Label

Jumat, 29 September 2017

HUKUM PUASA SUNNAH TASU'AH DAN ASYURO BULAN MUHARRAM BESERTA FADILAH NYA

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM PUASA SUNNAH TASU'AH DAN ASYURO BULAN MUHARRAM BESERTA FADILAH NYA
---------------------------

بسم الله الرحمن الرحيم

Ulama berbeda pendapat perihal haru asuro apakah pada tanggal 9.muharrom atau pada tanggal 10.muharrom.

Menurt imam sayafii
Hari asyuro bertepatan pada tanggal 9.muharrom.

Berdasar hadist riwayat imam hakam bin al a'rojj

dari Al-Hakam bin Al-A’raj, ia berkata : Aku pernah mendatangi Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa yang ketika itu ia sedang berbantal dengan selendangnya di dekat zamzam. Lalu aku berkata kepadanya : “Khabarkanlah kepadaku tentang puasa ‘Aasyuuraa’”. Ia berkata : “Apabila engkau melihat hilaal bulan Muharram, maka perhitungkanlah. Berpuasalah di hari kesembilan semenjak pagi harinya”. Aku berkata : “Apakah yang seperti itu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ?”. Ia menjawab : “Ya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1133].

🖎Imam sa'id bin musib,imama hasan al bashri dan Imam Malik dan sekelompok ulama' salaf menyatakan bahwa hari ASYURO bertepatan pada tanggal 10.muharrom.

Imam tirmidzi menuturkan bhw hadist riwayat imam hakam al a'rojj tdk disifati ke afsahan  dan ke ahsanan nya olh sbb itu imam tutmudzi menindak lanjuti hadist tersebut

memberitakan kepada kami imam qutaibah, kemudian memberitakan kemudian imam Abdul warist dari yunus. Dari imam hasan  dari ibnu abbas

Beliau berkata
Bahwa Rasulallah memerintahakn utk berpuasa di hari asyuro' pada tanggal 10.

Abu isa berkata hadist
Ibnu abbas tersebut adalah hadist hasan dan shohih.

Kemudian imam turmudzi  meriwayatkan hadist dr ibnu abbas sesungguhnya Rasulallah bersabda:

Puasalh kalian pada tanggal 9 dan 10.muharrom dan selisihilah/berbedalah dgn org yahudi.

Dgn hadist ini pula imam syafii ,imam Ahmad bin Hanbal dan imam ishaq berhujjah.

Perkataan
Imam lain nya dan  ibnu abbas kepada sa'il /org yg bertanya:

Hitunglah dan di pagi harinya tanggal 9.muharrom berpuasa.

Perkataan tersebut tdk menjdi dalil larangan  utk berpuasa pada tanggal 10.muharrom

Tetapi hitunglah dr tanggal 9. Berpuasa kemudian disandarkan pada tanggal 10.utk berpuasa.

Ulama' berkata bahwa puasa dua hari banyak hadist menjeaskan nya.

__dalam kitab tuhfatul fuqoha' di makruhkan puasa hanya q.hari pd tanggal 1.muharrom sj.

Adapun FADILAH PUASA ASYURO
mengahpus dosa satu tahun sebelumnya.

(و) يوم (عاشوراء): وهو عاشر المحرم، لانه يكفر السنة الماضية - كما في مسلم -.
(وتاسوعاء): وهو تاسعه، لخبر مسلم: لئن بقيت إلى قابل لاصومن التاسع.
فمات قبله.
والحكمة: مخالفة اليهود، ومن ثم سن لمن لم يصمه: صوم الحادي عشر، بل إن صامه، لخبر فيه.
وفي الام: لا بأس أن يفرده.

اعانة ج٢ ص ٣٠١ مكتبة الشاملة
Hari asyuro hari kesepuluh bulan muharram, fadhilahnya menghapus dosa satu tahun sebelumnya, krena hadits imam muslim

Dan tasu'a' yaitu hari kesembilan bulan muharram, krena hadits imam muslim, "jika umurku sampai ke tahun depan, maka aku akan puasa tgl 9, namun nabi wafat seblum tahun depan".

👉 KESIMPULAN AKHIR

Aasyuuraa’ menurut pendapat yang raajih adalah hari kesepuluh pada bulan Muharram.

Inilah pendapat jumhur shahabat dan tabi’iin sebagaimana dikatakan oleh An-Nawawiy dalam Syarh Shahih Muslim (4/121),

Ibnu Hajar dalam Al-Fath (4/671), dan Al-‘Ainiy dalam ‘Umdatul-Qaariy (11/117).

