Label

Senin, 30 Oktober 2017

HUKUM SHOLAT NYA ANAK ZINA

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM SHOLAT NYA ANAK HASIL ZINA
---------------------------

pertanyaan:

Assalamu'alaikum
Bagaimanakah status sholatnya anak zina sah atau tidak..
Mohon ibarahnya ustd

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Hukum sholat nya ttap sah Krn tidak ada perbedaan hukum dan sama2 ber kewajiban sholat baik itu anak hasil zina atau anak hasil hubungan resmi (dgn akad nikah yg sah)
Selama ia Muslim,baligh dan berakal maka ia ttp terkena hukum wajib sholat secara, otomatis sholat nya sah selama ia telah memenuhi syarat rukun shalat nya.

•yg perlu kami tegaskan bahwa pada hakikatnya segala anak cucu Adam semuanya terlahir dlm.keadaan suci
Sebagaimana dijelaskan dalam hadits
كل مولود يولد على الفطور
Setia anak yg dilahirkan adalah suci.

Adapun anak hasil hubungan gelap(zina) tidak berpengaruh atas dosa yg telah di lakukan olh kedua orang tua nya.

Dalam Alqur'annya  sudah jelas di Q.S. Al-An’am:164, yaitu:

ﻭ ﻻ ﺗﺰﺭ ﻭﺍﺯﺭﺓ ﻭﺯﺭ ﺃﺧﺮﻯ )ﺍﻷﻧﻌﺎﻡ(164

“Dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain”. Ayat tersebut menjaelaskan bahwa dosa seseorang tidak dapat dibebankan / diwariskan kepada orang lain. Seorang anak tidak dibebani dosa orang tuanya.

Walhasil:
Jika yang berdosa itu orang tuanya, maka anak tidak ikut menanggung dosa. Sebagaimana yang terjadi pada kasus anak zina. Yang berdosa itu orang tuanya. Dan si anak jika menjadi orang sholeh maka bisa saja dia jadi orang yang mulia, tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan orang tuanya.

#hanya ada sedikit perbedaan hukum dalam konteks berjamaah saja.

Yaitu...
Dalm sholat brjema'ah anak zina tidak boleh menjadi imam (makruh), dan berma'mum pada anak zina juga hukumnya makruh ,
tapi shalatnya tetap sah,

Ke makruhan tsb bila mana berma'mum dari awal. akan ttpi Bila menemukan anak zina shalat kemudian kita ma'mum padanya maka hukumnya tdk makruh bgtu jga tdk mskruh bila derajatnya sama, atau sama2 anak zina.
Sebagai mana telah dikemukakan oleh ulama madzhab Syafi'i dan imam Malik.

Adapun beberapa fatwa ulama lain nya tidak lah di makruhan bagi anak zina menjadi imam atau pun berjamaah dengan nya.

Seperti pendapat imam atho' ,imam Sulaiman, imam ibu Musa, imam.an-nakho'i , imam atsauri dll.

📖 REFERENSI:

Muhgnil muhtaj

مغني المحتاج : وأطلق جماعة أن إمامة ولد الزنا ومن لا يعرف أبوه مكروهة وصورته أن يكون ذلك في ابتداء الصلاة ولم يساوه المأموم فإن ساواه أو وجده قد أحرم واقتدى به فلا بأس .

الاوسط في السنن الاجماع والاختلاف ٤/١٦٠ مكتبة الشاملة

ذِكْرُ إِمَامَةِ وَلَدِ الزِّنَا اخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي إِمَامَةِوَلَدِ الزِّنَا؛ فَقَالَتْ طَائِفَةٌ: يَؤُمُّ إِذَا كَانَ رَضِيًّا، هَكَذَا قَالَ عَطَاءٌ، وَسُلَيْمَانُ بْنُ مُوسَى، وَمِمَّنْ كَانَ يَرَىإِمَامَةَ وَلَدِ الزِّنَا جَائِزَةً إِبْرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، وَالْحَسَنُ  الْبَصْرِيُّ، وَالزُّهْرِيُّ، وَعَمْرُو بْنُ دِينَارٍ، وَحَمَّادُ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ، وَهُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَالْأَوْزَاعِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ، غَيْرَ أَنَّ بَعْضَهُمُ اشْتَرَطَ إِذَا كَانَ مَرْضِيًّا، وَتَجْزِي عِنْدَ أَصْحَابِ الرَّأْيِ الصَّلَاةُ خَلْفَ وَلَدِ الزِّنَا، وَكَانَتْ عَائِشَةٌ تَقُولُ:
مَا عَلَيْهِ مِنْ وِزْرِ أَبَوَيْهِ شَيْءٌ، قَالَ اللهُ: {وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى} [الأنعام: ١٦٤] الْآَيَةَ تَعْنِي وَلَدَالزِّنَا. وَفِيهِ قَوْلٌ سِوَاهُ، رُوِّينَا: أَنَّ رَجُلًا كَانَ يَؤُمُّ نَاسًا بِالْعَقِيقِ فَنَهَاهُ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، وَإِنَّمَا نَهَاهُ لِأَنَّهُ كَانَ لَا يُعْرَفُ أَبُوهُ. وَكَانَ مَالِكٌ يَكْرَهُ أَنْ يُتَّخَذَوَلَدُ الزِّنَا إِمَامًا رَاتِبًا، وَقَدْ حُكِيَ عَنْ مَالِكٍ أَنَّهُ كَانَ لَا  يَرَى بِهِ بَأْسًا. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَؤُمُّ إِذَا كَانَ مَرْضِيًّا وَلَا تَضُرُّهُ مَعْصِيَةُ غَيْرِهِ

المجموع شرح المهذب : ( الخامسة ) قال المصنف والأصحاب : غير ولد الزنا أولى بالإمامة منه .
ولا يقال : إنه مكروه .
وأما قول الشيخ أبي حامد والعبدري : إنه يكره عندنا ، وعند أبي حنيفة فتساهل منه في تسميته مكروها ، وكرهه مجاهد وعمر بن عبد العزيز وقال مالك والليث : يكره أن يكون إماما راتبا ، وقال الجمهور : لا بأس به ، ممن قال به عائشة أم المؤمنين وعطاء والحسن والزهري والنخعي وعمرو بن دينار وسليمان بن موسى والثوري والأوزاعي وأحمد وإسحاق وداود وابن المنذر

مختصر اختلاف العلماء ١ ص ٣١٩ مكتبة الشاملة

٢٧٧ - فِي إِمَامَة ولد الزِّنَا

قَالَ أَصْحَابنَا غَيره أحب إِلَيْنَا
وَقَالَ مَالك أكره أَن يكون ولد الزِّنَا إِمَامًا لَهُم وشهادته جَائِزَة فِي كل شَيْء إِلَّا فِي الزِّنَا فَإِنَّهُ لَا يجوز وَهُوَ قَول اللَّيْث
وَقَالَ الْأَوْزَاعِيّ لَا بَأْس بِأَن يؤمهم ولد الزِّنَا
قَالَ الشَّافِعِي أكره أَن ينصب من لَا يعرف والداه إِمَامًا ويجزىء من خَلفه
قَالَ أَبُو جَعْفَر قَالَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ يؤم الْقَوْم اقرؤهم لكتاب الله إِلَى آخر الحَدِيث وَلم يذكر النّسَب وَكَذَلِكَ فِي الشَّهَادَة قَالَ {مِمَّن ترْضونَ من الشُّهَدَاء} الْبَقَرَة ٢٨٢ فالجمع بَينهمَا سَوَاء

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[ Wallahu A'lam ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...