عينه في دخانه ما ذكرناه. وأمّا الدهن الذي وقعت فيه نجاسة، فدخانه أجزاء الدهن. وما وقع فيه ونجسه، قد لا (٤) يكون مختلطاً، ويظهر في هذا الدخان الحكمُ بالطهارة؛ فإن الذي خالط الدهن يتخلف قطعاً،

_______^

Dalam kitab tuhfatul muhtaj juz 1 hal 97 maktabah syamilah

وَمِنْ دُخَانٍ أَوْ بُخَارٍ تَصَعَّدَ بِنَارٍ وَإِلَّا كَبُخَارِ كَنِيفٍ وَرِيحِ دُبُرٍ رَطْبٍ فَطَاهِرٌ، وَبَحَثَ الْقَمُولِيُّ نَجَاسَةَ جَمِيعِ رَغِيفٍ أَصَابَهُ كَثِيرُهُ لِرُطُوبَتِهِ مَرْدُودٌ بِأَنَّهُ جَامِدٌ فَلَا يَتَنَجَّسُ إلَّا مُمَاسَّةً فَقَطْ وَلَا يُطَهِّرُهُ الْمَاءُ وَمِنْ غُبَارِ سِرْجِينٍ وَمَا عَلَى مَنْفَذِ غَيْرِ آدَمِيٍّ مِمَّا خَرَجَ مِنْهُ

______^

Dlm.kitab hasyiah al syarwani juz 1 hal 97 maktabah syamilah.

ada bbrpa penjelasan detail khilafiyah ulama terkait hukum asap atau uap dr benda najis tersebut.

قَوْلُهُ وَمِنْ دُخَانٍ إلَخْ) اعْلَمْ أَنَّ الشَّارِحَ قَدْ ذَكَرَ فِي الْحَاشِيَةِ مَا يُفِيدُ أَنَّ قِلَّةَ الدُّخَانِ وَكَثْرَتَهُ تُعْرَفُ بِالْأَثَرِ الَّذِي يَنْشَأُ عَنْهُ فِي نَحْوِ الثَّوْبِ كَصُفْرَةٍ فَإِنْ كَانَتْ صُفْرَتُهُ فِي الثَّوْبِ قَلِيلَةً فَهُوَ قَلِيلٌ وَإِلَّا فَهُوَ كَثِيرٌ، ثُمَّ قَالَ وَالْعَفْوُ عَنْ الدُّخَانِ فِي الْمَاءِ أَوْلَى مِنْهُ فِي نَحْوِ الثَّوْبِ؛ لِأَنَّهُ فِي هَذَا يَظْهَرُ أَثَرُهُ وَيُدْرَكُ فَيُعْلَمُ وُجُودُهُ وَتُدْرَكُ قِلَّتُهُ وَكَثْرَتُهُ بِخِلَافِ الْمَاءِ فَإِذَا عُفِيَ عَنْ قَلِيلِهِ الْمُشَاهَدِ فِي نَحْوِ الثَّوْبِ فَأَوْلَى فِي الْمَاء اهـ.
فَأَفَادَ كَمَا تَرَى فِي الضَّرِّ وَاشْتِرَاطِ الْأَثَرِ فِي نَحْوِ الثَّوْبِ، وَنَقَلَ الْهَاتِفِيُّ عَلَى التُّحْفَةِ عَنْ الْإِيعَابِ أَنَّهُ لَوْ أُوقِدَ نَجَاسَةٌ تَحْتَ الْمَاءِ، وَاتَّصَلَ بِهِ قَلِيلُ دُخَانٍ لَمْ يَتَنَجَّسْ أَوْ كَثِيرُهُ فَيَتَنَجَّسُ اهـ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّهُ لَا فَرْقَ فِي الْعَفْوِ عَنْ قَلِيلِ دُخَانِ النَّجِسِ بَيْنَ كَوْنِهِ بِفِعْلِهِ أَوْ لَا وَلَكِنْ فِي الْإِيعَابِ عَنْ الزَّرْكَشِيّ أَنَّ شَرْطَ الْعَفْوِ أَنْ يَكُونَ عَنْ غَيْرِ قَصْدٍ، وَأَقَرَّهُ وَفِي الشبراملسي عَلَى النِّهَايَةِ مَا نَصُّهُ وَيُعْفَى عَنْ قَلِيلِ دُخَانِ النَّجَاسَةِ حَيْثُ لَمْ يَكُنْ وُصُولُهُ لِلْمَاءِ وَنَحْوِهِ بِفِعْلِهِ وَمِنْهُ الْبَخُورُ بِالنَّجِسِ أَوْ الْمُتَنَجِّسِ كَمَا يَأْتِي فَلَا يُعْفَى عَنْهُ وَإِنْ قَلَّ؛ لِأَنَّهُ بِفِعْلِهِ وَمِنْ الْبَخُورِ أَيْضًا مَا جَرَتْ بِهِ الْعَادَةُ مِنْ تَبْخِيرِ الْحَمَّامَاتِ انْتَهَى اهـ كَلَامُ الْكُرْدِيِّ وَقَوْلُهُ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّهُ لَا فَرْقَ إلَخْ لَا يَخْفَى مَا فِيهِ فَإِنَّ الْوُصُولَ بِسَبَبِ الْإِيقَادِ الْمَذْكُورِ لَا يَصْدُقُ عَلَيْهِ عُرْفًا أَنَّهُ بِفِعْلِهِ بِخِلَافِ الْوُصُولِ بِسَبَبِ التَّبْخِيرِ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ (قَوْلُهُ تَصَعَّدَ) أَيْ الْبُخَارُ (قَوْلُهُ كَبُخَارِ كَنِيفٍ) أَيْ بَيْتِ الْخَلَاءِ كُرْدِيٌّ.