Ibnu Rajab dalam Lathaaiful-Ma’aarif (hal. 109) menukil perkataan Ibnu Siiriin :

كانوا لا يختلفون أنه اليوم العاشر؛ إلا ابن عباس؛ فإنه قال : إنه التاسع

“Mereka (para shahabat) tidak berselisih pendapat bahwa ‘Aasyuuraa’ itu adalah hari kesepuluh, kecuali Ibnu ‘Abbaas. Ia berkata : ‘Ia adalah hari kesembilan

IBAROH PENDUKUNG

Tafsir qurtubiy 1 hal 391_ 392

مَسْأَلَةٌ: اخْتُلِفَ فِي يَوْمِ عَاشُورَاءَ هَلْ هُوَ التَّاسِعُ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَوِ الْعَاشِرُ؟
فَذَهَبَ الشَّافِعِيُّ إِلَى أَنَّهُ التَّاسِعُ لِحَدِيثِ الْحَكَمِ بْنِ الْأَعْرَجِ قَالَ: انْتَهَيْتُ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَهُوَ مُتَوَسِّدٌ رِدَاءَهُ فِي زَمْزَمَ فَقُلْتُ لَهُ: أَخْبِرْنِي عَنْ صَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ إِذَا رَأَيْتَ هِلَالَ الْمُحَرَّمِ فَاعْدُدْ وَأَصْبَحْ يَوْمَ التَّاسِعِ صَائِمًا. قُلْتُ: هَكَذَا كَانَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ؟ قَالَ نَعَمْ خَرَّجَهُ مُسْلِمٌ. وَذَهَبَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَالْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ وَمَالِكٌ وَجَمَاعَةٌ مِنَ السَّلَفِ إِلَى أَنَّهُ الْعَاشِرُ. وَذَكَرَ التِّرْمِذِيُّ حَدِيثَ الْحَكَمِ وَلَمْ يَصِفْهُ بِصِحَّةٍ وَلَا حُسْنٍ ثُمَّ أَرْدَفَهُ: أَنْبَأَنَا قُتَيْبَةُ أَنْبَأَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ يُونُسَ عَنِ الْحَسَنِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَوْمِ عَاشُورَاءَ يَوْمَ الْعَاشِرِ. قَالَ أَبُو عِيسَى: حَدِيثُ ابْنِ عَبَّاسٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. قَالَ التِّرْمِذِيُّ: وَرُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ قَالَ: صُومُوا التَّاسِعَ وَالْعَاشِرَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ. وَبِهَذَا الْحَدِيثِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ وَإِسْحَاقُ. قَالَ غَيْرُهُ وَقَوْلُ ابْنِ عَبَّاسٍ لِلسَّائِلِ: (فَاعْدُدْ وَأَصْبِحْ يَوْمَ التَّاسِعِ صَائِمًا) لَيْسَ فِيهِ دَلِيلٌ عَلَى تَرْكِ صَوْمِ الْعَاشِرِ بَلْ وَعَدَ أَنْ يَصُومَ التَّاسِعَ مُضَافًا إِلَى الْعَاشِرِ. قَالُوا: فَصِيَامُ الْيَوْمَيْنِ جَمْعٌ بَيْنَ الْأَحَادِيثِ. وَقَوْلُ ابْنِ عَبَّاسٍ لِلْحَكَمِ لَمَّا قَالَ لَهُ: هَكَذَا كَانَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ؟ قَالَ نَعَمْ مَعْنَاهُ أَنْ لَوْ عَاشَ وَإِلَّا فَمَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَامَ التَّاسِعَ قَطُّ. يُبَيِّنُهُ مَا خَرَّجَهُ ابْنُ مَاجَهْ فِي سُنَنِهِ وَمُسْلِمٌ فِي صَحِيحِهِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (لَئِنْ بَقِيتُ إِلَى قَابِلٍ لَأَصُومَنَّ اليوم التاسع)

رَوَى أَبُو قَتَادَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ (صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ لَا نَعْلَمُ في شي مِنَ الرِّوَايَاتِ أَنَّهُ قَالَ (صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ كَفَّارَةُ سَنَةٍ) إِلَّا فِي حَدِيثِ أَبِي قَتَادَةَ

_______
الفقه الاسلامى وادلته للزحيلى جز 3 ص /1643/1642 مكتبة الشاملة

٧ - صوم تاسوعاء وعاشوراء: وهما التاسع والعاشر من شهر المحرم، ويسن الجمع بينهما، لحديث ابن عباس مرفوعاً: «لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع والعاشر» (٣) ويتأكد صيام عاشوراء لقوله صلّى الله عليه وسلم فيه: «أحتسب على الله تعالى أن يكفر السنة التي قبله» (٤)، وإنما لم يجب صومه لخبر الصحيحين: «إن هذا اليوم يوم عاشوراء، ولم يكتب عليكم صيامه، فمن شاء فليصم، ومن شاء فليفطر» وحملوا الأخبار الواردة بالأمر بصومه على تأكد الاستحباب.
والحكمة من صيام عاشوراء: ما بينه ابن عباس، قائلاً: «قدم النبي صلّى الله عليه وسلم،

فرأى اليهود تصوم عاشوراء، فقال: ما هذا؟ قالوا: يومٌ صالح، نجَّى الله فيه موسى وبني إسرائيل من عدوهم، فصامه موسى، فقال: أنا أحق بموسى منكم، فصامه، وأمر بصيامه» (١).
فإن لم يصم مع عاشوراء تاسوعاء، سن عند الشافعية أن يصوم معه الحادي عشر، بل نص الشافعي في الأم والإملاء على استحباب صوم الثلاثة. وذكر الحنابلة أنه إن اشتبه على المسلم أول الشهر، صام ثلاثة أيام، ليتيقن صومها. وتاسوعاء وعاشوراء آكد شهر الله المحرم.
ولا يكره عند الجمهور غير إفراد العاشر بالصوم.
٨ - صيام الأشهر الحرم ـ وهي أربع: ثلاثة متوالية؛ وهي ذو القعدة وذو الحجة والمحرَّم، وواحد منفرد وهو رجب، وهي أفضل الشهور للصوم بعد رمضان، وأفضل الأشهر الحرم: المحرم، ثم رجب، ثم باقي الحرم، ثم بعد الحرم شعبان.
واستحباب صوم هذه الأشهر هو عند المالكية والشافعية (٢)، واكتفى الحنابلة باستحباب صوم المحرم، فهو عندهم أفضل الصيام بعد صيام شهر رمضان، لقوله صلّى الله عليه وسلم: «أفضل الصلاة بعد المكتوبة جوف الليل، وأفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرَّم» (٣)، وأفضل المحرم يوم عاشوراء، كما تقدم. وقال الحنفية: المندوب في الأشهر الحرم أن يصوم ثلاثة أيام من كل منها، وهي الخميس والجمعة والسبت.

_________ catatan kaki_______
(١) رواه أحمد وابن ماجه (نيل الأوطار: ٢٣٩/ ٤).
(٢) رواه أحمد وأبو داود والنسائي (نيل الأوطار: ٢٣٨/ ٤).
(٣) رواه الخلال بإسناد جيد، واحتج به أحمد، وروى مسلم: «لئن بقيت إلى قابل لأصومن اليوم التاسع».
(٤) روى الجماعة إلا البخاري والترمذي عن أبي قتادة قال: قال رسول الله صلّى الله عليه وسلم: «صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة، وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية» وحكمة التفرقة: أن عرفة يوم محمدي: يعني أن صومه مختص بأمة محمد صلّى الله عليه وسلم، وعاشوراء يوم موسوي، ونبينا محمد صلّى الله عليه وسلم أفضل الأنبياء صلوات الله وسلامه عليهم أجمعين (نيل الأوطار: ٢٣٨/ ٤)، وأحتسب: أطلب الأجر والثواب.


(١) متفق عليه (نيل الأوطار: ٢٤١/ ٤).
(٢) القوانين الفقهية: ص ١١٤، الحضرمية: ص ١١٨.
(٣) رواه مسلم وغيره من حديث أبي هريرة.