_______

)

وخروج منه دخان ودخل المستحم، وبال وتغوط، وخرج منه دخان في الحال، فإنه لو أصاب ثوبه، وكان رطبًا، تنجس وإن كان يابسًا، فيه وجهان.

وأصل هذا ما حكينا عن الحليمي في كتاب الطهارة، أن الإنسان إذا خرج منه ريح، وكان ثيابه رطبًا، قال: ينجس، وإن كان يابسًا، لا ينجس

التعليقة لقاضي حسين 2  Hal 948

#Seandainya ada orang BAB atau kencing kemudian bersamaan itu keluar asap yang mengenai baju/pakaian. Nya.
Maka hukumnya

1. Bila baju /pakaian nya basah maka. Menjadi najis

2. Jika pakaian nya kering maka tidak. Najis.

Begitu pula saat buang angin/kentut mka tafsiliyah nya.
Bila pakaian nya basah maka menjadi najis

Bila pakaian nya kering maka tdk najis.

Sebagaimana fatwanya ulama al hilyami.

Demikian dapat di tarik kesimpulan bau najis yang menyengat,  Bau najis termasuk ainun najasah
Jka. Memang pakaian nya basah maka ikut najis,  Bila kering maka tidak najis.

Akan tetapi jika memang sulit di hindari maka tergolong najis yang di ma'fu

.#Ibaroh senada dalam kitab

النجم الوهاج في شرح المنهاج 1 hal 417

وقال الحليمي: إذا خرج من الإنسان ريح وكانت ثوبه مبلولة .. تنجست، وإن كانت يابسة .. فلا.
قال: وكذا دخان كل نجاسة أصابت شيئا رطبا، كما إذا دخل إصطبلا راثت فيه دواب وتصاعد دخانه، فإن أصاب رطبا .. نجسه

Dalam kitab minhajul qowim.
Hal 16 مكتبة الشاملة

Angin/bau najis mngenai pakaian itu di ma'fu meskipun pakaiannya basah,  Asal tdk ada unsur kesengajaan,  Dan bukan disebab kan asap api/pembakaran.

Hal yg demikian di ma'fu sbbl dadurat dan sulit menghindarinya.

" منها "القليل من دخان النجاسة" والمتنجس ومثله البخار إن تصاعد بواسطة نار بخلاف المتصاعد لا بواسطة نار كبخار الكنيف١ والريح الخارجة من الشخص وإن كانت ثيابه رطبة فإنه طاهر. "و" منها "اليسير من الشعر النجس" لغير الراكب والكثير منه للراكب. "و" منها اليسير من غبار السرجين"٢ ونحوه "ولا ينجس غبار السرجين أعضاءه" ولا ثيابه "الرطبة" كما لا ينجس ما وقع فيه وذلك لمشقة الاحتراز عن جميع ذلك

Wallahu a'lamu

diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...