______
تحفة الفقهاء 243 جز 1

وَكَذَا صَوْم يَوْم عَاشُورَاء مُفردا مَكْرُوه عِنْد

Di bawah ini akan disebutkan beberapa hadits shahih yang berkaitan dengan puasa ‘Aasyuuraa’ :
عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان يوم عاشوراء تصومه قريش في الجاهلية، وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصومه، فلما قدم المدينة صامه وأمر بصيامه، فلما فرض رمضان ترك يوم عاشوراء، فمن شاء صامه ومن شاء تركه.
Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Hari ‘Aasyuuraa’ adalah hari dimana orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyyah. Dan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga berpuasa padanya. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau tetap berpuasa dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa (juga). Dan ketika puasa Ramadlan telah diwajibkan, maka beliau meninggalkan puasa ‘Aasyuuraa’. Barangsiapa siapa ingin berpuasa, maka silakan ia berpuasa; dan barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, silakan tidak berpuasa” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2001 dan Muslim no. 1125].
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة، فرأى اليهود تصوم يوم عاشوراء، فقال: (ما هذا). قالوا: هذا يوم صالح، هذا يوم نجى الله بني إسرائيل من عدوهم، فصامه موسى. قال: (فأنا أحق بموسى منكم). فصامه وأمر بصيامه.
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Lalu beliau bersabda : ‘Apa yang kalian lakukan ?’. Mereka (Yahudi) berkata : ‘Ini adalah hari baik. Ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan Bani Israaiil dari musuh mereka, lalu Muusaa pun berpuasa pada hari itu’. Beliau bersabda : ‘Aku lebih berhak terhadap Muusaa daripada kalian’. Maka beliau pun berpuasa dan memerintahkan (orang-orang) untuk berpuasa” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2004 dan Muslim no. 1130].
Catatan Sisipan :
1.    Maksud perkataan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau lebih berhak terhadap Muusaa ‘alaihis-salaam daripada Yahudi, karena orang-orang mukmin lebih berhak kepada nabi-nabi mereka dibandingkan orang-orang kafir sebagaimana firman Allah ta’ala :
مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلا نَصْرَانِيًّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ * إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ
“Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman” [QS. Aali ‘Imraan : 67-68].
Al-‘Adhiim Abadiy rahimahullah berkata saat mengomentari sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘kami lebih berhak terhadap Muusaa’ :
أَيْ نَحْنُ أَثْبَت وَأَقْرَب لِمُتَابَعَةِ مُوسَى صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْكُمْ ، فَإِنَّا مُوَافِقُونَ لَهُ فِي أُصُول الدِّين وَمُصَدِّقُونَ لِكِتَابِهِ وَأَنْتُمْ مُخَالِفُونَ لَهُمَا فِي التَّغْيِير وَالتَّحْرِيف
“Yaitu kami lebih menetapi dan lebih dekat dalam mengikuti Muusaa ‘alaihis-salaam daripada kalian. Karena kami mencocokinya dalam pokok agama dan membenarkan kitabnya, sedangkan kalian menyelisihi keduanya dengan melakukan perubahan dan penyimpangan” [‘Aunul-Ma’buud, 7/109].
2.    Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’ tidaklah (semata-mata) membeo orang-orang Yahudi. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah berpuasa ‘Aasyuuraa’ semenjak berada di Makkah (sebagaimana hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa di atas), dan kemudian ketika datang ke Madinah, beliau mendapati pula orang-orang Yahudi berpuasa di hari itu.
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
أنه صلى الله عليه وسلم كان يصومه كما تصومه قريش في مكة ثم قدم المدينة فوجد اليهود يصومونه فصامه أيضاً بوحي أو تواتر أو اجتهاد لا بمجرد أخبار آحادهم والله أعلم
“Bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’ sebagaimana orang-orang Quraisy berpuasa padanya di Makkah. Kemudian beliau tiba di Madinah dan mendapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari itu; maka beliau pun melakukannya dengan dasar wahyu atau berita mutawatir atau ijtihad. Bukan semata-mata berdasarkan khabar dari salah seorang di antara mereka. Wallaahu a’lam” [Syarh Shahih Muslim, 4/119].
Juga, puasa ‘Aasyuuraa’ merupakan bagian dari syari’at umat sebelum kita (Islam). Ketika syari’at telah menetapkannya dan mengakuinya, maka jadilah ia bagian dari syari’at kita. Pengakuan dan penetapan itu ada melalui firman Allah ta’ala ataupun lisan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan tidaklah beliau berkata-kata dalam haditsnya kecuali merupakan perkataan yang berasal dari petunjuk Allah ta’ala. Allah berfirman :
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى * إِنْ هُوَ إِلا وَحْيٌ يُوحَى
“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” [QS. An-najm : 3-4].
Hal ini seperti kiblat, dimana dulu kiblat kaum muslimin dengan Yahudi sama (menghadap Baitul-Maqdis). Allah ta’ala berfirman :
سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا
“Orang-orang yang kurang akalnya di antara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul-Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?" [QS. Al-Baqarah : 142].
Allah ta’ala menetapkannya dan kemudian menghapusnya dengan menggantinya ke arah Masjidil-Haram.
Juga seperti syari’at khitan dan yang semisalnya yang telah dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Arab Jahiliyyah.
Waliyyullah Ad-Dahlawiy rahimahullah berkata :
سر مشرعية صيام عاشوراء : أنه وقت نصر الله - تعالى - فيه موسى - عليه السلام - على فرعون وقومه. فشكر موسى بصوم ذلك اليوم، وصار سنة بين أهل الكتاب والعرب، وأقره رسول الله صلى الله عليه وسلم.
“Rahasia/hikmah disyari’atkannya puasa ‘Aasyuuraa’ : Bahwasannya ia (hari ‘Aasyuuraa’) adalah waktu dimana Allah ta’ala memberikan pertolongan kepada Muusaa dan kaumnya dari (kejaran) Fir’aun. Lalu Muusaa bersyukur dengan melakukan puasa pada hari tersebut. Jadilah ia sunnah di kalangan Ahlul-Kitaab dan masyarakat ‘Arab. Dan kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menetapkannya (menjadi bagian syari’at kaum muslimin)” [Hujjatullaahil-Baalighah, 2/532].
3.    Waktu awal hijrah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah ke Madinah pada bulan Rabi’ul-Awwal. Adapun peristiwa beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa ‘Aasyuuraa’ adalah pada tahun kedua hijriyyah (di bulan Muharram). Keterangan ini didapatkan dari perintah beliau kepada para shahabat untuk berpuasa sebagaimana dalam hadits ‘Aaisyah adalah setelah melihat orang-orang Yahudi berpuasa sebagaimana dalam hadits Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum.
عن أبي موسى رضي الله عنه قال : كان يوم عاشوراء تعده اليهود عيدا، قال النبي صلى الله عليه وسلم: (فصوموه أنتم).
Dari Abu Muusaa radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Orang-orang Yahudi menjadikan hari ‘Aasyuuraa sebagai hari raya. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maka berpuasalah kalian (pada hari ‘Aasyuuraa’)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2005 dan Muslim no. 1131].
عن حميد بن عبد الرحمن : أنه سمع معاوية بن أبي سفيان رضي الله عنهما يوم عاشوراء عام الحج، على المنبر يقول: يا أهل المدينة، أين علماؤكم، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: (هذا يوم عاشوراء، ولم يكتب عليكم صيامه، وأنا صائم، فمن شاء فليصم ومن شاء فليفطر).
Dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan : Bahwasannya ia mendengar Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu ‘anhumaa pada hari ‘Aasyuuraa’ ketika tahun penyelenggaraan haji di atas mimbar, ia berkata : “Wahai penduduk Madinah, dimanakah ulama kalian ? Aku telah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Ini adalah hari ‘Aasyuuraa’ dan Allah tidak mewajibkan atas kalian puasa padanya. Namun aku berpuasa. Barangsiapa yang ingin berpuasa, hendaklah ia berpuasa. Dan barangsiapa yang ingin berbuka, maka ia boleh berbuka” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2003 dan Muslim no. 1129].
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضله على غيره إلا هذا اليوم، يوم عاشوراء، وهذا الشهر، يعني شهر رمضان.
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Aku tidak pernah melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sengaja berpuasa yang beliau melebihkan/mengistimewakan dibandingkan hari-hari yang lain dari hari ini, yaitu hari ‘Aasyuuraa’. Dan juga (puasa) di bulan ini, yaitu bulan Muharram” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2006 dan Muslim no. 1132].
عن الربيع بنت معوذ قالت : أرسل النبي صلى الله عليه وسلم غداة عاشوراء إلى قرى الأنصار: (من أصبح مفطرا فليتم بقية يومه، ومن أصبح صائما فليصم). قالت: فكنا نصومه بعد، ونصوم صبياننا، ونجعل لهم اللعبة من العهن، فإذا بكى أحدهم على الطعام أعطيناه ذاك حتى يكون عند الإفطار.
Dari Ar-Rubayyi’ binti Mu’awwidz, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang di waktu siang ke kampung Anshaar dengan mengatakan : ‘Barangsiapa di waktu pagi dalam keadaan berbuka, hendaklah ia menyempurnakan (dengan berpuasa) di sisa harinya. Dan barangsiapa di waktu pagi hari dalam keadaan berpuasa, hendaklah ia meneruskan puasanya”. Ia (Ar-Rubayyi’) melanjutkan : “Sehingga sejak hari itu kami berpuasa pada hari tersebut dan memerintahkan anak-anak kami untuk berpuasa pula. Untuk itu kami membuatkan mainan (anak-anak) yang terbuat dari wol. Jika salah satu di antara anak-anak kecil tersebut menangis karena ingin makan, kami berikan kepada dia mainan tersebut hingga datangnya waktu berbuka” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1960 dan Muslim no. 1136].
عن سلمة بن الأكوع رضي الله عنه قال : أمر النبي صلى الله عليه وسلم رجلا من أسلم: (أن أذن في الناس: أن من كان أكل فليصم بقية يومه، ومن لم يكن أكل فليصم، فإن اليوم يوم عاشوراء).
Dari Salamah bin Al-Akwa’ radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan seorang laki-laki dari suku Aslam agar menyerukan kepada manusia bahwa siapa saja yang telah makan, hendaklah ia berpuasa di sisa harinya, dan barangsiapa yang belum makan, hendaklah ia berpuasa, karena hari itu adalah hari ‘Aasyuuraa’” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2007 dan Muslim no. 1136].
عن أبي قتادة :  عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "ثلاث من كل شهر. ورمضان إلى رمضان. فهذا صيام الدهر كله. صيام يوم عرفة، أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله. والسنة التي بعده. وصيام يوم عاشوراء، أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله".
Dari Abu Qataadah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “(Puasa) tiga hari dalam setiap bulan, Ramadlaan hingga Ramadlaan berikutnya, maka ini adalah puasa satu tahun penuh. Puasa ‘Arafah, aku berharap kepada Allah agar puasa itu dapat menghapus (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa ‘Aasyuuraa’, aku berharap kepada Allah agar puasa itu dapat menghapus dosa setahun yang lalu’ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1162].
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنه ؛ أن أهل الجاهلية كانوا يصومون يوم عاشوراء. وأن رسول الله صلى الله عليه وسلم صامه، والمسلمون. قبل أن يفترض رمضان, فلما افترض رمضان، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
"إن عاشوراء يوم من أيام الله. فمن شاء صامه ومن شاء تركه".
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa : Bahwasannya orang-orang Jahiliyyah mereka berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Dan bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam beserta kaum muslimin lainnya juga berpuasa pada hari itu sebelum diwajibkannya puasa Ramadlaan. Maka, ketika telah diwajibkan puasa Ramadlaan, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya ‘Aasyuuraa’ itu adalah satu hari di antara hari-hari Allah. Barangsiapa yang ingin berpuasa, ia boleh berpuasa; dan barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, ia boleh tidak berpuasa” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1892 dan Muslim no. 1126].
عن جابر بن سمرة رضي الله عنه. قال :  كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأمرنا بصيام يوم عاشوراء. ويحثنا عليه. ويتعاهدنا عنده. فلما فرض رمضان، لم يأمرنا، ولم ينهنا، ولم يتعاهدنا عنده.
Dari Jaabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Dulu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Beliau sangat menganjurkan kami untuk melakukannya, dan memperhatikan kami di sisi beliau. Ketika diwajibkan puasa Ramadlaan, maka beliau tidak lagi memerintahkan namun tidak pula melarangnya. Beliau tidak lagi memperhatikan kami di sisi beliau (apakah kami melakukan puasa ataukah tidak)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1128].
عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : صام النبي صلى الله عليه وسلم عاشوراء وأمر بصيامه، فلما فرض رمضان ترك. وكان عبد الله لا يصومه إلا أن يوافق صومه.
Dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ‘Asyuuraa dan memerintahkan untuk berpuasa pada hari tersebut. Ketika puasa Ramadlan diwajibkan, beliau meninggalkannya”. (Perawi berkata) : “‘Abdullah tidak berpuasa kecuali bertepatan dengan hari dimana ia biasa berpuasa”[3] [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1892].
عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما يقول : حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر بصيامه، قالوا: يا رسول الله ! إنه يوم تعظمه اليهود والنصارى. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "فإذا كان العام المقبل إن شاء الله، صمنا اليوم التاسع. قال: فلم يأت العام المقبل، حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Dari ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Sewaktu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa hari ‘Aasyuuraa dan memerintahkan berpuasa di hari itu, mereka (para shahabat) berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ia adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nashaara”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Seandainya tiba tahun depan insya Allah, kita akan berpuasa juga di hari kesembilan”. Ibnu ‘Abbaas berkata : “Akan tetapi, tahun depan itu tidaklah tiba hingga Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam wafat”.
Dalam riwayat lain beliau bersabda :
لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع
“Seandainya aku masih hidup sampai tahun depan, sungguh aku akan berpuasa (juga) di hari kesembilan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1134].
عَنِ الْأَسْوَدِ، قَالَ: " مَا رَأَيْتُ أَحَدًا آمَرَ بِصَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ مِنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، وَأَبِي مُوسَى"
Dari Al-Aswad, ia berkata : “Aku tidak melihat seorang pun yang begitu menganjurkan berpuasa hari ‘Aasyuuraa’ daripada ‘Aliy bin Abi Thaalib dan Abu Muusaa” [Diriwayatkan oleh Ibnu Ja’d no. 2618, Ibnu Abi Syaibah 4/56, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/286 dan dalam Syu’abul-Iimaan no. 3784, Ath-Thayaalisiy 2/537 no. 1308, Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Atsar no. 654-655, dan Ibnu Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no. 3862 & 3872,– dishahihkan oleh Ibnu Hajar dalam Mathaalibul-‘’Aliyyah 3/413].
عن علقمة. قال: دخل الأشعث بن قيس على ابن مسعود. وهو يأكل، يوم عاشوراء. فقال: يا أبا عبدالرحمن ! إن اليوم يوم عاشوراء. فقال: قد كان يصام قبل أن ينزل رمضان. فلما نزل رمضان، ترك. فإن كنت مفطرا فاطعم.
Dari ‘Alqamah, ia berkata : Asy’ats bin Qais masuk menemui Ibnu Mas’uud yang sedang makan di hari ‘Aasyuuraa’. Ia (Asy’ats) berkata : “Wahai Abu ‘Abdirrahmaan, sesungguhnya hari ini adalah hari ‘Aasyuuraa’”. Ibnu Mas’uud berkata : “Dulu sebelum diturunkannya kewajiban puasa Ramadlaan, beliau memang berpuasa di hari itu. Namun ketika telah turun kewajiban puasa Ramadlaan, maka puasa ‘Aasyuuraa pun ditinggalkan. Jika engkau tidak berpuasa, maka makanlah” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5403 dan Muslim no. 1127].
عن محمد بن صيفي قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء أمنكم أحد أكل اليوم فقالوا منا من صام ومنا من لم يصم قال فأتموا بقية يومكم وابعثوا إلى أهل العروض فليتموا بقية يومهم.
Dari Muhammad bin Shaifiy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada hari ‘Aasyuuraa’ : “Apakah ada salah seorang di antara kalian yang telah makan hari ini ?”. Mereka (para shahabat) berkata : “Di antara kami ada yang berpuasa dan ada pula yang tidak berpuasa”. Beliau bersabda : “Maka, sempurnakanlah sisa hari kalian (dengan berpuasa), dan kirimkanlah utusan ke penduduk Madinah dan sekitarnya agar mereka menyempurnakan sisa hari mereka (dengan berpuasa)” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 2320, Ibnu Maajah no. 1735, Ibnu Abi Syaibah 3/54-55, Ahmad 4/388, Ibnu Khuzaimah no. 2091, Ibnu Hibbaan no. 3617, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 25/403-404. Al-Bushairiy dalam Mishbaahuz-Zujaajah 2/239 : “Sanadnya shahih”].
عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: أَمَرَنَا النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم : " أَنْ نَصُومَ عَاشُورَاءَ قَبْلَ أَنْ يَنْزِلَ صِيَامُ رَمَضَانَ، فَلَمَّا نَزَلَ رَمَضَانَ، لَمْ يَأْمُرْنَا، وَلَمْ يَنْهَنَا، وَنَحْنُ نَفْعَلُهُ "
Dari Qais bin Sa’d, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk berpuasa ‘Aasyuuraa’ sebelum diturunkannya kewajiban puasa Ramadlaan. Ketika telah diturunkan kewajiban puasa Ramadlaan, beliau tidak memerintahkan kami, juga tidak melarang kami, namun kami tetap mengerjakannya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 3/421-422, Ibnu Abi Syaibah 3/56-57, An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa no. 2854, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/74-75; sanadnya shahih].
Tingkatan dalam Puasa ‘Aasyuuraa’
Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata :
فمراتب صومه ثلاث :
- أكملها : أن يصام قبله يوم، وبعده يوم.
- ويلي ذلك : أن يصام التاسع والعاشر - وعليه أكثر الأحاديث - .
- ويلي ذلك : إفراد العاشر - وحده - بالصوم
“Adapun tingkatan puasa hari ‘Aasyuuraa’ ada tiga : Yang paling sempurna adalah puasa sehari sebelumnya (tanggal sembilan) dan sehari setelahnya (tanggal sebelas). Kemudian tingkatan setelahnya, puasa hari kesembilan dan kesepuluh. Inilah yang terdapat dalam banyak hadits. Kemudiantingkatan setelahnya, hanya berpuasa di hari kesepuluh saja”.
Kemudian beliau berkata :
وأما إفراد التاسع : فمن نقص فهم الاثار، وعدم تتبع ألفاظها، وطرقها ! وهو بعيد من اللغة والشرع
“Adapun hanya berpuasa di hari kesembilan, maka itu (kekekeliruan) yang berasal dari kurangnya pemahaman terhadap atsar serta ketiadaan penelitian atas lafadh-lafadhnya dan jalan-jalannya. Pemahaman itu jauh dari bahasa maupun syari’at” [Zaadul-Ma’aad, 2/76].
Hal yang semisal dikatakan juga oleh Ibnu Hajar dalam Al-Fath (4/346).
Catatan :
1.      Perkataan beliau bahwa tingkatan pertama yang paling sempurna adalah puasa pada hari kesembilan, kesepuluh, dan kesebelas didasarkan pada hadits :
"صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ، صُومُوا قَبْلَهُ يَوْمًا، وَبَعْدَهُ يَوْمًا، وَخَالِفُوا يَهُودَ "
“Berpuasalah kalian di hari ‘Aasyuuraa’. Berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari setelahnya. Selisihilah orang-orang Yahudi”.
Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Humaidiy no. 491, Ahmad 1/241, Ibnu Khuzaimah no. 2095, Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 651, Al-Bazzaar dalam Al-Bahruz-Zakhaar no. 5238 dan dalam Kasyful-Astaar no. 1049, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/287 dan dalam Syu’abul-Iimaan no. 3789-3790, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid no. 94, dan Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 3/553-554; semua dari jalan Ibnu Abi Lailaa, dari Daawud bin ‘Aliy, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbaas, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Sanad riwayat ini lemah dengan kelemahan Ibnu Abi Lailaa dan Daawud bin ‘Aliy.
Namun ada atsar mauquf dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya ia berpuasa tanggal 9, 10, dan 11 Muharram; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabariy :
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ. وَحَدَّثَنَا ابْنُ وَكِيعٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: " أَنَّهُ كَانَ يَصُومُ قَبْلَهُ يَوْمًا وَبَعْدَهُ يَوْمًا "
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib : Telah menceritakan kepada kami Wakii’. Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Wakii’ : Telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa’, dari Ibnu ‘Abbaas : Bahwasannya ia berpuasa sehari sebelumnya dan sehari setelahnya” [Tahdziibul-Aatsaar no. 659; sanadnya shahih].
2.      Ibnu Qudaamah menukil perkataan Al-Imaam Ahmad bin Hanbal rahimahumallah :
فإن اشتبه عليه أول الشهر : صام ثلاثة أيام، وإنما يفعل ذلك ليتقن صوم التاسع والعاشر
“Apabila ada keraguan padanya tentang awal bulan, maka ia berpuasa tiga hari (tanggal sembilan, sepuluh, dan sebelas). Hal itu hanyalah dilakukan dalam rangka kehati-hatian agar tidak terluput puasa hari kesembilan dan kesepuluh” [Al-Mughniy, 3/174].
Namun alasan tersebut kuranglah berterima, karena kekhawatiran Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam terluput puasa ‘Aasyuuraa’ adalah dengan melakukan puasa di hari kesembilan (tidak dengan hari kesebelas). Perhatikan riwayat berikut :
حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَتَّاتُ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَبَّاسِ الْمُؤَدِّبُ، قَالا: ثنا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، ثنا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: " إِنْ عِشْتُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ إِلَى قَابِلٍ صُمْتُ التَّاسِعَ مَخَافَةَ أَنْ يَفُوتَنِي يَوْمُ عَاشُورَاءَ "
Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Ja’far Al-Qattaat dan Muhammad bin Al-‘Abbaas Al-Muaddib, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Di’b, dari Al-Qaasim bin ‘Abbaas, dari ‘Abdullah bin ‘Umair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Seandainya aku masih hidup – insya Allah – hingga tahun depan, aku akan berpuasa di hari kesembilan, karena khawatir aku terluput hari ‘Aasyuuraa’” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 10/330-331 no. 10817; shahih].

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAKAI CELAK SAAT PUASA

KESIMPULAN TEAM DHF HUKUM MEMAKAI CELAK MATA SAAT BERPUASA ----------------------------- 📝 PERTANYAAN: assalamu'alaikum Bagaimana ...